Intip Nutrisi Kentang Merah, Umbi Kaya Manfaat

Titipku – Kentang tergolong dalam jenis umbi-umbian yang kaya akan kandungan karbohidratnya. Biasanya kita sering mendapati kentang kuning saja di pasaran. Namun, jangan salah. Ternyata kentang mempunyai banyak varian, loh. Setidaknya ada 5 jenis kentang yang perlu kamu ketahui. Diantaranya adalah kentang putih yang cukup hambar dan mudah hancur bila dimasak terlalu lama, kentang kuning dengan tekstur padat yang biasa kita temui di pasar, kentang merah dengan kulit merah cukup sulit ditemui namun punya manfaat yang ampuh lawan penyakit, kentang hijau yang biasa digunakan untuk campuran masakan, dan kentang hitam yang dikonsumsi bersamaan dengan sayuran maupun salad.

Kandungan Kentang

Masing-masing jenis kentang memiliki kandungan yang berbeda-beda. Salah satunya kentang merah. Kentang ini dikenal dengan manfaatnya yang bagus untuk kesehatan. Selain dapat membuat perut kenyang, kentang merah mengandung Thiamin, Vitamin B6, Vitamin C, dan Kalium. Sehingga tak heran jika mengonsumsi kentang merah kesehatan otak dan sistem syaraf dapat terjaga. Terlebih bagi kamu yang mempunyai masalah pada gigi atau gusi. Si Merah ini dapat membantu menjaga kesehatan gigi, gusi, dan juga kulit. 

Baca juga: Resep Sambal Goreng Ati Kentang dan Buncis

Manfaat Kentang

Kentang merah juga berperan penting dalam menjaga cairan dalam tubuh dan dapat menjaga tekanan darah agar berada dalam taraf normal. Ini karena kandungan Kalium yang terdapat pada kentang merah. 

Selain dagingnya, kentang merah juga dapat kamu manfaatkan kulitnya, loh. Karena kulit dari kentang ini sendiri mengandung antioksidan lebih tinggi daripada kentang putih. Hal ini disebabkan karena warna kulit kentang mengandung senyawa anthocyanin yakni senyawa antioksidan yang berfungsi untuk menangkal radikal bebas.

Baca juga: Perbandingan Kentang dan Nasi, Mana yang Lebih Sehat?

Cara mengolahnya cukup mudah. Namun, tentu berbeda dengan kentang kuning yang biasanya kita konsumsi. Kentang kuning bisa saja kita konsumsi dengan dikukus, digoreng atau semacamnya, tapi kentang merah cukup dipanggang dan dikukus. Terlepas dari itu, tentang memiliki tekstur yang mudah hancur sehingga tidak perlu lama-lama dalam memasaknya. Selain dapat mengurangi nutrisi yang terkandung dalam kentang juga dapat membuat kentang hancur.

#dirumahaja

Jika kamu ingin mengonsumsi kentang, kamu bisa juga membeli kentang-kentang yang biasa dijual di pasar-pasar melalui aplikasi Titipku. Di masa pandemi ini, kamu tidak perlu repot-repot ke pasar untuk membeli kentang atau bahan pokok lainnya. Cukup dengan smartphone ditanganmu, kamu dapat memenuhi kebutuhan sembako di rumah. Caranya buka Aplikasi Titipku dan lakukan belanja online disana.

Cek dulu beberapa pedagang yang menjual kentang dibawah ini

  1. Lapak Bu Temu https://titipku.page.link/kQ5F
  2. TOKO SAYURAN MEOS KEOS https://titipku.page.link/dg3u
  3. Kios Ipul Bumbu https://titipku.page.link/P6K7
  4. Aneka Produk Pasar Beringharjo https://titipku.page.link/f1tV

Selain mudah, belanja lewat Aplikasi Titipku juga efisien dan tersedia banyak pilihan barang untuk kamu beli. 

 

Tinggalkan Balasan