Jadi Ini Asal Usul Es Pisang Ijo

es pisang ijo jogja yang enak, es pisang ijo kotabaru jogja, es pisang ijo ababil jogja, es pisang ijo daerah jogja, harga es pisang ijo jogja, resep es pisang ijo jogja, es pisang ijo terenak di jogja, es pisang ijo mandala krida jogja, es pisang ijo di jogja, es pisang ijo di yogyakarta,

Titipku – Nama pisang ijo bagi kamu food lovers aka penggemar kulineran pasti sudah tidak asing lagi. Ada banyak es pisang ijo yang dapat kamu temukan di seluruh kota di Indonesia. Es pisang ijo yang diketahui berasal dari Makassar, Sulawesi Selatan ini ternyata punya asal usulnya lho. Apa sih asal usul es pisang ijo? Cekidot.

Sebelum lebih jauh, kenalan lagi deh. Es pisang ijo terbuat dari pisang kukus yang dibalut kulit dadar berwarna hijau. Kemudian disajikan dengan kuah kental dari olahan santan. Nah sebagai pelengkapnya topping akan dituangkan sirup berwarna untuk menambah cita rasa dan bikin mata melek!

es pisang ijo jogja yang enak, es pisang ijo kotabaru jogja, es pisang ijo ababil jogja, es pisang ijo daerah jogja, harga es pisang ijo jogja, resep es pisang ijo jogja, es pisang ijo terenak di jogja, es pisang ijo mandala krida jogja, es pisang ijo di jogja, es pisang ijo di yogyakarta,
Es Pisang Ijo Pak Ichwanudin

ASAL USUL ES PISANG IJO

Es pisang ijo yang menarik banget apalagi paling diburu saat bulan puasa ini ternyata berawal dari sebuah cerita rakyat yang melegenda.

Alkisah, di Pulau Sulawesi ada seorang raja yang dikenal karena kejam dan tanpa belas kasih. Karenanya tidak ada satupun warga yang berani melawan perintah.

Pada suatu hari, salah satu juru masak kerjaan bernama Ijo, melakukan sebuah kesalahan fatal. Makanannya ternyata tidak dapat diterima lidah sang raja.

Hingga kemudian sang raja naik pitam dan mengancam menghukum mati juru masak tersebut di depan rakyat. Tak kehabisan akal, juru masak itu segera mengajukan sebuah penawaran menarik kepada sang raja.

Mengetahui sang raja sangat menyukai pisang, maka Ijo pun menawarkan untuk membuat sebuah resep olahan pisang terlezat kepadanya. Tawaran diterima. Ijo kemudian membuat kudapan pisang dengan balutan tepung berwarna hijau disajikan bersama kuah fla yang kental dan gurih.

Tak disangka, sang raja sangat menyukai olahan pisang ijo tersebut. Ijo pun selamat dari hukumannya. Sebagai penghormatan, menu tersebut kemudian diberi nama Pisang Ijo oleh sang raja.

Eh tapi namanya cerita rakyat kan ya, belum tentu cerita ini benar adanya. Karena cerita tersebut adalah karangan seorang penulis asal Makassar saja. 😀 Ya, sampai saat ini belum diketahui secara pasti asal usul es pisang ijo yang super lezat itu.

Tapi dari beberapa sumber yang kami kutip dari Okezone, bagi orang Bugis-Makassar, hijau merupakan sebuah lambang keanggunan dan warna sakral. Dari sisi psikologis, warna hijau memberikan rasa nyaman dan damai.

Es pisang ijo juga mempunyai perpaduan warna hijau dan putih yang terlihat sangat menarik. Terlebih, kudapan ini disajikan dengan sirup berwarna merah menggoda. Seperti es pisang ijo Bapak Ichwanudin! 😀

Mau Es Pisang Ijo Juga? Kamu dapat pesan melalui Aplikasi Titipku!

Jelajah UMKM, Download Aplikasi Titipku!! Klik Link Di Bawah Ini

play.google.com/store/apps/details?id=com.titipku.alpha

Penulis: Setya

pembelajar penyuka seni, juga literasi

Tinggalkan Balasan