Jadikan Foto Lebih Berwarna untuk Dekorasi Rumah

Titipku – Foto merupakan salah satu benda yang menyimpan beragam memori indah. Jika sebelumnya album foto sangat diminati orang-orang, kini dokumentasi bergambar tersebut bisa tersimpan dengan rapi secara digital dalam smartphone atau laptop. Meskipun demikian, keberadaan foto cetak juga tetap memberikan kesan tersendiri sehingga masih banyak orang yang gemar mengoleksi foto cetak lalu memajangnya dalam sebuah bingkai. Tidak banyak yang menyadari kalau foto dalam bingkai bisa dibuat semenarik mungkin, lho! Kamu tidak hanya memajang selembar kertas foto dengan pigura, tetapi juga mengkreasikannya dengan latar yang berwarna-warni, bahkan tiga dimensi.

Sumber: Unggahan Instagram @piipuugift

Sisa Kain Warna-Warni sebagai Latar

Cobalah tengok kaos ataupun kain lama yang sudah tidak terpakai di rumah. Cuci kain tersebut sampai bersih agar tidak terlihat kumal. Kalau terdapat gambar yang lucu pada kain, gunting dan sisihkan. Kain yang masih utuh bisa disesuaikan ukurannya dengan pigura yang kamu pakai untuk memajang foto.

Tempelkan kain tersebut pada kertas karton yang biasanya terdapat pada sisi belakang pigura kemudian tempelkan foto di atasnya. Tidak perlu terlalu kaku. Sesuaikan guntingan foto hanya pada wajah atau badan, lalu tempelkan di atas kain tadi. Kamu bisa menambahkan gambar atau emblem sebagai pemanis sebelum kemudian ditutup dengan kaca pigura.

Pop Up 3 Dimensi

Maksimalkan terus kreasimu dengan membuat fotomu bergaya pop up tiga dimensi. Kamu bisa melihat macam-macam contoh foto pop up di beberapa situs internet sebagai inspirasi. Selebihnya, kamu hanya perlu memanfaatkan kertas berwarna, tabloid, dan kain bekas yang sudah dibersihkan sebagai medianya.

Sumber: Unggahan Instagram @piipuugift

Cara paling mudah membuat foto pop up adalah dengan mencetaknya beberapa kali dan memisahkan beberapa bagian pada foto, misal gambar diri, awan, pohon, bunga, atau binatang. Tempelkan bagian-bagian foto tersebut dengan ketinggian yang berbeda, bisa dengan menumpuknya atau menambahkan alas pada bagian belakang foto tersebut. Sebagai sentuhan akhir, pilihlah pigura khusus untuk foto pop up yang memiliki ruang agar kreasi tiga dimensimu dapat termuat rapi dan tidak menyentuh kaca pigura.

Seru, bukan? Yang diperlukan dalam proses ini adalah berani berkreasi dan bermain warna. Jangan takut tabrak warna karena justru akan membuat tampilan foto menjadi semakin menarik. Sebagai tambahan tips, kamu bisa memajang foto kreasimu tersebut di tembok yang polos. Hal ini menghindari kesan “terlalu ramai” jika memajangnya bersamaan dengan foto-foto atau pajangan dinding lain. 

#dirumahaja

Kalau kamu memerlukan bingkai foto untuk memajang hasil kreasimu tadi, tenang saja, kamu bisa mendapatkannya langsung #DariRumah melalui aplikasi Titipku. Di Titipku, ada banyak pegiat UMKM dengan berbagai jenis usaha, mulai dari makanan, sembako, sampai kerajinan. Kamu hanya perlu mengakses aplikasi ini dari smartphone dan melakukan pemesanan secara daring. Yuk, ikut memajukan UMKM Indonesia dengan berbelanja di Titipku!

 

Tinggalkan Balasan