Jamu Empon-Empon, Minuman Rempah Kaya Manfaat

manfaat jamu empon empon, kegunaan jamu empon empon, jamu empon empon, jamu empon empon itu apa, apa itu jamu empon empon, cara bikin jamu empon empon,

Titipku – Sejak virus corona ditetapkan sebagai pandemik oleh WHO, berbagai cara dilakukan oleh masyarakat agar tetap menjaga tubuh tetap fit dan tidak mudah terserang penyakit. Salah satu berita yang hangat dibicarakan selama dua bulan terakhir ini adalah khasiat jamu empon-empon.  Dilansir dari laman travel.kompas.com, Prof. Dr. Ir. Murdijati Gardjito, Guru Besar Ilmu dan Teknologi Pangan Universitas Gadjah Mada menyatakan bahwa jamu empon-empon merupakan istilah yang digunakan untuk menamai bagian akar tanaman yang kaya kandungan senyawanya. Tanaman yang termasuk ke dalam empon-empon antara lain jahe, temulawak, kunyit, kencur,sunti, dan temu putih. 

manfaat jamu empon empon, kegunaan jamu empon empon, jamu empon empon, jamu empon empon itu apa, apa itu jamu empon empon, cara bikin jamu empon empon,
Instagram via jennyjello.id

Menurut Bu Mur, sapaan akrab Murdjiati Gardjito, empon-empon sudah digambarkan sejak dahulu kala sebagai bahan baku pembuatan jamu. Adapun proses pembuatan jamu dan penggunaannya sudah ada di Indonesia sejak masa Hindu-Buddha. Hal ini dapat diketahui dari relief pada Candi Borobudur yang menggambarkan seseorang yang sedang membuat jamu kemudian diberikan pada orang sakit. Relief selanjutnya memvisualisasikan perayaan atas kesembuhan orang sakit tersebut, sehingga tidak heran jika hingga kini jamu merupakan hal yang sangat familiar bagi masyarakat Indonesia.

Khasiat Empon-Empon

Banyak sumber yang menyatakan bahwa jamu empon-empon mengandung segudang khasiat yang berguna bagi daya tahan tubuh. Dalam laman tirto.id, dijelaskan bahwa zat adaptogen dan antimikroba yang terdapat dalam jamu empon-empon berfungsi menghambat pertumbuhan bakteri dan virus dalam tubuh. Selain itu, terdapat kandungan anti inflamasi juga yang dapat mengurangi rasa nyeri pada radang atau bengkak. Lebih lanjut, kandungan kurkumin dalam kunyit berfungsi meningkatkan daya tahan tubuh. Selain menghangatkan tubuh, jahe dan kurkuma membantu membentuk antibodi yang membuat tubuh tidak mudah terserang penyakit. 

Manfaat empon-empon semakin meluas seiring dengan kemajuan teknologi. Empon-empon tidak lagi hanya dijadikan sebagai bahan baku obat-obatan dan jamu, tetapi juga berfungsi sebagai bumbu masakan, bahan baku kecantikan (tubuh dan wajah), bahan pewarna, dan bahan baku minyak atsiri. Banyak salon kecantikan yang menggunakan empon-empon untuk dijadikan sebagai lulur badan dan masker wajah karena khasiatnya yang mampu menjaga kesehatan kulit.

Cara Membuat

Para pedagang di pasar biasanya menjual jamu empon-empon dalam satu kemasan khusus sehingga memudahkan para pembeli tanpa harus membeli bahan-bahan jamu satu per satu. Satu kemasan jamu empon-empon cukup untuk dibuat 3—4 porsi. Jika semua bahan sudah siap, yang perlu dilakukan cukup menumbuk semua bahan tersebut jadi satu hingga halus. Jika sudah halus, gunakan saringan untuk mendapatkan sari airnya. Setelah itu, seduhlah dengan air panas. Bisa juga menambahkan gula batu atau gula jawa sesuai selera. Minumlah jamu empon-empon selagi hangat.

Dalam secangkir jamu empon-empon terkandung bermacam khasiat yang sangat baik untuk meningkatkan kesehatan tubuh. Empon-empon yang kini mulai dicari banyak orang karena merebaknya virus corona membuat harganya kian melonjak naik. Namun, tak perlu kuatir kehabisan jamu empon-empon karena aplikasi Titipku hadir sebagai aplikasi belanja daring yang dapat dinikmati dari rumah. Masyarakat bisa dengan mudah mendapatkan jamu empon-empon dengan memesannya langsung melalui lapak pembeli yang terdaftar dalam Titipku. Dengan berbelanja di Titipku, kita juga ikut mensejahterakan para pegiat UMKM. Yuk, ajak sanak saudara ikut belanja di Titipku juga! 

Penulis: Setya

pembelajar penyuka seni, juga literasi

Tinggalkan Balasan