Jangan Minum Jus Seledri Berlebihan! Ini Bahayanya

Titipku.com – Bagi sebagian orang, jus seledri memang masih terdengar cukup asing. Seledri sendiri lebih sering dijadikan sebagai bahan pelengkap masakan dibanding sebagai bahan membuat jus. Tak heran, nama seledri tak sepopuler seperti jus sayuran lainnya. 

Jangan salah! Ada banyak manfaat jus seledri yang tak kalah baiknya bagi kesehatan. Bahkan, kandungan vitamin A yang dimilikinya terbilang tinggi. Jus ini dapat menurunkan tekanan darah, mencegah penyakit kronik dan peradangan, serta menjaga cairan tubuh. Namun, meskipun jus ini membantu tubuh tetap terhidrasi, jus ini sebaiknya tidak dikonsumsi berlebihan. Sebab ada risiko kesehatan yang mungkin timbul.

 

Efek Samping Jus Seledri

Rachele Pojednic, profesor nutrisi dari Simmons College, mengakui bahwa seledri mendukung kesehatan. Namun, mengonsumsi jus daun seledri dalam jumlah yang banyak dapat menimbulkan efek samping dengan meningkatkan reaksi kimia di dalam tubuh.

Baca Juga: Manfaat Daun Seledri Tak Hanya Sebagai Penyedap Masakan

Melansir laman Eating Well, Rachele mengatakan bahwa seledri sendiri memiliki zat kimia seperti furanocoumarin dan psoralens. Keduanya bersifat fototoksik jika masuk ke dalam tubuh. Fototoksik sendiri merupakan reaksi negatif pada kulit akibat paparan kimia dalam tubuh.

Dalam beberapa kasus, furanocoumarin dapat menyebabkan kulit melepuh dan hiperpigmentasi. Sementara itu, psoralen merupakan senyawa kimia yang membuat kulit jadi lebih sensitif. Saat kulit mengalami kontak langsung dengan sinar ultraviolet, dapat meningkatkan risiko dermatitis, kerusakan kulit akibat sinar matahari, dan penuaan dini.

Selain masalah kulit, Rachele menambahkan, efek samping minum jus seledri secara berlebihan dapat membahayakan kesehatan liver, serta mempengaruhi metabolisme tubuh. 

Tak hanya itu, seledri mengandung 30 mg sodium dalam setiap 40 gram. Saat mengonsumsinya, kamu perlu memperhatikan takaran yang tepat. Sebab jus seledri bisa menimbulkan efek samping yang terkait dengan konsumsi tinggi sodium, seperti kenaikan tekanan darah dan kelebihan cairan tubuh.

Minum Jus Selderi secara Aman

Porsi yang tepat dalam mengonsumsi jus seledri tentu mendatangkan kebaikan untuk kesehatan tubuh. Healthline merekomendasikan konsumsi harian yang disarankan adalah sebanyak 473 ml. Porsi ini tidak akan berdampak negatif pada tubuh.

Kemudian, ada baiknya untuk tetap mengonsumsi sayur segar sembari mengonsumsi jus seledri. Mengapa? Karena sayur dan buah yang disajikan dalam bentuk jus sudah kehilangan seratnya.

*****

Nah, bagi kamu yang ingin membeli seledri dan sayur lainnya, bisa banget nih belanja pakai Titipku. di Titipku, kamu bisa membeli berbagai macam kebutuhan dengan aman dan mudah. di aplikasi itu, kamu bisa pilih pasar yang menjadi favoritmu untuk berbelanja, kemudian belanja di banyak pedagang di pasar tersebut dan cukup bayar ongkir sekali. Hemat banget kan?

Mau lebih hemat lagi? Kamu bisa pakai promo Diskon 30% (Maksimal diskon Rp50.000). Caranya: masukkan kode promo ASIK30 saat hendak checkout. Sudah ongkirnya murah, dapat diskon lagi. Untung banget belanja pakai Titipku.

Yuk download aplikasi Titipku sekarang!

Tinggalkan Balasan