Jenis Daun Penyedap Rasa Khas Nusantara

Cita rasa masakan Nusantara memang tidak dapat ditandingi. Bagaimana tidak, negara kita kaya akan rempah-rempah dan daun penyedap rasa yang dapat membuat masakan semakin lezat dan nikmat. Sebut saja seperti rendang, gulai, tengkleng, hingga masakan sederhana seperti sup ayam saja terasa sangat gurih berkat rempah-rempah yang dihasilkan oleh negara kita. 

Selain menggunakan rempah-rempah, ternyata masakan Indonesia juga menggunakan daun-daunan sebagai penyedap rasa loh! Mungkin kamu sudah familiar dengan beberapa jenis daun penyedap rasa berikut yang digunakan pada masakan. 

 

Daun Jeruk

Daun ini sih sudah tidak asing lagi di telinga kamu. Sebelum dimasak saja, daun jeruk purut beraroma harum dan segar. Daun ini sering digunakan dalam banyak masakan karena aromanya yang berasal dari minyak atsiri. Masakan yang menggunakan daun jeruk purut biasanya adalah soto ayam, sambel goreng, hingga sambal matah

Namun, penggunaan daun jeruk purut tidak terbatas pada masakan tersebut saja. Kamu sendiri pun bisa bervariasi dengan masakan-masakan lain jika ingin membuat masakan berbau harum dan terasa sedap. 

Daun Kemangi

Meskipun sering dijadikan sebagai lalapan di warung makan penyetan atau restoran Sunda, ternyata daun kemangi juga bisa dijadikan sebagai penyedap masakan lho! Daun ini juga memiliki aroma yang wangi dan segar. Biasanya, daun kemangi ditambahkan ke masakan olahan seafood seperti pepes dan sop ikan.

Daun Pandan

Daun yang berbentuk panjang dan pipih ini, lebih sering digunakan untuk memberikan rasa manis pada masakan. Bubur sumsum dan kolak pasti menggunakan daun pandan agar memberikan rasa yang manis dan bau yang harum. Saat memetik daun pandan, kamu sudah bisa mencium aromanya yang harum lho! Selain itu, nasi liwet juga menggunakan daun pandan saat proses memasaknya agar rasanya lebih sedap. Coba saja nasi liwet di Solo jika ingin membuktikan sendiri. 

Daun Seledri

Nah, untuk daun yang satu ini merupakan ciri khas makanan berkuah. Hampir semua makanan berkuah biasanya menggunakan daun seledri agar rasanya lebih segar dan wangi. Bakso, soto, capcay, bahkan mie rebus pun menggunakan daun seledri sebagai penyedap masakan. Kalau kamu pergi ke pasar dan membeli menu berkuah, sudah hampir dipastikan ada daun seledri di dalamnya. 

Daun Salam

Ke pasar membeli bumbu dapur, di dalamnya pasti terdapat daun salam. Daun salam ini berbeda dari jenis-jenis daun sebelumnya karena dalam keadaan mentah tidak memiliki bau yang khas. Namun, saat ditumis atau ditambahkan ke dalam masakan, rasanya akan menjadi lebih sedap. Kering tempe dan sambal goreng menggunakan daun salam sebagai penyedap rasanya. Coba saja membuat masakan tersebut tanpa menggunakan daun salam, pasti rasanya akan lain. 

 

Nah sekarang sudah tahu kan jenis-jenis daun penyedap rasa dalam masakan. Jika sudah tahu, kamu bisa berbelanja daun-daun bumbu itu lewat Titipku. Selain rempah dan bumbu, di Titipku juga ada berbagai kebutuhan pangan seperti buah dan sayuran segar. Semua produk ini siap diantar ke tempatmu menggunakan kurir Titipku yang bernama Jatiper.

Yuk segera unduh Aplikasi Titipku dan belanja #DariRumah. Ada promo potongan ongkir loh di Bulan Februari 2021 ini!

Tinggalkan Balasan