Kenali Jenis Jenis Pisang yang Ada di Indonesia

pisang, banana, jenis pisang, jenis-jenis pisang, aneka macam pisang, macam pisang, aneka pisang, tipe pisang, beda pisang ambon dengan pisang kepok, beda pisang mas dengan pisang raja

Sebagai negara bercuaca tropis, Indonesia menjadi salah satu wilayah penghasil buah-buahan, termasuk pisang. Banyak sekali jenis-jenis pisang yang bisa ditemui di Indonesia. Selain jenisnya berbeda-beda, cara mengolah atau cara mengonsumsi tiap jenis-jenis pisang ini juga berbeda-beda loh.

Melansir dari Merdeka, setidaknya ada 12 jenis pisang yang bisa ditemui di Indonesia. Apa saja ke-12 jenis itu? Simak informasi berikut ini.

Baca Juga: Mudah Dibuat, Berikut Resep Bolen Pisang Cokelat

 

  1. Pisang Ambon

Siapa tak kenal dengan pisang ambon? Sepertinya jenis pisang ini sangat terkenal dan bisa ditemui di seluruh penjuru Indonesia. Pisang ambon ini juga mudah ditemui di pasar-pasar tradisional maupun supermarket.

Ciri khas pisang ambon adalah kulitnya bertekstur halus dan berwarna kuning atau hijau. Kemudian, daging buahnya putih dengan rasa manis dan tidak berbiji.

Jenis pisang satu ini bisa dimakan secara langsung maupun bisa dijadikan bahan campuran kue seperti kue pisang.

Karena pisang ini mudah ditemui di pasar atau supermarket, berati Moms bisa juga membeli pisang ambon lewat aplikasi Titipku. Titipku adalah aplikasi belanja dari pasar atau supermarket terdekat. Saat ini sudah ada lebih dari 150 pasar dan supermarket tersedia di Titipku, dan tentunya pasar atau supermarket ini menjual pisang ambon.

Soal kualitas jangan khawatir, karena Jatiper Titipku sudah handal dalam memilihkan pisang ambon yang matangnya sempurna dan kondisinya masih segar. Kalau Moms mau belanja jenis-jenis pisang yang lain, juga ada kok di Titipku.

Mau? Cusss download Titipku sekarang di Playstore atau Appstore dan selamat berbelanja pisang ambon dari rumah!

  1. Pisang Kepok

pisang, banana, jenis pisang, jenis-jenis pisang, aneka macam pisang, macam pisang, aneka pisang, tipe pisang, beda pisang ambon dengan pisang kepok, beda pisang mas dengan pisang raja

Selain pisang ambon, ada juga pisang kepok yang terkenal. Tahukah Moms, pisang ini tidak asli dari Indonesia, melainkan berasal dari Filipina.

Pisang kepok kuning dan pisang kepok putih merupakan jenis pisang kepok yang paling banyak dikonsumsi masyarakat Indonesia. Umumnya pisang berwarna kuning memiliki ukuran yang lebih besar ketimbang pisang kepok putih.

Pisang kepok paling nikmat jika diolah terlebih dahulu. Jika ingin simpel, Moms cukup merebusnya menjadi pisang rebus. Jika ingin olahan lain, Moms bisa membuatnya menjadi keripik pisang.

  1. Pisang Seribu

pisang, banana, jenis pisang, jenis-jenis pisang, aneka macam pisang, macam pisang, aneka pisang, tipe pisang, beda pisang ambon dengan pisang kepok, beda pisang mas dengan pisang raja

Nama lengkap dari pisang ini adalah pisang raja seribu. Nah, soal jenis pisang satu ini pasti Moms juga sudah tidak asing lagi. Pisang ini sering disebut pisang seribu karena dalam satu pohon pisang, bisa tumbuh hingga seribu buah pisang.

Pisang ini punya aroma yang harum dan rasa yang legit. Pisang ini memiliki ukuran standar dengan warna kulit hijau saat masih mentah dan berubah menjadi kuning keemasan saat sudah masak.

Pisang raja seribu ini bisa langsung dikonsumsi atau diolah menjadi camilan seperti sale pisang. Camilan satu ini jadi favorit MinTip nih!

Baca Juga: Buah Pisang, Buah Kesukaan Minion yang Penuh Manfaat

  1. Pisang Varigata

Pisang satu ini memiliki bentuk yang unik, pasalnya secara bentuk menyerupai timun. Kulit pisang ini memiliki dua warna yakni hijau dan putih layaknya kulit mentimun.

Pisang varigata cocok dimakan langsung ketika sudah matang. Selain bentuknya yang mirip mentimun, pisang ini juga unik karena kulitnya bisa dimakan tanpa meninggalkan rasa sepat di lidah.

  1. Pisang Mas

pisang, banana, jenis pisang, jenis-jenis pisang, aneka macam pisang, macam pisang, aneka pisang, tipe pisang, beda pisang ambon dengan pisang kepok, beda pisang mas dengan pisang raja

Pisang mas memiliki ukuran yang kecil namun citarasanya sungguh memikat. Pisang mas memiliki rasa yang sangat manis dan tak jarang menjadi favorit banyak keluarga di indonesia. Selain nikmat dikonsumsi langsung, pisang mas juga lezat jika dijadikan campuran kue ataupun dicelupkan ke cokelat cair.

  1. Pisang Genderuwo

Pisang satu ini berasal dari daerah Yogyakarta. Pisang genderuwo cukup langka karena belum dibudidaya secara luas. Pisang ini punya batang berwarna merah gelap dan warna buah yang merah kehitaman. Fisiknya yang seram inilah yang membuat pisang satu ini disebut pisang genderuwo.

Baca Juga: Ternyata Tidak Semua Pisang Bisa Digoreng Lho!

 

  1. Pisang Nangka

Pisang nangka memiliki keunikan di mana kulitnya tetap berwarna hijau saat buah sudah matang. Rasa manis dan aroma wanginya membuat pisang ini jadi favorit banyak orang. Selain rasanya, tekstur dagingnya cukup padat sehingga bisa membuat kenyang. Cara mengolah pisang nangka yang paling sederhana adalah dengan menjadikannya sebagai keripik, gorengan, atau isian kue tradisional.

  1. Pisang Cavendish

Kalau pisang satu ini biasa kita temui di toko buah ataupun supermarket. Pisang cavendish berasal dari Amerika yang juga begitu populer di Indonesia. Dengan ukuran yang cukup besar, pisang satu ini biasa dijadikan menu sarapan para Moms yang sedang berusaha diet.

Pisang cavendish merupakan jenis pisang yang cocok dijadikan minuman seperti smoothie dan jus. Pisang ini sudah manis, jadi tidak perlu menambahkan gula lagi dalam minuman yang dibuat.

  1. Pisang Susu

Pisang susu memiliki bentuk yang cenderung lebih kecil jika dibandingkan dengan jenis pisang lainnya. Bedanya dengan pisang mas, kulit pisang susu memiliki bintik-bintik kehitaman dan tekstur daging buahnya lembut.

Selain bisa dimakan secara langsung pisang susu kerap dijadikan campuran adonan kue, isian sandwich buah atau dadar gulung pisang.

Baca Juga: Sayang Dibuang, Batang Pisang Merupakan Makanan Lezat

 

  1. Pisang Tanduk

Pisang asal Sukabumi ini bisa kita identifikasi dari melihat buahnya yang sangat panjang dan menyerupai tanduk. Pisang ini bisa dinikmati dengan cara direbus atau diolah menjadi gorengan. Jika Moms belum pernah mencoba jenis pisang satu ini, Moms wajib mencobanya karena rasanya sangat lezat.

  1. Pisang Uli

The hangat, pisang goreng, dan halaman belakang rumah. Sempurna banget nggak sih? Nah soal pisang gorengnya bisa dibuat pisang uli. Rasanya sangat manis dengan tekstur daging buah yang empuk, lembut dan lembek membuat banyak orang menyukainya.

Pisang uli memiliki ukuran sedang tidak terlalu besar juga tidak terlalu kecil. Selain diolah sebagai pisang goreng, pisang ini juga kerap diolah menjadi beragam cemilan seperti keripik dan sale pisang.

  1. Pisang Merah

Kalau biasanya warna kulit pisang hijau atau kuning keemasan, ternyata ada juga pisang yang memiliki kulit berwarna merah. Pisang Merah ternyata bukan saja unik melainkan juga banyak mengandung manfaat kesehatan tubuh, seperti mencegah batu ginjal, mengurangi berat badan, meningkatkan produksi darah dan mengatur asam lambung.

Baca Juga: Intip Proses Pembuatan Sale Pisang, Ternyata Tidak Dipanggang

Itulah jenis-jenis pisang yang bisa ditemui di Indonesia. Kira-kira Moms suka jenis pisang yang mana? Jika Moms ingin belanja pisang, ingat ya: Moms bisa belanja jenis-jenis pisang ini di Titipku!

Tinggalkan Balasan