Berbeda Daerah Berbeda Jenis Rujak Lho!

Sebagai negara tropis, Indonesia memiliki berbagai macam buah-buahan yang tumbuh subur. Selain dimakan dalam bentuk utuh, buah-buahan di Indonesia juga sering kali diolah menjadi hidangan yang lebih enak dinikmati lho! Sebut saja kolak pisang, sop buah, dan aneka jenis rujak. 

Ngomong-ngomong soal rujak, ternyata rujak di Indonesia sangat beragam jenisnya. Tiap daerah memiliki rujak khasnya masing-masing. Meskipun menggunakan buah yang hampir sama, namun saus dan kelengkapan bumbu lainnya berbeda di setiap daerah. Apa saja sih rujak yang eksis di Indonesia?

 

Rujak Buah Potong

Ini merupakan jenis rujak yang sangat mudah dibuat dan sangat mudah ditemui. Di beberapa daerah Jawa Tengah seperti Solo, Jogja, dan Semarang, rujak buah potong ini lebih dikenal dengan nama lotis. Buah-buahannya berisi bengkoang, kedondong, jambu air, manga muda, papaya, dan nanas. Buah-buahan tersebut dipotong tipis-tipis kemudian disiram dengan sambal kacang. 

Sambal kacang pada rujak buah tentu berbeda dengan sambal kacang pada gado-gado. Sambal kacang rujak buah tidak menggunakan bawang putih dan kencur, hanya menggunakan cabai, kacang, dan gula jawa saja. 

Baca Juga: Lotis, Rujak, dan Rujak Es Krim, Apa Bedanya?

 

Rujak Bebeg

Rujak ini merupakan ciri khas kota Cirebon. Meskipun menggunakan buah yang hampir sama dengan rujak potong, ternyata terdapat perbedaan pada cara mengolahnya. Dinamakan rujak bebeg karena buahnya di-bebeg atau ditumbuk dalam lumpang kecil. 

Selain itu, ada buah khas yang digunakan pada rujak bebeg ini yaitu pisang batu dan juga mengkudu muda. Setelah ditumbuk, rujakpun disajikan di atas daun pisang dan menggunakan sendok dari daun pisang pula. Wah unik banget ya!

 

Rujak Serut

Masih dengan bumbu dan buah yang sama, rujak ini memiliki teknik pengolahan yang berbeda dari rujak lainnya. Rujak ini lebih dikenal di kota Malang. Rujak serut diolah dengan cara diserut buahnya, seperti menyerut keju untuk dijadikan topping. Semua buah-buahan yang digunakan diserut dan dicampur dengan saus kacang lalu disajikan dalam piring atau gelas kecil. 

Baca Juga: Segarnya Rujak Es Krim Jogjakarta

 

Rujak Es Krim

Sedikit mirip dengan rujak serut, selanjutnya ada rujak es krim dari Jogja. Buat kamu yang sering ke Jogja, pasti sudah sering menemui bahkan mencoba rujak es krim ini. Cara membuat rujak ini sama dengan rujak serut, hanya saja sebelum disajikan ditambahkan dulu es krim yang terbuat dari santan di atas rujaknya. Enak banget dimakan saat cuaca panas nih!

 

Rujak Cingur

Rujak cingur adalah hidangan yang paling berbeda dari jenis rujak yang lain. Terkenal di Jawa Timur, rujak cingur tidak hanya berbeda dari cara pengolahan, tetapi juga dari sambal dan kelengkapannya. Diberi nama rujak cingur karena rujak ini menggunakan cingur (irisan mulut atau moncong sapi) yang direbus dan dicampurkan bersama rujaknya. 

Selain menggunakan buah-buahan, rujak cingur juga menggunakan sayuran seperti tauge, kangkung, dan kacang panjang. Tidak lupa juga disajikan bersama lontong, tahu, tempe, dan juga kerupuk. 

 

 

Selain jajan di pedagang rujak, sebenarnya kamu bisa membuat rujak sendiri lho! Pada dasarnya kamu hanya butuh buah-buahan dan bahan untuk membuat sambal kacangnya. Untuk belanja buah dan kebutuhan sausnya bisa banget lewat Aplikasi Titipku. Ada promo ongkir sepanjang April yang bisa buat belanjaanmu tidak terbeban ongkir yang berat! Yuk segera unduh dan gunakan Aplikasi Titipku!

Tinggalkan Balasan