Kamu Punya Sweater Berbahan Wol? Ini Cara Mencucinya Agar Tidak Cepat Rusak

Titipku – Di akhir tahun, musim hujan yang lebih sering menemani aktivitas sehari-hari. Selain payung, jas hujan, dan perlengkapan lainnya saat hujan, pakaian yang tebal sering diperlukan untuk menetralisir rasa hawa yang dingin. 

Sweater salah satu jenis pakaian yang fungsinya hampir sama dengan jaket, yaitu sebagai baju luar yang cocok digunakan saat cuaca dingin. Bahan sweater yang digunakan biasanya berasal dari benang wol dengan sifatnya yang lembut dan elastis, sehingga memberikan rasa nyaman ketika dipakai. Benang wol akan dirajut untuk bisa mengikuti bentuk tubuh pemakainya.

cara mencuci sweater wol, cara mencuci sweater putih, cara mencuci sweater agar tidak melar, cara mencuci sweater rajut, cara mencuci sweater bulu, cara mencuci sweater agar tidak luntur, cara mencuci sweater agar tidak berbulu, cara mencuci jersey agar tidak rusak, cara mencuci jersey bola agar tidak rusak, cara mencuci jersey asli, cara mencuci bomber jacket, cara mencuci sweater cotton, cara mencuci coach jacket, cara mencuci down jacket, cara mencuci down jacket uniqlo, cara mencuci denim jacket, cara mencuci jaket kulit, cara mencuci leather jacket, cara mencuci puffer jacket,
Sumber : freepik.com

Dengan begitu, cara merawatnya tent berbeda dengan baju biasa seperti kaos atau kemeja. Jika tidak dirawat dengan benar, sweater rajut akan mudah rusak. Cara mencuci yang salah, juga bisa membuat sweater cepat rusak. 

Ini nih, sedikit berbagi tips mengenai cara mencuci sweater rajut berbahan wol dengan tepat.

  1. Siapkan air hanya yang telah dicampur dengan deterjen.
  2. Rendam sweater dengan durasi paling lama 5 menit.
  3. Goyang-goyangkan sweater atau diputar-putar untuk meluruhkan kotorannya.
  4. Jika ada kotoran yang membandel, Kamu bisa menambahkan garam untuk merendamnya.
  5. Bilas sweater menggunakan air hangat sampai tidak tersisa detergen yang terserap dalam sweater.
  6. Rentangkan handuk kering di atas meja, lalu letakkan sweater di atasnya. Gulung dan tekan secara perlahan. Atau gulung terlebih dahulu sweaternya, lalu ditekan-tekan menggunakan handuk kering dengan lembut.
  7. Cara menjemurnya juga tidak biasa, nih. Rentangkan sweater di atas meja atau bidang datar lainnya. Disarankan untuk tidak menggantung atau menjemur menggunakan gantungan karena bisa menyebabkan sweater melar dan merubah bentuk sweater.
  8. Setelah kering, lipat sweater dan disimpan di tempat yang tidak lembab. Pastikan sweater benar-benar kering. Jika tidak, akan mendatangkan jamur disimpan.

Jika kamu terpaksa harus mencuci sweater berbahan wol menggunakan mesin cuci, pastikan kamu mencucinya dengan metode khusus untuk mencuci baju yang terbuat dari wol. Jika mesin cuci tidak menyediakannya, pilih mode yang paling lembut putarannya.

Satu lagi, jika Kamu ingin menyetrikanya, sweater berbahan wol hanya perlu disetrika dengan suhu rendah. Sweater berbahan wol tidak akan mudah kusut. Jika disetrika dengan suhu terlalu panas, akan meninggalkan bekas kilap pada sweater.

Itulah sedikit tips untuk merawat sweater berbahan wol, khususnya cara mencucinya agar tidak mudah rusak. Buat kamu yang punya koleksi sweater berbahan wol, langkah-langkah patut untuk dicoba. Tapi juga diperlukan ketekunan, karena lebih disarankan untuk mencucinya secara manual.

Sweater berbahan wol masih aman jika dicuci menggunakan detergen, nih. Buat kamu yang stok detergen di rumah atau kos habis, bisa banget belanja lewat aplikasi Titipku. Dijamin harga akan tetap terjangkau karena detergen yang kamu pilih merupakan produk UMKM, loh. Ada jatiper yang siap membantu memenuhi kebutuhanmu, bahkan selain detergen. Kamu bisa pilih, mau titip beli di toko kelontong atau di pasar tradisional.

Ayo belanja di Titipku!

#PakaiProdukLokal

Penulis: Setya

pembelajar penyuka seni, juga literasi

Tinggalkan Balasan