Kantong Belanja yang Ramah Lingkungan

Penggunaan kantong plastik sebagai kantong belanja menimbulkan banyak permasalahan lingkungan. Diketahui plastik merupakan benda yang sulit diuraikan. Butuh waktu sekitar 50-100 tahun untuk bisa menguraikan plastik. Di sejumlah daerah seperti Jakarta pun sudah menerapkan larangan penggunaan kantong plastik untuk berbelanja.

Baca Juga: Awas Kemasan Kertas Berbahaya untuk Makanan

Mengatasi permasalahan tersebut, saat ini banyak industri rumahan yang membuat terobosan baru untuk memproduksi kantong belanja ramah lingkungan. Inovasi ini cukup membantu mengurangi penggunaan kantong plastik yang kian hari kian menjadi. Berikut beragam jenis kantong belanja unik dan ramah lingkungan yang bisa kamu pakai untuk berbelanja!

 

Tas Eceng Gondok

Kerajinan tangan satu ini terbuat dari daun eceng gondok yang telah dikeringkan dan dianyam. Anyaman eceng gondok ini terlihat sangat estetik dan menarik perhatian. Meski tergolong cukup mahal, tas belanja ini bisa digunakan berulang dan menjadi solusi pengganti kantong plastik saat berbelanja. Tidak hanya tas belanja saja, pengrajin biasanya membuat berbagai model tas seperti tas untuk kamu hang out.

Tas Anyaman Bambu

Pohon bambu memiliki banyak manfaat. Bagi pengrajin, pohon bambu menjadi potensi usaha yang menjanjikan. Di tangan para pengrajin, bambu disulap menjadi bermacam-macam kerajinan, mulai dari hiasan dinding hingga tas belanja. Tas anyaman bambu menjadi populer setelah penggunaan kantong belanja ramah lingkungan marak menjadi tren masyarakat. Bahannya yang terbuat dari bambu menjadikan tas ini kuat dan tidak mudah rusak saat digunakan untuk membawa barang belanjaan.

Tas Mendong

Masih asing dengan mendong? Tanaman satu ini memang tidak mudah dijumpai di sembarang tempat. Biasanya Mendong bisa tumbuh di lingkungan berlumpur dan memiliki cukup air seperti rawa. Seperti halnya dengan eceng gondok dan bambu, batang mendong dapat digunakan sebagai bahan pokok kerajinan anyaman. Tikar, tempat sampah, dan tas merupakan tiga produk yang paling banyak diproduksi oleh pengrajin mendong.  Ada beragam model tas anyaman berbahan mendong. Masing-masing memiliki kisaran harga yang beragam. Diantara banyaknya produk mendong, tas belanja ramah lingkungan bisa jadi alternatif bagi kamu yang suka belanja ke pasar.

 

Produk-produk tas belanja ramah lingkungan lainnya bisa kamu dapatkan di pasar-pasar terdekat tempat tinggalmu, lo. Semasa pandemi, kamu bisa tetap membeli tas ramah lingkungan melalui aplikasi Titipku. Ada promo potongan ongkir yang akan buat ongkirmu lebih hemat. Ayo tunggu apa lagi! Bagi kamu yang belum punya aplikasi Titipku, kamu dapat mengunduhnya di sini.

 

Tinggalkan Balasan