Kasur di Kamar Penuh Tungau? Basmi dengan Ini!

tungau, kutu busuk, kutu kasur, bahan alami, pengusir tungau, mengatasi tungau

tungau, kutu busuk, kutu kasur, bahan alami, pengusir tungau, mengatasi tungau

Jika ada tungau di kasur, sudah hampir dipastikan aktivitas tidur kita akan sangat terganggu. Tungau atau kutu busuk adalah sejenis kutu yang sering tinggal di sela-sela kasur atau kursi. Ukuran kutu busuk terbilang kecil sehingga sulit untuk dibasmi. Sistem regenerasinya juga cepat sehingga kita perlu untuk membasminya secara berulang sampai benar-benar bersih dan tidak ada lagi telur kutu busuk. Jika dibiarkan, kutu busuk akan menyedot darah kita dan meninggalkan bekas dan rasa gatal yang luar biasa seperti gigitan nyamuk.

Kita bisa menggunakan jasa cleaning service yang dipesan. Tetapi jika ingin membersihkannya sendiri, bisa menggunakan cara-cara berikut ini yang dilansir dari Merdeka.com.

 

Larutan Garam

Cara menghilangkan tungau di kasur yang pertama dengan menggunakan larutan garam. Apabila kasur sulit untuk dijemur, mengusir kutu busuk bisa dilakukan dengan menyemprotnya menggunakan larutan garam. Anda hanya perlu menyiapkan larutan garam yang telah dimasukkan ke dalam botol semprot. Kemudian, semprotkan larutan air garam ke sarang-sarang tungau di area tempat tidur, sofa, atau karpet. Setelah itu, lihatlah hasilnya dalam beberapa jam dimana kutu busuk akan keluar dan mati. Akan lebih baik jika metode menyemprot larutan garam ini dilakukan sembari menjemur kasur, agar kasur tetap kering dan tidak lembap.

Cuka

Gunakan cuka tanpa dicampur dengan air. Anda bisa langsung menyemprotkan larutan cuka ke kasur yang terdapat tungau. Penggunaan cuka untuk membasmi lebih mudah dibandingkan bahan lainnya. Cara melakukannya pun cukup mudah. Anda hanya perlu menyemprotkan cuka ke tempat kutu busuk bersarang. Tunggu beberapa menit, maka kutu busuk dan telurnya akan cepat mati. Sebaiknya, kasur jangan langsung digunakan setelah melakukan metode ini karena aroma cuka akan sangat kuat dan membuat tidak nyaman.

Daun Sirsak

Menghilangkan tungau bukan hanya dapat dilakukan dengan menggunakan cairan ataupun larutan. Cara menghilangkan kutu busuk di kasur yang lainnya juga dapat Anda lakukan salah satunya dengan bahan alami yaitu daun sirsak. Cara menggunakan daun sirsak untuk menghilangkan kutu busuk di kasur yaitu cukup dengan menaruh beberapa lembar daun sirsak di tempat-tempat yang berpotensi menjadi sarang kutu busuk.

Lavender

Terdapat 2 cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan tungau di kasur dengan lavender. Pertama, Anda bisa menyemprotkan minyak lavender ke bagian kasur yang menjadi sarang kutu busuk. Gunakan minyak dari lavender. Minyak lavender memiliki aroma yang menyengat dan sangat tidak disukai oleh kutu busuk. Cara kedua, Anda bisa menggunakan bunga lavender yang dikeringkan untuk mencegah kutu busuk datang kembali. Caranya, cukup bungkus bunga lavender kering ke dalam kain lalu letakkan kain tersebut di kasur.

Bawang

Bawang dipercaya memiliki aroma yang kuat dan menyengat. Hal itulah yang menjadi penyebab mengapa aroma tersebut sangat tidak disukai oleh tungau. Metode bawang terbilang ampuh untuk mengusir tungau. Anda hanya perlu menghaluskan bawang putih dan bawang merah. Setelah itu, saring dan ambil sarinya saja. Kemudian oleskan jus bawang tersebut di tempat yang dirasa terdapat sarang tungau. Tunggu saja selama beberapa jam, maka tungau akan keluar dengan sendirinya. Tapi ingat, bau bawang juga menyengat sehingga Anda jangan menggunakan kasur segera setelah disemprot air bawang.

*****

Beberapa bahan di atas bisa dibeli dari pasar. Nah bagi Anda yang ingin belanja di pasar #DariRumah, bisa banget belanja pakai Titipku. Ada banyak promo menarik yang bisa Anda gunakan berbelanja. Klik di sini untuk mendownload Titipku.

Tinggalkan Balasan