Katanya Kangkung Bikin Kantuk, Mitos atau Fakta?

Titipku.com – Kangkung merupakan salah satu sayuran yang sering dijumpai oleh masyarakat Indonesia, mulai dari rumahan hingga restoran ternama. Namun tidak sedikit yang berpendapat bahwa kangkung dikenal sebagai sayuran yang bikin kantuk. Hmmm mitos atau fakta, kangkung bikin kantuk?

Kangkung mempunyai nama latin Ipomoea aquatica, tapi kangkung juga mempunyai nama lain seperti water spinach, water morning glory, atau water convolvulus. Sayuran ini biasanya diolah menjadi tumisan, cah (cah kangkung), atau terkadang dibuat lalapan mentah.

Meski kangkung terkenal dapat membuat orang mengantuk, sebenarnya belum ada penelitian ilmiah yang menjelaskan secara pasti kangkung ini benar-benar sebabkan orang menjadi mengantuk.

kangkung bikin ngantuk, kangkung bikin ngantuk mitos atau fakta, kangkung bikin ngantuk benarkah, makan kangkung bikin ngantuk, fakta kangkung bikin ngantuk, apa kangkung bikin ngantuk, kangkung bisa bikin ngantuk, benarkah sayur kangkung bikin ngantuk, kangkung bikin ngantuk fakta atau mitos, kenapa kangkung bikin ngantuk,
Instagram via @kardiovskuliner

Kondisi yang menyebabkan seseorang mengantuk usai mengonsumsi kangkung kemungkinan dikarenakan kandungan senyawa kimia sedative atau zat yang bersifat menenangkan. Senyawa ini bisa membuat pikiran orang menjadi lebih tenang dan rileks. Oleh karena itu, setelah konsumsi kangkung kebanyakan orang menjadi mudah mengantuk.

Akan tetapi, ini belum tentu berlaku untuk semua orang. Pasalnya setiap orang membutuhkan kadar senyawa sedatif yang berbeda hingga membuatnya menjadi mudah mengantuk. Oleh karena itu, kemungkinan seseorang tetap segar dan tidak mengantuk meski sudah mengonsumsi kangkung.

Sebagaimanaya yang dikutip dari Fitsugar dan askdrsears.com via health.detik.com, beberapa jenis makanan yang membuat seseorang menjadi mudah mengantuk dan tidak dapat berhenti menguap adalah makanan yang menyerap energi dengan cepat.

kangkung, fakta kangkung, mitos kangkung,kangkung bikin ngantuk, kangkung bikin ngantuk mitos atau fakta, kangkung bikin ngantuk benarkah, makan kangkung bikin ngantuk, fakta kangkung bikin ngantuk, apa kangkung bikin ngantuk, kangkung bisa bikin ngantuk, benarkah sayur kangkung bikin ngantuk, kangkung bikin ngantuk fakta atau mitos, kenapa kangkung bikin ngantuk, titipku

 

Makanan-makanan ini pada umumnya memiliki kandungan gula tinggi dan karbohidrat sederhana. Sehingga dapat meningkatkan energi namun dengan cepat diturunkan. Seperti makanan yang manis-manis, minuman berenergi, makanan berlemak, makanan yang rendah zat besi, serta anggur merah.

Penurunan gula dalam darah yang amat drastis ini bisa mengabitkan tubuh menjadi lemas dan sering menguap untuk emndapatkkan oksigen lebih banyak. Karena mmakanan ini bisa membuat seseorang mengantuk setelah mengonsumsinya.

Sementara itu, kandungan tryptophan tinggi bisa mempengaruhi seseorang untuk tertidur. Alasanya tryptophan merupakan asam amino yang digunakan tubuh untuk membuat serotonin, yaki neurotransmitter yang memperlambat jalur lalu lintas saraf otak.

Adapun makanan yang diketahui memiliki kadar tryptophan tinggi adalah produk susu seperti keju, produk kedelai (susu kedelai, tahu, atau kacang kedelai), daging, biji-bijian, telur dan juga biji bunga matahari.

Sumber: health.detik.com

Yuk Beli Bahan-Bahan Masak dari Pasar!

Hai hai!! Masak kangkung yuk! Nah bahan-bahannya bisa kamu beli langsung dari pasar melalui Titipku. 🙂

Kalau kamu di Jogja, kamu bisa pilih pasar sesuai kebutuhan kamu dari Titip ke Pasar by Titipku:

Pasar Beringharjo
Pasar Kranggan
Pasar Demangan
Pasar Sambilegi
Pasar Condongcatur
Pasar Prawirotaman, dll

Dengan kamu membeli dari pedagang pasar, secara otomatis kamu telah mendukung tulang punggung Indonesia dalam memajukan perekonomian bangsa.

Penulis: Setya

pembelajar penyuka seni, juga literasi

Tinggalkan Balasan