Kebiasaan Seputar Dapur yang Bikin Boros

dapur, kitchen, kebiasaan, habit, kebiasaan seputar dapur, seputar dapur, about kitchen, boros, uang, money

 

dapur, kitchen, kebiasaan, habit, kebiasaan seputar dapur, seputar dapur, about kitchen, boros, uang, moneySebagai ibu rumah tangga, mengatur keuangan untuk kebutuhan pangan sangatlah penting. Hal ini diperlukan agar kita tidak mengeluarkan dana terlalu besar, sehingga dananya bisa digunakan untuk kebutuhan lain seperti dana sekolah si kecil atau dana investasi. Tapi, tanpa kita sadari, kita sering melakukan hal-hal sepele yang rupanya bisa berdampak pada pengeluaran kebutuhan dapur yang tinggi. Kira-kira, kebiasaan seputar dapur apa saja sih yang sering bikin boros? Simak informasinya dari Kumparan berikut ini yuk.

 

  1. Kulkas di Dapur Terlalu/Kurang Penuh

Kebiasaan seputar dapur yang membuat boros yang pertama adalah menyimpan produk di lemari es terlalu banyak/sedikit. Jumlah makanan dalam lemari es penting di dapur perlu Anda perhatikan. Untuk menjaga lemari es dan freezer bisa tahan lama, isilah dengan barang-barang sekitar 75 persen dari kapasitasnya. Bila lemari es terisi terlalu penuh, barang-barang akan menutup ventilasi lemari es dan memaksa alat untuk bekerja lebih keras. Namun, dengan banyak barang yang sudah dingin, kerja lemari es akan dimudahkan untuk menjaga suhunya tetap normal. Sedangkan lemari es yang tidak cukup penuh akan menggunakan lebih banyak energi untuk mendinginkan dirinya sendiri.

  1. Mengikuti Tanggal Kedaluwarsa Pada Makanan

Kebiasaan seputar dapur yang kedua adalah Anda terlalu strict pada tanggal kedaluwarsa. Jika Anda terbiasa membuang makanan karena melihat tanggal pada label, maka bisa mencoba sedikit mengubah kebiasaan tersebut, kecuali produk formula bayi. Menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA), tanggal itu hanya menunjukkan kapan makanan masih memiliki kualitas tertinggi. Dan, bukan berarti setelah tanggal tersebut makanan sudah tak layak konsumsi.

Tapi, pastikan produk yang sudah lewat tanggal kedaluwarsa itu secara bau, penampilan, dan tekstur masih baik ya. Anda perlu untuk melihat apakah produk sudah berjamur atau belum, bau busuk atau tidak, atau sudah jemek atau belum. Jika sudah, maka sebaiknya dibuang dan tidak dikonsumsi.

  1. Menyimpan Produk Tidak Benar

Kunci menghemat dan berhenti membuang-buang bahan pangan adalah dengan mengetahui cara menyimpan makanan yang paling baik. Cari tahu sayuran mana yang harus disimpan di lemari es, dan yang bisa disimpan di meja, sehingga bahan pangan bisa disimpan lebih awet.

  1. Menyimpan Barang Mudah Rusak di Pintu Lemari Es

Pintu lemari es merupakan tempat yang sering mengalami perubahan suhu —mengingat Anda sering membuka dan menutupnya. Untuk itu, hindari menyimpan makanan yang mudah rusak seperti telur atau produk susu pada bagian tersebut. Gunakan pintu lemari es untuk menyimpan barang-barang yang lebih tahan lama, seperti: bumbu, susu, atau saus.

  1. Tidak Menyegel Makanan dengan Benar

Anda juga perlu memikirkan ulang bagaimana selama ini Anda menyegel makanan. Jika Anda membeli keripik atau sereal dan berharap keduanya bertahan selama mungkin tanpa basi, maka jangan hanya menggulung bagian atas kantong hingga tertutup. Gunakan klip atau pindahkan makanan ke wadah kedap udara. Biasanya kan kita hanya menggulung bagian yang terbuka, dan itu sangatlah tidak efektif dalam menjaga kualitas makanan di dalamnya.

*****

dapur, kitchen, kebiasaan, habit, kebiasaan seputar dapur, seputar dapur, about kitchen, boros, uang, money

Itulah beberapa kebiasaan seputar dapur yang sering membuat kita boros. Semoga kita bisa belajar dari artikel ini sehingga kita bisa melakukan pengaturan keuangan dengan lebih baik lagi ya. Nah, kalau mau belanja kebutuhan pangan dengan lebih hemat, maka belanja di Titipku bisa jadi pilihan. Kenapa? Karena di Bulan November ini Titipku punya banyak promo, seperti promo gratis ongkir, promo diskon, dan promo cashback. Mau? Download Titipku sekarang dan gunakan promonya!

dapur, kitchen, kebiasaan, habit, kebiasaan seputar dapur, seputar dapur, about kitchen, boros, uang, money

Tinggalkan Balasan