Kenali Perilaku Konsumen dan Raup Omset Maksimal di Bulan Puasa

Titipku.com – Bulan Ramadhan sebentar lagi. Bagaimana persiapan Anda sebagai umat muslim dalam menyambut Ramadhan tahun ini? Mengenai Ramadhan atau bulan puasa tentu saja akan ada pembahasan menarik terkait dengan bisnis online. Anda pelaku bisnis online? Pelajari perilaku konsumen, maka bersiaplah meraih profit maksimal!

Amati Perubahan Pola Perilaku Konsumen Sebagai Kunci Pebisnis Online

Pertama, untuk dapat meraup profit maksimal memanfaatkan momen Ramadhan, tentu kita harus jeli dalam melihat peluang yang ada. Harus memahami setiap mulai masuk ke bulan Ramadhan, para konsumen ini mengalami perubahan pola perilaku yang berbeda dari bulan-bulan sebelumnya. Pola perilaku ini meliputi jenis produk yang ingin dibeli, perubahan sikap dalam berbelanja online, waktu berbelanja, juga waktu berselancar di dunia maya.

Dengan Anda memahami perubahan pola perilaku ini, sebagai pelaku bisnis tentu bisa masuk ke celah yang pas untuk membuat produk laris manis di momen yang tepat.

Bulan Ramadhan Konsumen akan Lebih Royal dalam Berbelanja

Idealnya sih bulan Ramadhan agar lebih behemat dan merasakan penderitaan orang yang hidupnya kurang beruntung dari kita. Akan tetapi fakta di lapangan berbeda dari seharusnya. Baik dalam urusan perut atau yang lainnya, masyarakat Indonesia justru relative lebih boros dan royal membelanjakan uangnya di bulan Ramadhan. Bukan hanya dalam hal belanja makanan dan minuman saja, masyarakat juga lebih konsumtif untuk pembelian barang-barang lainnya apalagi produk fashion.

Konsumen Tidak Peka Terhadap Harga di Bulan Ramadhan

Dan lagi-lagi, masyarakat Indoensia ini luar biasa konsumtif di bulan Ramadhan. Jika di bulan biasa mereka bisa jadi hitung-hitungan dan banyak berpikir soal harga, maka di bulan Ramadhan konsumen online akan cenderung mengabaikan harga dan memberikan banyak toleransi.

Rupanya masyarakat sudah menganggap harga di bulan Ramdhan ini normal-normal saja kalau lebih mahal. Jadi kalau sudah sreg dengan produk tertentu dan ingin membelinya, konsumen tidak akan berpikir dua kali lagi.

Setiap pebisnis online, ini adalah kesempatan emas untuk Anda. Bukan berarti Anda harus menaikan harga. Dengan trend mengabaikan harga seperti ini, produk Anda yang biasanya ditimang-timang karena cenderung agak mahal berpotensi laris manis. Konsumen Anda amungkin akan membeli produk Anda satu, dua, atau tiga dan berapapun harganya.

Oleh karena itu maksimalkanlah strategi penjualan Anda di bulan Ramadhan ini. Anda bisa menggadakan promo khusus, menyiapkan budget khusus beriklan atau rajin broadcast atau posting produk yang kerap menjadi favorit pelanggan.

Waktu Berbelanja Konsumen Online juga Mengalami Perubahan

Mengingat di bulan Ramadhan, umat Muslim fokus menjalankan ibadah puasa dan tarawih maka pola aktivitas online masyarakatpun mengalami perubahan. Beberapa waktu potensial untuk berbelanja antara lain sahur, menjelang maghrib dan setelah sholat tarawih.

Baca selanjutnya: Perhatikan Waktu Tepat Produk yang Anda Tawarkan Saat Bulan Puasa

Menjelang Lebaran, Pembelian akan Semakin Tinggi

Ketika bukan Ramadhan hampir berakhir maka penjualan secara online akan semakin mengalami peningkatan. Kenapa terjadi demikian? Tentu saja karena masyarakat sudah menerima THR yang biasanya diberikan sekitar satu minggu atau dua minggu sebelum bulan Ramadhan berakhir.

Produk Kuliner dan Fashion MuslinWaktunya Unjuk Gigi

Daya tarik produk kuliner dan fashion khususnya busana muslim-muslimah semakin menanjak di periode bulan Ramadhan ini. tidak heran jika semakin mendekati lebaran, maka tingkat penjualan Anda akan semakin besar karena kedua hal ini kerap dijadikan sebagai oleh-oleh atau perangkat wajib dalam rangka menyambut Lebaran.

Para pebisnis online harus menyadari bahwa saking ramainya kurirpun kerap kewalahan dalam mengirim pesanana konsumen. Berikan tenggang waktu maksimal pemesanan dan koordinasikan kepada kurir. Juga komunikasikan kepada pelanggan karena pengiriman mungkin agak lebih lambat karena factor overload.

Meski Konsumtif, Konsumen Online juga Tertarik pada Kegiatan Amal di Bulan Ramadhan

Ramadhan bulan penuh berkah. Meski identic dengan perilaku konsumtif bulan ini juga banyak konsuem yang gemar beramal. Anda bisa menggunakan momen ini untuk promosi kepada konsumen Anda misalnya setiap pembelian dari pelanggan maka 10% dari pembelanjaan akan didonasikan kepada kaum dhuafa atau anak yatim sesuai dengan ketentuan yang Anda buat.

Tentu saja tidak pakai acara tipu-tipu ya, janga menggunakan kampanye ini untuk mendaptkan untuk sebanyak-banyaknya padahal sebenarnya uangnya tidak Anda sumbangkan dengan jani. Ingat, utamakan kejujuran dan etika dalam berbisnis.

Semangat berwirausaha! Kami juga menyediakan platform untuk Anda dalam digitalisasi UKM. Selain itu, menjadi pengusaha di Titipku juga bisa menjadi seorang penjelajah. Bagaimana caranya? Download aplikasi Titipku di Playstore sekarang!

UKM Indonesia? Titipku Aja.

Sumber: http://www.pandagila.com/perubahan-perilaku-konsumen-ramadhan/

 

Penulis: Setya

pembelajar penyuka seni, juga literasi

Tinggalkan Balasan