Kenali Umbi-Umbian yang Ada di Indonesia

umbi, umbi-umbian, umbi-umbian khas Indonesia, cassava, potato, carrot, sweet potato, singkong, ubi, kentang, wortel

umbi, umbi-umbian, umbi-umbian khas Indonesia, cassava, potato, carrot, sweet potato, singkong, ubi, kentang, wortel

Indonesia kaya akan hasil alamnya. Tak hanya terkenal akan kekayaan rempah, Indonesia juga memiliki banyak umbi-umbian yang bisa dimakan dan rasanya lezat. Menurut situs Fimela.com, setidaknya ada 15 jenis umbi yang bisa tumbuh di Indonesia.

Kira-kira, apa saja ya kelimabelas umbi-umbian itu? Yuk simak informasinya berikut ini!

 

  • Bawang

Bawang termasuk umbi-umbian. Bawang merah, bawang putih, dan bawang bombay bisa ditemukan dengan mudah di Indonesia. Tak sebatas bawang merah, bawang putih dan bombay, Indonesia juga terkenal dengan bawang lainnya yang berkhasiat sebagai obat, seperti bawang lanang.

  • Wortel

Wortel juga masuk ke dalam jenis umbi-umbian. Wortel adalah umbi yang mengandung vitamin, serat dan karbohidrat yang baik buat tubuh dan bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata.

  • Kentang

Kentang juga merupakan umbi khas Indonesia. Kentang adalah sumber nutrisi yang sangat baik buat kesehatan tubuh. Kentang bisa diolah menjadi berbagai masakan dan camilan lezat.

  • Ketela Pohon atau Singkong

Umbi selanjutnya ada ketela pohon atau singkong. Ketela pohon tak hanya bisa diolah menjadi camilan lezat tetapi juga bisa diolah menjadi nasi tiwul yang bermanfaat sebagai pengganti nasi beras. Tiwul sendiri menjadi makanan khas daerah Gunung Kidul, DIY.

  • Ubi Jalar

Ubi jalar adalah umbi-umbian khas Indonesia yang memiliki cita rasa manis menggugah selera. Ada banyak jenis ubi jalar dengan cita rasa dan warna beraneka ragam. Ubi jalar bisa diolah menjadi berbagai masakan dan camilan yang menggugah selera seperti getuk.

  • Talas

Talas adalah umbi-umbian yang memiliki rasa khas yang cukup hambar. Meski rasanya cukup hambar, talas memiliki banyak penggemar, apalagi jika diolah menjadi talas kukus atau keripik talas. Sayangnya, beberapa talas memberi sensasi gatal di lidah saat kita mengonsumsinya.

  • Suweg

Suweg merupakan umbi-umbian yang banyak ditemukan di Jawa Tengah dan sebagian daerah Jawa Timur. Suweg merupakan umbi yang sering dijadikan sebagai pengganti nasi. Cara mengolah suweg cukup dengan dikukus kemudian disajikan bersama taburan garam dan kelapa parut.

  • Uwi

Uwi memiliki umbi-umbian yang mirip dengan suweg namun warga daging umbinya putih keungu-unguan. Uwi memiliki cita rasa manis yang khas. Biasanya, umbi uwi diolah dengan cara dikukus.

  • Bengkuang

Bengkuang adalah umbi-umbian yang bisa ditemukan dengan mudah di Indonesia. Bengkuang memiliki bentuk khas seperti gasing. Bengkuang memiliki daging umbi berwarna putih dengan rasa manis serta menyegarkan. Bengkuang biasa diolah menjadi rujak buah, dipanggang, digoreng, atau ditumis.

  • Gadung

Gadung merupakan umbi-umbian yang cukup populer di Indonesia. Gadung biasanya diolah menjadi keripik atau kerupuk. Untuk mengolah gadung harus melewati beberapa proses karena jika dikonsumsi secara langsung gadung bisa menyebabkan keracunan.

  • Gembili

Gembili adalah umbi-umbian dengan pohon merambat seperti uwi. Gembili memiliki cita rasa manis dengan daging umbi lembut. Gembili bisa dijadikan makanan pengganti nasi.

  • Gembolo

Gembolo mirip dengan gembili namun ukurannya lebih besar. Rasa gembolo juga sangat mirip dengan gembili. Jika gembili bisa dipanen dalam waktu yang cukup singkat yakni beberapa bulan, gembolo memerlukan waktu tanam yang cukup lama hingga satu tahun bahkan lebih.

  • Ganyong

Ganyong merupakan umbi yang bisa diolah dengan cara cukup dikukus atau diparut kemudian diambil tepung patinya. Di beberapa daerah di Jawa, tepung pati diolah menjadi kue tradisional yang bernama jenang ganyong.

  • Garut

Garut adalah umbi-umbian khas Indonesia yang cukup digemari. Garut memiliki pohon yang mirip dengan pohon rempah kunyit, lengkuas dan sejenisnya. Garut memiliki kulit dan daging umbi warna putih. Garut bisa diolah dengan cara dikukus atau diparut dan diambil tepung patinya.

  • Iles-Iles atau Porang

Umbi yang satu ini sangat mirip dengan suweg. Rasa porang lebih manis dengan daging umbi yang lebih empuk setelah dikukus. Porang tak hanya dijadikan makanan pengganti nasi tetapi juga bahan utama untuk pembuatan lem, roti, agar-agar, mie bahkan kosmetik.

 

Wow, ternyata jenis umbi-umbian di Indonesia banyak banget ya. Mimin aja baru tahu. Nah, bagi Anda yang penasaran juga atau ingin sekadar mencoba berbagai umbi-umbian yang ada di Indonesia, bisa banget nih memesannya dari rumah. Anda tinggal cari jenis umbi yang ingin dibeli pakai aplikasi Titipku, lanjutkan pemesanan, bayar, lalu tunggu Jatiper datang mengantarkan umbi pesanan Anda. Simpel banget kan? Dan lagi, di Titipku sudah tersedia banyak pedagang sayur yang menjual beberapa umbi-umbian di atas, salah satunya: Lapak Umbi Umbian Ase Pasar Modern BSD.

Tertarik? Yuk download Titipku dan pesan umbi-umbian sekarang!

Tinggalkan Balasan