Kerajinan perak Kota Gede Yogyakarta

 

Semua yang ada di Yogyakarta selalu terlihat menarik, hal itu yang membuat para wisatawan berbondong-bondong datang kota ini. Salah satu daerah yang terkenal dengan kerajinan peraknya adalah kota gede Yogyakarta. Karya seni yang terbuat dari perek ini terbilang berkualitas. Terdapat banyak pengrajin perak di daerah kota gede. Kerajinan perak ini sudah turun temurun diproduksi sejak tahun 1950an. Ciri khas dari karya pengrajin perak di daerah ini adalah warnanya yang putih bersih dan warna hitam pada setiap perhiasan yang dihasilkan.

Proses produksi kerajinan cukup banyak dan butuh kesabaran yang tinggi. Bijih perak harus melewati berbagai tahapan sebelum menjadi aksesoris dan hiasan. Bijih perak yang sudah dibentuk menjadi kawat, dibentuk sesuai desain. Frame dibentuk terlebih dahulu, kemudian diisi dengan detail rumit. Frame yang sudah ada isiannya ini dipatri dengan serbuk perak, direbus dengan tawas selama beberpa puluh menit, kemudian diproses dengan buah lelerak untuk mengkilapkan.

Produk yang dihasilkan dari olahan perak di kota gede diiantaranya mangkok teh, kalung, gelang dan berbagai macam perhiasan lain dari perak adalah menjadi ciri khas dan kecantikan perak yang dihasilkan. Soal harga, itu akan sangat relatif sekali. Pembuatan kerajinan perak cukup rumit sehingga sepadan dengan harga yang harus dibayarkan. Kadar kemurnian perak  bisa diketahui dengan berkunjung ke Balai Besar Perindustrian di Jalan Kusumanegara. Berbagai mahakarya besar kerajinan perak dapat ditemui di kota gede sehingga cukup banyak turis yang berkunjung ke tempat.

Tinggalkan Balasan