Kesegaran Trancam Kuliner Khas Nusantara

Titipku – Nusantara kaya akan keberagaman kuliner khas dengan bumbu rempah yang melimpah pula. Tak heran jika berbagai daerah memiliki masakan tradisionalnya. Seperti halnya di Jawa. Berbagai sayuran dapat tumbuh dengan subur di wilayah yang banyak dataran tinggi dan pegunungan ini. 

Sumber: resepkoki.id

Keberagaman tanaman sayur yang ada di wilayah Jawa ini selaras dengan berbagai makanan khas yang dimilikinya. Sebut saja trancam. Trancam merupakan olahan sayur yang disajikan cukup dengan dipotong-potong lalu dicampurkan dengan bumbu tanpa dimasak. Komposisinya meliputi kacang panjang, mentimun, tauge, daun kemangi. Beberapa ada yang dicampur dengan daun pepaya untuk memberikan rasa pait nan segar.

Bagaimana cara mengolahnya?

Cukup simpel dan siapapun bisa membuatnya karena makanan satu ini tidak memerlukan perlakuan khusus seperti harus ditumis atau berbagai metode pengolahan makanan lainnya. Hanya saja ketepatan takaran setiap bumbunyalah yang menjadikan trancam ini berbeda dari oalahan satu orang dan orang lainnya. Cukup iris tipis-tipis setiap bahan yang dibutuhkan lalu siapkan bumbunya. Bumbu trancam dapat terhitung cukup lengkap, inilah yang menjadikan cita rasa khasnya selalu ingin nambah. 

Siapkan kelapa, bawang putih, kencur, cabai merah, kemiri, daun jeruk, gula merah, dan garam. Kamu dapat membeli bahan masak lewat  Aplikasi Titipku. Semua disediakan oleh pelaku UMKM disana.  Setelah semua bahan siap, parut kelapa sesuai kebutuhan. Sisihkan dulu kemudian haluskan semua bumbu tadi. Selepas itu campurkan parutan kelapa dengan bumbu yang sudah dihaluskan. Terakhir, campurkan irisan sayuran sebelumnya dengan bumbu-bumbu yang sudah dihaluskan. 

Kandungan Gizi

Trancam memiliki banyak kandungan gizi terlebih pada sayuran yang ada didalamnya. Dikutip dalam hellosehat.com, dalam 100 gram kacang panjang mengandung 47 kalori, 4 gram natrium, 8 gram karbohidrat, dan 3 gram protein. Kacang panjang segar juga merupakan salah satu sumber folat yang baik untuk tubuh. Selain itu kacang segar juga mengandung antioksidan  seperti vitamin C, riboflavin, dan betakaroten yang baik untuk menangkal radikal bebas. Vitamin C sendiri merupakan antioksidan kuat yang larut dalam air hal ini memudahkan untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh dalam melawan infeksi. 

#DIRUMAHAJA

Kamu bisa membeli sayuran tanpa perlu keluar rumah lho. Apa lagi disaat pandemi COVID-19 yang cukup meresahkan. Download Aplikasi Titipku untuk membeli kebutuhan sehari-hari di pasar favorit kamu.

Cek dulu beberapa pedagangnya dibawah ini

  1. Lapak Sayur Mayur Bu Sum https://titipku.page.link/SQ7n
  2. Toko Sembako & Bumbu Giling Uni Mila (Pasar Jambul) https://titipku.page.link/yC9m
  3. JOCELINE’S KITCHEN https://titipku.page.link/8RN6
  4. Aneka Produk Pasar Maguwoharjo (Pasar Stan) https://titipku.page.link/tujD
  5. Pasar Kranggan https://titipku.page.link/VuQN

Tunggu apa lagi? Yuk download Aplikasi Titipku di Google Playstoresekarang juga ya! #DiRumahSaja dan lindungi diri dan keluarga dari COVID-19.

Tinggalkan Balasan