Khasiat Kompres Jahe untuk Penderita Osteoarthritis

Titipku.comNyeri Osteoarthritis (OA) adalah nyeri yang diakibatkan oleh gangguan sendi yang bersifat kronis disertai kerusakan tulang dan sendi berupa disintegrasi dan pelunakan progresif tulang rawan sendi yang disebut osteofit dan fibrosis pada kapsul sendi. 

Kelainan Osteoarthritis timbul akibat mekanisme abnormal proses penuaan, trauma atau kelainan lain yang menyebabkan kerusakan tulang rawan sendi. Keadaan ini tidak berkaitan dengan faktor sistemik atau infeksi. Osteoarthritis merupakan penyakit sendi degeneratif yang berkaitan dengan kerusakan kartilago sendi. Lutut, panggul, tangan dan pergelangan kaki paling sering terkena.

 

Tanda dan Gejala Osteoarthritis

Berikut beberapa gejala penyakit Osteoarthritis:

  1. Kontraktur: Kontraktur adalah kekakuan yang terjadi terutama pada pagi hari dan setelah latihan.
  1. Nyeri Sendi: Nyeri yang menghebat selama pergantian cuaca dari panas ke dingin. Nyeri biasanya bertambah dengan gerakan dan sedikit berkurang dengan istirahat. Beberapa gerakan tertentu kadang-kadang menimbulkan rasa nyeri yang lebih dibanding gerakan yang lain.
  1. Deformitas: Deformitas dalah kelainan bentuk pada area yang mengalami osteoarthritis.
  1. Krepitasi: Suara Gemeretak saat sendi digerakkan.

 

Manfaat kompres jahe

Jahe merupakan tanaman obat berupa tumbuhan rumpun berbatang semu. Jahe (Zingiber officinale) berasal dari Asia, yang tersebar dari India sampai Cina. Karena itu, kedua bangsa ini disebut-sebut sebagai yang pertama kali memanfaatkan jahe, terutama sebagai bahan minuman, bumbu masak dan obat.  

Efektifitas kompres jahe yang menimbulkan sensasi hangat dapat menyebabkan vasodilatasi pembuluh darah dan meningkatkan aliran darah untuk mendapatkan efek analgesik dan relaksasi otot sehingga proses inflamasi berkurang. 

Namun kompres hangat dilakukan pada stadium subakut dan kronis pada osteoarthritis untuk mengurangi nyeri, menambah kelenturan sendi, mengurangi penekanan (kompresi) dan nyeri pada sendi dapat melemaskan otot dan melenturkan jaringan ikat (tendon ligament extenbility).

*****

Ternyata jahe selain menjadi bumbu makanan juga bisa untuk menyembuhkan penyakit sendi ya. Yuk bagi kamu yang punya penyakit osteoarthritis boleh banget nyoba metode penyembuhan dengan kompres jahe.

Jahe di rumah habis? Beli #DariRumah pakai Titipku aja! Selain banyak pilihan pedagang yang menjual jahe, di Titipku punya promo Diskon 30% tanpa minimal pembelianBelanjaan bisa jadi lebih hemat deh.

Download Titipku sekarang!

Tinggalkan Balasan