Khasiat Saffron, Rempah Termahal Sedunia

saffron, safron, rempah, rempah-rempah, rempah saffron, rempah termahal, rempah termahal di dunia, termahal sedunia, manfaat safron, khasiat saffron, manfaat saffron

saffron, safron, rempah, rempah-rempah, rempah saffron, rempah termahal, rempah termahal di dunia, termahal sedunia, manfaat safron, khasiat saffron, manfaat saffron

Dari berbagai rempah, ada satu jenis rempah yang paling populer karena harganya yang begitu mahal. Rempah ini diklaim sebagai rempah termahal sedunia. Tebakan Anda benar sekali, rempah yang dimaksud adalah saffron.

Tanaman dengan harga jual mencapai ratusan ribu rupiah per gramnya ini banyak diproduksi di negara Iran. Durasi waktu tumbuh yang pendek serta proses panen yang sulit membuat saffron dihargai sangat tinggi. Selain itu, kandungan senyawa kimia yang dimiliki saffron terbukti punya beragam khasiat bagi kesehatan. Apa aja, sih khasiatnya? Yuk, intip khasiat dari rempah termahal sedunia, saffron. 

 

Melawan Radikal Bebas

Saffron terbukti mengandung antioksidan yang sangat tinggi, di antaranya crocin, picrocrocin, safranal, senyawa kaempferol, dan crocetin. Kandungan antioksidan ini dapat membantu menetralkan radikal bebas yang sering dikaitkan dengan penyakit kronis, seperti kanker. Terbukti bahwa saffron telah membunuh sel kanker usus besar secara selektif tanpa melukai sel normal.

Zat antioksidan pada saffron juga disinyalir dapat membantu menurunkan kolesterol dan mencegah penyumbatan pada pembuluh darah yang menyebabkan penyakit jantung. Kadar gula darah juga ikut turun karena meningkatnya sensitivitas insulin pada tubuh.

Mencegah Gangguan Sistem Saraf

Kandungan antioksidan yang tinggi pada saffron juga dapat berperan mencegah gangguan pada sistem saraf. Dalam sebuah jurnal Antioxidants, saffron teruji secara klinis dapat meringankan gejala alzheimer. Hasil studinya menunjukkan bahwa penggunaan saffron pada penderita alzheimer dapat membantu meningkatkan kemampuan kognitifnya. Ini mirip seperti kandungan pada obat donepezil. Meskipun demikian, penggunaan saffron pada pasien tetap sambil didiskusikan secara rutin dengan dokter terkait.

Meningkatkan Mood

PMS atau pramenstruasi adalah hal yang sangat familiar bagi perempuan. Perut yang sakit, pinggul yang nyeri, disertai mood yang kacau merupakan gejala dari sindrom ini. Menurut penelitian, perempuan yang mengonsumsi saffron setiap hari mengalami gejala pramenstruasi yang lebih ringan serta memiliki kadar hormon kortisol lebih rendah. Ini membuat rasa tidak nyaman saat menjelang haid jadi berkurang.

Dilansir dari kompas.com, dalam sebuah studi di Journal of Behavioral and Brain Science, disebutkan bahkan ekstrak saffron dapat meningkatkan kadar dopamin dalam otak tanpa mengubah kadar hormon otak lainnya. Penelitian lain menunjukkan bahwa mengonsumsi 30 mg saffron setiap hari mempunya efek sama dengan minum obat depresi, seperti imipramine dan fluoxetine. Kendati demikian, jika Anda mempunyai gejala depresi, tetap konsultasikan pada psikolog ataupun psikiater, ya.

 

*****

Itu dia beberapa khasiat yang dimiliki oleh rempah termahal sedunia, saffron. Meskipun berukuran kecil, siapa sangka kalau khasiatnya begitu beragam. Untuk mendapatkan saffron memang susah-susah gampang, apalagi harganya yang tidak murah. Banyak pedagang yang sengaja membuka jasa titip saffron yang bisa Anda akses di berbagai situs jual beli. Harganya yang tinggi sebanding, kok, dengan manfaatnya.

Bicara soal situs jual beli, ada satu aplikasi yang juga menyediakan layanan serupa, lho, namanya Titipku. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk belanja aneka kebutuhan pokok #DariRumah. Hanya dengan sekali klik, Anda bisa mendapatkan segala kebutuhan Anda dengan biaya yang lebih hemat. Masih ada promo diskon ongkir yang bisa Anda gunakan loh! Mau? Download aplikasi Titipku sekarang!

Tinggalkan Balasan