Kuliner Khas Bandung yang Sayang Kalau Dilewatkan

Kuliner bandung, kuliner malam bandung, kuliner di bandung, wisata kuliner bandung, kuliner bandung 2019, tempat kuliner di bandung, kuliner malam di bandung

Lagi liburan ke Bandung Moms? Selain jalan-jalan ke lokasi wisata di sana, wajib juga untuk jajan dan wisata kuliner di Bandung. Bandung sendiri punya begitu banyak makanan khas yang sangat sayang jika dilewatkan saat liburan ke sana. Kuliner khas Bandung ini wajib dicoba karena harganya terjangkau, sementara rasanya luar biasa lezat.

Melansir dari IDN Times, berikut 10 kuliner khas Bandung yang wajib Moms coba.

Batagor Bandung

Kuliner khas Bandung yang pertama adalah batagor. Batagor adalah singkatan dari bakwan tahu goreng. Isi dari sepiring batagor adalah bakwan dan tahu yang digoreng renyah. Bakwan tahu goreng ini kemudian dilumuri bumbu kacang dan sambal (opsional).

Batagor sendiri sudah terkenal dan tersebar di seluruh Indonesia. Cuma, kalau lagi ke Bandung, ga ada salahnya nyobain. Siapa tahu beda rasanya dengan yang di daerah asal Moms!

Seblak

Seblak adalah salah satu makanan yang populer di tanah Sunda, termasuk Bandung! Bahan baku utama seblak adalah kerupuk basah yang ditambahkan dengan sayuran dan sumber protein. Selain itu juga dimasak dengan bumbu tertentu dan disiram dengan kuah pedas. Buat pecinta pedas, seblak adalah comfort food di kala hujan.

Baca Juga:
– 19 Tips Liburan Murah ke Bandung, Perjalanan Aman, Kantong Nyaman
– Es Oyen Bandung Bikin Puasa Kamu Semakin Segar Nih!
– Kulik 5 Jajanan Kuliner Enak di Pasar Segar PIK

Mie Kocok
Kuliner bandung, kuliner malam bandung, kuliner di bandung, wisata kuliner bandung, kuliner bandung 2019, tempat kuliner di bandung, kuliner malam di bandung
Sumber gambar: Kompas.com

Pecinta makanan berkuah pasti suka mie kocok. Mie kuning gepeng ini dilengkapi potongan kikil, sum sum, daun seledri, dan bawang goreng. Mie kocok sendiri paling cocok dimakan saat kondisi hujan. Endeussss!

Lotek

Hampir sama dengan karedok, lotek juga berisi sayur-sayuran matang, seperti kangkung taoge, dan kacang panjang dengan siraman saus kacang. Bedanya, lotek menggunakan sumber karbohidrat seperti kentang atau ketupat, kerupuk, dan taburan bawang goreng.

Karedok

Kalau kuliner satu ini cocok banget nih untuk diet. Karedok adalah campuran dari sayur-mayur seperti tauge, kol, kacang panjang, dan timun yang dibalur bumbu kacang. Jangan lewatkan makanan satu ini ya Moms kalau lagi di Bandung.

Nasi Tutug Oncom
Kuliner bandung, kuliner malam bandung, kuliner di bandung, wisata kuliner bandung, kuliner bandung 2019, tempat kuliner di bandung, kuliner malam di bandung
Sumber gambar: Cookpad

Nasi tutug oncom adalah kuliner terkenal di Bandung, meski asalnya dari Tasikmalaya. Hidangan ini adalah nasi yang diaduk dengan oncom goreng/bakar. Nasi ini kemudian disajikan dengan lauk pauk seperti ayam, tahu, tempe, dan lalapan. Bagi yang lagi laper parah, makan nasi tutug oncom wajib hukumnya!

Colenak

Colenak mungkin adalah singkatan dari dicocok enak. Hehehe. Ini adalah peuyeum (tape singkong) yang dibakar lalu dicocol ke gula merah yang dilelehkan. Rasanya manis sepat enak! Colenak sendiri menjadi rekomendasi kuliner malam Bandung yang wajib Moms coba.

Tahu Susu

Tahu susu ini punya tekstur yang sangat lembut. Tahu susu yang masih hangat sangat direkomendasikan untuk dimakan, karena Anda akan merasakan sensasi tekstur kulit tahu renyah yang disusul kelembutan daging tahu di dalamnya. Tahu susu ini bisa dimakan pakai kuah ataupun tidak, sama-sama enak semua!

Surabi
Kuliner bandung, kuliner malam bandung, kuliner di bandung, wisata kuliner bandung, kuliner bandung 2019, tempat kuliner di bandung, kuliner malam di bandung
Sumber gambar: Masakapahariini

Secara nama surabi memang mirip dengan serabi, namun bentuknya sedikit beda loh. Surabi bandung lebih menyerupai apem namun adonannya lebih lembek dan tidak terlalu kering. Makanan khas Bandung ini dibuat dari tepung beras dan disajikan dengan topping seperti gula cair yang membuat citarasanya makin lezat.

Pisang Bollen

Terakhir adalah kuliner khas Bandung yang wajib Moms beli untuk dibawa pulang sebagai buah tangan. Pisang bollen yang paling terkenal adalah Kartika Sari. Ada dua isian pisang bollen yang populer, yakni cokelat pisang dan keju pisang.

Kalau MinTip sih suka yang keju. Kalau Moms lebih suka yang mana nih?

*****

Itulah 10 kuliner khas Bandung yang wajib Moms coba waktu liburan ke Bandung. Kuliner-kuliner ini juga sebagian ada di pasar terdekat Moms di manapun Moms berada.

Jika Moms tinggal di Jabodetabek, Moms bisa membeli beberapa jenis kuliner di atas lewat Titipku. Ada beberapa pasar yang menjual pisang bollen satuan, batagor per porsi, hingga surabi.

Mau? Download aplikasi Titipku di Google Playstore atau Apple Appstore!

Tinggalkan Balasan