Kulit Buah dan Sayur Bisa Dimakan, Intip Faktanya

Tidak dapat dipungkiri bahwa mengonsumsi buah dan sayuran memberikan gizi dan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh. Namun, buah-buahan dikonsumsi bersama dengan kulitnya atau tidak sering dijadikan perdebatan. Mengupas kulit buah sebelum memakannya bisa jadi sebuah kebiasaan, preferensi, atau dengan tujuan untuk mencegah risiko terpapar pestisida. Namun, bagi beberapa buah tertentu, mengupas kulitnya justru malah membuat begitu saja salah satu bagian yang kaya akan nutrisi. Berikut ini adalah beberapa fakta mengenai kulit buah dan sayur. 

 

Kaya Nutrisi

Kulit buah dan sayur mengandung banyak nutrisi. Masing-masing buah dan sayur memiliki kandungan nutrisinya sendiri bergantung dari jenisnya. Tetapi secara umum, buah dan sayur yang belum dikupas mengandung vitamin dan mineral yang lebih banyak dibandingkan dengan yang sudah dikupas. 

Misalnya saja, apel yang belum dikupas mengandung vitamin K 3 kali lipat lebih banyak, vitamin A dan Vitamin C 2 kali lipat lebih banyak jika dibandingkan dengan apel yang sudah dikupas kulitnya. 

Baca Juga: JANGAN BUANG KULIT BUAH, TERNYATA ADA MANFAATNYA LHO!

Begitu juga dengan kentang. Kentang yang direbus bersama dengan kulitnya mengandung vitamin C, potassium, folat, dan magnesium dua kali lipat lebih banyak dari kentang yang sudah dikupas. Kulit sayuran mengandung serat dan antioksidan yang lebih banyak. Sehingga mengonsumsi buah dan sayur bersama dengan kulitnya dapat meningkatkan jumlah nutrisi yang dikonsumsi. 

Membuat Rasa Kenyang Bertahan Lama

Karena kandungan serat yang tinggi, kulit buah dan sayur dapat membuatmu merasa kenyang lebih lama. Jumlah serat pada kulit buah dan sayur tetap bervariasi tergantung dari jenisnya. Namun, setidaknya buah dan sayur segar mengandung 1/3 serat lebih banyak sebelum kulitnya dikupas. 

Serat bekerja sebagai makanan bagi bakteri baik yang ada di dalam usus. Sebagai gantinya, bakteri ini akan menghasilkan asam lemak yang berguna untuk memberikan rasa kenyang. 

Baca Juga: Resep Smoothie dari Buah Asli Indonesia

 

Beberapa kulit sukar untuk dicerna

Beberapa kulit dari jenis buah dan sayur tertentu tidak dapat dikonsumsi karena sulit dicerna oleh tubuh. Misalnya, kulit dari melon madu dan alpukat tidak dapat dicerna, meskipun jika dimakan mentah atau dimasak terlebih dahulu. 

Contoh lainnya adalah nanas, pisang, bawang, dan seledri akar memiliki tekstur kulit yang keras sehingga sulit dikunyah bahkan dicerna. Sebaiknya kulit ini dikupas terlebih dahulu dan tidak dikonsumsi. 

 

Kulit Buah dan Sayur dapat Mengandung Pestisida

Pestisida lazim digunakan untuk mengurangi hama sehingga hasil tani pun akan meningkat. Pestisida dapat ditemukan di buah dan sayur organik ataupun konvensional. Meski beberapa pestisida dapat masuk hingga ke daging buah dan sayur, umumnya pestisida lebih banyak berada pada bagian kulit. 

Mencuci buah dan sayur adalah salah satu cara untuk mengurangi residu pestisida yang tersisa. Namun, mengupas kulitnya adalah cara terbaik. Pestisida akan menjadi berbahaya bagi tubuh ketika dikonsumsi dalah jumlah yang banyak dan tertimbun di dalam tubuh. 

Buah dan Sayur Yang Layak Dikonsumsi

Kulit buah dan sayur yang bertekstur keras akan susah untuk dikunyah apalagi dicerna. Berikut ini adalah jenis-jenis buah dan sayur yang sebaiknya tidak dikonsumsi bersama dengan kulitnya:

  • Alpukat
  • Buah-buahan citrus (lemon, jeruk nipis, jeruk, dsb)
  • Buah-buahan tropis (pisang, leci, nanas, pepaya, dsb)
  • Bawang putih
  • Melon
  • Bawang merah

Buah dan sayur yang aman dimakan bersama dengan kulitnya:

  • Apel
  • Wortel
  • Mentimun
  • Terong
  • Anggur
  • Kiwi
  • Pir
  • Kentang

 

Wah ternyata kulit buah dan sayur juga mengandung nutrisi ya. Belanja buah dan sayuran segar lebih baik bersama Titipku. Buah dan Sayuran segar tersedia di pasar terdekat dari rumah kamu dan siap diantarkan. 

Bicara soal buah, di Titipku lagi ada promo buah naga merah nih! harga buah naga merah yang per kilo dibanderol dengan harga Rp20.000, kini bisa kamu dapatkan dengan harga 14ribuan saja! Mau? klik di sini.

Tapi ingat, kamu tidak bisa belanja kalau belum punya aplikasi Titipku ya! Unduh Aplikasi Titipku dan cari barang kebutuhan dapurmu. Yuk segera belanja #DariRumah bersama Titipku!

Tinggalkan Balasan