Lakukan 5A Ini Sebagai Strategi Promosi Anda

www.titipku.com – Analisis terhadap costumer journey perlu dilakukan terlebih dahulu untuk memulai menyusun strategi promosi yang tepat sasaran. Analisis customer journey merupakan sebuah metode untuk mengidentifikasi proses perjalanan konsumen dalam mengetahui, mengamati, merasakan, serta membicarakan produk Anda. MarkPlus telah mengidentifikasi bahwa secara umum, konsumen memiliki lima tahapan dalam costumer journey dalam 5A sebagai strategi promosi sebagai berikut.

  1. Aware – Memperkenalkan Produk

Tujuan dari langkah pertama ini adalah untuk memperkenalkan produk, identifikasi media yang tepat untuk mengenalkan produk Anda. Jika Anda mempunyai usaha tempat makan, maka tujuan komunikasi Anda adalah memberitahukan posisi tempat makan Anda. Bisa dengan menggunakan spanduk di tempat yang banyak dilalui orang. Jika memungkinkan, lakukan di beberapa titik sekaligus.

  1. Appeal – Membangun Ketertarikan

Pada fase kedua ini bertujuan untuk membuat konsumen tertarik dengan produk Anda. Biasanya pesan yang disampaikan menunjukkan manfaat dari produk Anda. Misalnya pada promosi produk kecantikan, maka mereka akan menunjukkan before-after pemakaian produk.

  1. Ask – Mengurangi Keraguan

Pada fase ini, tujuan komunikasi Anda yakni meminimalisasi keraguan konsumen dalam membuat keputusan pembelian. Pemasaran terkait informasi yang lengkap dan terpercaya merupakan kunci utama dalam menjalankan promosi di fase ini.

  1. Act – Menciptakan Penjualan

Tujuan komunikasi pada tahap ini yakni untuk menciptakan pembelian. Pesan yang disampaikan pada fase ini biasanya bersifat ajakan yang menciptakan urgency untuk konsumen untuk segera melakukan pembelian. Diskon dalam rentang waktu tertentu bisa digunakan dala

  1. Advocate – Menghasilkan Rekomendasi

Tujuan komunikasi pada fase ini adalah menciptakan respons positif terhadap produk Anda. Harapannya ketika komunikasi ini berjalan konsumen lain yang belum membeli atau bahkan belum mengenal produk Anda dapat menyiarkan berita positif terkait produk Anda. Testimoni sangat mendukung kepercayaan pelanggan untuk pembelian produk Anda.

Pemahaman terhadap media yang tepat menjadi salah satu factor kunci promosi tepat. Jika proses jual beli produk Anda terjadi secara online, Anda juga perlu memahami media yang tepat guna mengkomunikasikan pesan Anda. Kini media sosial sangat berpengaruh untuk menunjang promosi Anda seperti Facebook dan Instagram, selain itu banyaknya influencer atau follower juga berpengaruh terhadap penjualan Anda.

Selain media sosial tersebut, Titipku juga bisa menjadi alternative promosi Anda di era digital ini. Yuk download aplikasinya, dapatkan keuntungan menggunakan Titipku!

Sumber: Rinaldo, Edo. 2017. Peta Jalan UKM 4.0. Jakarta. Gramedia Pustaka Utama

Penulis: Setya

pembelajar penyuka seni, juga literasi

Tinggalkan Balasan