Lakukan Cara Alami Ini untuk Atasi Anosmia

anosmia, penciuman, obati anosmia, pandemi, covid, corona

 

anosmia, penciuman, obati anosmia, pandemi, covid, coronaDi masa pandemi COVID-19 ini, kita menjadi sedikit parno ketika terkena anosmia. Bagaimana tidak, ini adalah salah satu gejala dari virus corona. Anosmia adalah hilangnya indera penciuman sebagian atau seluruhnya. Seseorang yang mengalami kehilangan sensitivitas indera penciuman tidak dapat sepenuhnya mencicipi makanan dan kehilangan minat untuk makan. Masalah kesehatan ini terasa sepele namun cukup mengganggu.

Selain perlu melakukan tes swap antigen/PCR, kita juga perlu konsultasi ke dokter ketika mengalami anosmia. Tetapi, selain konsumsi obat, kita bisa juga menggunakan beberapa cara alami dari Health.detik.com berikut ini untuk mengatasinya.

 

  • Membilas Hidung dengan Larutan Air Garam

Membilas bagian dalam hidung dengan larutan air garam dapat membantu mengurangi anosmia. Langkah ini dapat dilakukan jika hilangnya kemampuan indra penciuman yang disebabkan oleh infeksi atau alergi.

  • Bawang Putih

Sifat anti inflamasi yang kuat dari asam ricinoleic penyusun aktif dalam bawang putih mengurangi pembengkakan dan peradangan di dalam saluran hidung. Bawang putih juga mengandung sifat anti bakteri yang dapat membersihkan endapan dahak dari saluran hidung dan memudahkan pernapasan dengan memperlebar saluran hidung.

Hancurkan 4 sampai 5 siung bawang putih dan tambahkan ke dalam secangkir air mendidih. Rebus selama dua menit, tambahkan sedikit garam. Minum ramuan tersebut selagi masih panas, dua kali sehari untuk mengembalikan indra penciuman.

  • Jahe

Jahe dapat memberikan aroma dan rasa yang khas, yang membantu merangsang indera perasa dan meningkatkan indera penciuman. Selain itu, jahe juga punya kemampuan anti mikroba dan pereda nyeri yang ampuh yang membantu mengobati infeksi di saluran hidung dan membersihkan partikel rematik dari hidung. Anda bisa mengonsumsi jahe dengan menyeduhnya menjadi minuman atau mengunyahnya sedikit saja untuk meningkatkan indra penciuman yang menurun karena anosmia.

  • Terapi Indra Penciuman

Cara mengobati anosmia secara alami dapat dilakukan dengan terapi bau untuk mengasah kepekaan indera penciuman. Terapi indra penciuman seringkali menggunakan minyak esensial untuk memicu respons sensorik. Pasien anosmia diarahkan membuka stoples dengan aroma tertentu dan fokus pada ingatan tentang bau tersebut setidaknya selama 20 detik. Kemudian mereka beralih ke aroma berikutnya. Terapi indra penciuman biasanya dilakukan dua kali sehari selama beberapa minggu.

  • Berhenti Merokok

Berhenti merokok merupakan cara mengatasi anosmia secara alami. Pasalnya, kebiasaan merokok dapat mengganggu kepekaan beragam indra, termasuk indra penciuman.

 

Itulah beberapa cara alami untuk mengatasi anosmia. Jika Anda butuh membeli bawang putih atau jahe, Anda bisa membelinya di Titipku. Titipku adalah aplikasi belanja online untuk memenuhi kebutuhan pokok dari pasar terdekat. Nantinya, semua pesanan Anda akan diproses oleh kurir Titipku yang bernama Jatiper. Yuk download Titipku sekarang dan mulai belanja aman #DariRumah!

Tinggalkan Balasan