Lomba 17 Agustus yang Paling Seru, Kreatif, dan Unik

Titipku – Hari Kemerdekaan Republik Indonesia akan segera dirayakan oleh seluruh masyarakat Indonesia. Tepat pada tanggal 17 Agustus besok, secara serentak masyarakat akan merayakan Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-74 tahun. Biasanya masyarakat akan mengadakan upacara bendera dalam rangka memperingatinya.

Nah, selain upacara bendera, berbagai macam lomba juga akan diadakan di kampung ataupun komplek rumah untuk memeriahkan hari jadi negara Indonesia. Tak hanya satu lomba, namun perayaan akan diisi dengan banyak lomba yang cukup seru hingga gokil.

Beberapa lomba yang sangat terkenal dan selalu hadir meramaikan perayaan 17 Agustus bisa di lihat di sini:

  1. Lomba Panjat Pinang
grid.id

Lomba panjat pinang menjadi lomba paling legendari saat perayaan hari kemerdekaan 17 Agustus. Lomba ini kayaknya selalu wajib ada di setiap perayaan 17 Agustus deh. Setiap daerah pasti menggelar lomba yang paling ditunggu ini.

Dalam pelaksanaannya, lomba ini tidak hanya menggunakan pohon pinang, bisa diganti dengan pohon lain seperti pohon pisang yang besar ataupun bambu yang panjang dan besar.

Lomba ini bisa dibilang paling menarik dan paling banyak peminatnya. Hal tersebut karena seru dan penuh tantangan. Terlebih lomba panjat pinang memiliki hadiah yang cukup menggiurkan bagi pesertanya.

Peserta yang boleh ikut yaitu remaja dan orang tua, baik laki-laki maupun perempuan. Namun biasanya satu tim akan diisi laki-laki.

Lomba panjat pinang ini dibuat berkelompok. Nah, setiap kelompok yang terdapat beberapa orang tersebut akan berusaha untuk bisa mencapai puncak dan mengambil hadiah-hadiahnya.

Namun ingat, untuk bisa mencapai puncak bukanlah hal yang mudah karena selain tinggi, tiang yang terbuat dari pohon tersebut juga dilumuri dengan pelican seperti oli sehingga akan sangat sulit untuk memanjatnya. Untuk itulah dibutuhkan kekompakkan dalam tim agar bisa sampai puncak.

Siapa yang tak pernah ketinggalan lomba ini hayo ngaku?

  1. Lomba Balap Karung
detik.com

Mungkin ini menjadi lomba paling populer kedua setelah lomba panjat pinang. Lomba balap karung juga menjadi lomba yang tak kalah populer dari lomba balap egrang ialah lomba balap kapur.

Permainan ini mewajibkan peserta untuk memasukkan bagian kakinya terlebih dahulu ke dalam sebuah karung. Kemudian mereka disuruh untuk berlari sembari ataupun lompat untuk berjuang mendapatkan garis finish pertama.

Lomba ini dapat dimenangkan dengan cara ketekunan dan strategi yang matang. Peserta juga harus menguasai setiap langkahnya dengan berlari maupun lompat menggunakan karung.

Meskipun persaingannya tidak sehat, namun permainan tetaplah permainan. Semangat para peserta yang jatuh berkali-kali terkadang membawa penonton bisa tertawa terbahak-bahak saat melihatnya.

  1. Lomba Berjalan diatas Bambu
suarata.com

Perlombaan yang diikuti oleh para laki-laki, baik anak-anak, remaja hingga orang tua. Para peserta tentu sangat antusias mengikuti lomba ini karena hadiah dari lomba ini biasanya sangat menarik.

Namun untuk mendapatkan semua hadiah itu tentu tidaklah mudah karena mereka harus berjalan diatas bambu dengan seimbang dan tidak jatuh.

Lomba berjalan di atas bambu ini bisa dilakukan di atas tanah maupun air. Jika di air, maka peserta yang jatuh akan tercebur air dan kalah dalam permainan.

Perlombaan ini bisa diadakan di tanah lapang maupun di sungai ataupun di sebuah parit yang besar, yang membuat sulit selain harus menjaga keseimbangan adalah bambunya yang semakin lama semakin licin karena sudah terkena air dan lumpur.

Hadiah besar, banyak peserta, banyak penonton dan banyak keseruan, itulah beberapa hal yang dapat mendeskripsikan perlombaan ini.

  1. Lomba Balapan Bakiak
harian bhirawa

Balapan bakiak merupakan permainan adu kekompakan yang membutuhkan seorang komando untuk mendapat garis finish tercepat. Di sini, bakiak yang digunakan bukanlah bakiak biasa yang ada di kamar mandi, tapi bakiak panjang yang bisa menampung 3 hingga 5 pasang kaki per orang.

Satu saja ada temannya yang tidak kompak, bisa jadi teman-teman lainnya juga akan jatuh berguguran bersama-sama. Maka dari itu, filosofi yang dapat kita ambil dari permainan ini ialah betapa pentingnya pemimpin dalam menjalani anggotanya.

Sehingga lahirlah sebuah roda organisasi yang dapat berjalan dengan cepat dan tepat agar bisa segera memperoleh tujuan akhir.

  1. Lomba Memasak
https://pasberita.com

Nah kalau lomba memasak, biasanya didominasi oleh para wanita baik remaja maupun orang tua. Tapi tak dipungkiri banyak kaum laki-laki yang juga mengikuti lomba ini.

Seperti tayangan film Master Chef, perserga diwajibkan membuat masakan dengan tema yang telah ditentukan. Nantinya masakan tersebut akan dinilai oleh juri yang telah dipilih.

Lomba memasak ini mungkin lomba yang paling digemari juga. Karena hasil masakan nantinya bisa dimakan oleh semua peserta dan panitia lomba hari kemerdekaan 17 Agustus.

Nah dari semua lomba tersebut ternyata terdapat lomba baru ala anak milenial. Tentu saja dalam lomba ini juga terdapat hadiah yang sangat menggiurkan.

Lomba hari kemerdekaan 17 Agustus yang diadakan Titipku ternyata cukup menjanjikan. Selain berlomba, peserta juga bisa menjadi pejuang UMKM Indonesia untuk lebih memajukan dan mensejahterakan.

Di suasana perayaan HUT RI yang ke-74 tahun ini Titipku meluncurkan program Penjelajah untuk mengikuti  #GerakanLIMAJARI.

Apa itu  #GerakanLIMAJARI?

#GerakanLIMAJARI merupakan gerakan bagi penjelajah Titipku untuk melakukan Lima Jelajah Tiap Hari. Program ini mengajak kita untuk membuat ulasan mengenai UMKM beserta produknya dan mengunggahnya pada laman posting yang ada di Aplikasi Titipku.

Program yang ditawarkan ini tidak sembarangan loh ya. Karena setiap penjelajahanmu pastinya akan mendapatkan reward.

Titipku akan memberikan reward sebesar Rp5000 untuk setiap kali Jelajah. Jika kamu mengikuti Jelajah sebanyak lima kali dalam sehari, berarti kamu akan memperoleh uang Rp25.000.

Coba kita hitung yuk!

Mari kita kalkulasikan bersama, selama bulan Agustus ini ketika kamu rutin melakukan Jelajah lima kali sehari yakni 5 x Rp5.000 x 30 hari berarti kamu sudah mengantongi uang sebesar Rp750.000. Wah penghasilannya lumayan kan untuk menambah uang sakumu.

Keuntungan lain yang bakal kamu dapat, jika kamu orang yang gemar atau suka jalan-jalan, kamu dapat memanfaatkan momen ini untuk menambah uang jajan kamu selama perjalanan. Ibarat peribahasa, sekali dayung dua pulau terlampaui. Menarik bukan?

Cara Bergabungnya? Ayo Jadi Pahlawan UMKM ala Titipku

Pertama tentu saja kamu harus punya Aplikasi Titipku di ponsel Androidmu. Unduh di Google Play Store di Link ini.

Setelah terunduh Aplikasi Titipku, unggah ulasanmu mengenai UMKM Indonesia di sana dan otomatis kamu akan memperoleh reward Rp 5000 untuk setiap ulasan. 

Info lebih lanjut dapat kamu akses melalui link ini.

Nah di bulan Agustus ini kamu sudah mengikuti lomba apa saja? Yuk ramaikan hari kemerdekaan Indonesia dengan mengikuti berbagai macam lomba yang seru hingga bermanfaat. Jangan lewatkan kesempatan menjadi pahlawan bagi negeri dengan menjadi penjelajah ala Titipku ya!

Penulis: Setya

pembelajar penyuka seni, juga literasi

Tinggalkan Balasan