Lomba Online 17-an: Nomor 7 Asli Nagih!

lomba online, online, lomba, lomba kemerdekaan, lomba kemerdekaan online

Perayaan Kemerdekaan RI sangat identik dengan lomba 17-an. Lomba makan kerupuk dan balap karung adalah dua dari puluhan lomba yang selalu menghiasi Bulan Kemerdekaan. Sayangnya, dua tahun ini kita tidak bisa melakukannya karena pandemi. Lalu kira-kira ada nggak sih lomba online yang bisa dilakukan dan tetap seru untuk merayakan kemerdekaan?

Melansir dari Glints.com, berikut beberapa ide lomba online yang bisa dilakukan

 

  1. Lomba Selfie Kemerdekaan

Dengan berada di rumah saja, tentu kita harus bisa memaksimalkan penggunaan teknologi dalam memeriahkan hari kemerdekaan. Salah satu lomba 17 Agustus online yang bisa dilakukan adalah dengan lomba selfie kemerdekaan. Melalui lomba ini, Anda bersama keluarga atau teman diminta untuk mengirimkan selfie terbaiknya dengan tema 17 Agustus atau kemerdekaan. Hal tersebut, bisa dilakukan dengan menggunakan pakaian berwarna merah-putih, menggunakan riasan wajah merah-putih, atau menggunakan pakaian layaknya pahlawan kemerdekaan.

  1. Lomba TikTok Kemerdekaan

Siapa yang tidak kenal dengan aplikasi TikTok? Saat ini, aplikasi tersebut menjadi salah satu media sosial yang cukup banyak digunakan khususnya di Indonesia. Nah, saat harus di rumah saja namun tetap ingin memeriahkan kemerdekaan, TikTok bisa menjadi solusinya. Lomba ini bisa dilakukan dengan tiap peserta lomba membagikan karya video TikToknya. Karya yang dibagikan bisa berupa tarian atau dance berdasarkan lagu-lagu kemerdekaan, tips dan trik, atau video kreatif lainnya yang dibuat melalui aplikasi.

  1. Lomba Video Kreatif Kemerdekaan

Sama-sama berbentuk video, namun lomba ini berbeda dengan lomba TikTok pada poin sebelumnya. Pada lomba kali ini, para peserta bebas menggunakan kreativitasnya untuk membuat video kreatif dan unik menggunakan beragam aplikasi dengan tema kemerdekaan. Tak hanya itu, hal ini bisa juga dijadikan kompetisi untuk memberikan sosialisasi kreatif melalui video tentang beragam adaptasi kebiasaan baru yang dapat dilakukan.

  1. Lomba Membuat Ucapan Kemerdekaan

Bentuk dari lomba ucapan kemerdekaan ini bisa berupa teks saja atau melalui foto dan video. Peserta yang memberikan ucapan kemerdekaan paling unik dan kreatif akan menjadi pemenangnya.

  1. Lomba Kreativitas dengan Barang di Rumah

Ide lain yang tetap seru untuk dilakukan adalah lomba kreativitas dengan barang di rumah. Maksudnya, peserta dapat memamerkan kreativitasnya menggunakan barang-barang di rumah. Hal ini seperti bermain musik dengan alat dapur, membuat animasi stop-motion dengan alat tulis atau hal lainnya.

  1. Lomba Game Online Kemerdekaan

Lomba selanjutnya adalah game online dalam rangka kemerdekaan. Meskipun lomba tersebut bisa menggunakan game seperti PUBG, Mobile Legend atau sejenisnya, terdapat alternatif game yang lebih ringan dan dapat memeriahkan acara 17-an. Salah satu opsinya adalah Gartic, yaitu game tebak gambar yang dapat dimainkan secara online oleh banyak orang.

  1. Lomba Mewarnai Online

Tak kalah seru dengan game online, lomba ini juga dapat meningkatkan kreativitas kita. Tak perlu gawai mahal untuk menggunakannya, Anda cukup mencetak gambar yang diberikan. Setelah itu, Anda dapat mewarnai sesuai kreativitas, kemudian foto dan upload hasil mewarnai.Dengan begini, perayaan 17 Agustus bisa tetap meriah.

  1. Kuis Online

Poin berikutnya dalam artikel ini yang dapat Anda lakukan untuk lomba 17 Agustus online adalah dengan kuis bertema kemerdekaan. Untungnya, saat ini cukup banyak aplikasi atau situs kuis online yang bisa digunakan seperti Quiziz atau Kahoot. Dengan ini, kuis tetap bisa dilaksanakan dengan meriah meskipun sedang di rumah aja.

  1. Lomba Desain Kemerdekaan

Untuk Anda yang mahir desain, ajang tanding merancang desain sepertinya dapat menjadi lomba 17 Agustus online yang menarik. Tak perlu desain yang repot-repot, Anda dan teman-teman bisa bentuk desain yang sesuai dengan tema kemerdekaan. Dengan ini, Anda bisa tetap bersenang-senang dan produtif dari rumah.

  1. Lomba Hias Masker

Penampilan menjadi terbatas karena harus menggunakan masker? Kalau begitu, Anda bisa buat lomba menghias masker. Ide satu ini dapat menjadi ajang unjuk kreativitas yang menarik, khususnya bagi Anda yang harus tetap keluar rumah dan bekerja di tengah pandemi. Bahkan, setelah lomba usai, desain masker hasil kreasi si pemenang dapat dijual dan didonasikan bagi yang membutuhkan. Menarik bukan?

  1. Lomba Menciptakan Puisi

Hari kemerdekaan pastinya tak lekang dari rasa patriotisme. Nah, hal ini bisa Anda tunjukkan dengan lomba cipta puisi edisi 17 Agustus secara online. Penilaiannya bisa diambil dari kreativitas dan orisinalitas puisi. Namun, peserta yang hendak membacakan puisi mereka berhak mendapatkan nilai plus.

  1. Lomba Kostum

Lomba 17 Agustus online selanjutnya yang bisa Anda adakan bersama teman-teman dan keluarga adalah kompetisi kostum terbaik. Semua peserta harus tampil dengan kostum bertema Indonesia, seperti kostum pahlawan kemerdekaan atau superhero modern negara kita layaknya Gundala. Pemenangnya adalah peserta dengan kostum, tampilan, dan dandanan yang paling baik dan unik.

  1. Lomba Karaoke Online

Salah satu ide lomba 17 Agustus online berikutnya yang bisa Anda ikuti bersama rekan-rekan dan keluarga adalah kompetisi karaoke online. Tak harus nyanyi secara langsung, peserta dapat merekam video mereka tampil lalu mengirimkannya pada pihak juri. Meskipun Anda tak mahir bernyanyi, jangan mau kalah, ya! Yang terpenting justru adalah suasana merayakan kemerdekaannya.

  1. Lomba Artikel Kemerdekaan

Anda juga bisa buat kompetisi artikel dengan tema kemerdekaan. Intinya, lomba cipta artikel di sini dapat berfokus seputar kemerdekaan. Peserta boleh menuangkan pikiran dan perasaan mereka terhadap sejarah maupun dampak kemerdekaan di Indonesia. Tak perlu panjang-panjang, peserta dapat menciptakan tulisan tak lebih dari 6 paragraf. Pemenang akan ditentukan berdasarkan struktur tulisan dan cara peserta menunjukkan kreativitas dalam topik artikel.

*****

Nah, kalau sudah asik lomba, jangan lupa penuhi kebutuhan pokok di rumah saja ya. Anda fokus lomba aja. Urusan belanja titipkan ke Titipku. Ada Jatiper yang siap membelanjakan dan mengantarkan pesanan Anda. Yuk download aplikasi Titipku!

Tinggalkan Balasan