Sering Lupa Bawa Barang? Ikuti Tips Unitisasi Berikut Ini

belanjaan tertinggal, lupa belanjaan, belanjaan hilang, belanjaan ketinggalan, drama, bebas drama, mengingat, tips mengingat, strategi memori alam, unitisasi

belanjaan tertinggal, lupa belanjaan, belanjaan hilang, belanjaan ketinggalan, drama, bebas drama, mengingat, tips mengingat, strategi memori alam, unitisasi

Sudah selesai belanja di pasar, sudah barang, sudah bayar parkir, sudah hampir sampai rumah, eh baru ingat ada 2 kantung belanja tertinggal di pasar. Kalau drama ini terjadi, udah pasti males buat balik ke pasar. Tapi kalau tidak balik, kita yang rugi. Jadi, gimana dong?

Sering lupa bawa barang penting itu memang menyebalkan dan drama banget. Namun, jangan khawatir. Ada trik sederhana yang bisa Anda lakukan agar tidak lagi sering lupa bawa barang yang penting. Menurut Hallosehat.com, kita bisa menggunakan strategi memori alam atau unitisasi untuk menghindari kebaisaan lupa bawa barang. Strategi seperti apakah itu?

 

Mengenal Strategi Memori Alam

Menurut sebuah penelitian yang dipublikasikan di Journal Memory and Cognition, ada sebuah trik khusus yang bisa membantu seseorang yang sering lupa. Trik ini disebut dengan strategi memori alami atau unitisasi. Unitisasi adalah mengaitkan hubungan antara dua benda yang berbeda untuk menciptakan suatu skenario baru, yang bisa Anda bayangkan konsekuensi sebab-akibatnya.

Sederhananya begini: Anda sering lupa bawa payung (benda pertama), padahal cuaca sedang tak menentu. Sekarang, coba langsung gantungkan payung itu di gagang pintu depan rumah Anda (benda kedua). Jadi kali selanjutnya Anda akan pergi ke luar rumah, Anda langsung bisa melihat payung itu dan membawanya pergi bersama Anda.

Unitisasi bekerja dengan tiga tahap: gabungan, gerak, dan pemahaman mengenai urutan tindakan atau konsekuensi. Metode unitisasi ini secara tidak sadar akan membangun sebuah hubungan dalam otak Anda antara payung dan pintu (gabungan). Begitu akan pergi, otak akan menghubungkan payung dan pintu dengan “kegiatan luar rumah”, dan “kegiatan luar rumah” akan mengingatkan Anda untuk mengunci pintu (pemahaman atas konsekuensi). Dengan begitu, hal ini akan membuat Anda ingat dua hal sekaligus yaitu membawa payung sebelum keluar rumah dan mengunci pintu (urutan dan gerak).

Contoh

Trik unitisasi bisa Anda aplikasikan ke benda apapun yang Anda anggap penting untuk dibawa dan jangan sampai tertinggal. Misalnya taruh handphone di dekat tas kantor agar saat berangkat pagi, Anda otomatis langsung mengambil handphone dan tas kantor Anda, tanpa harus pikir panjang.

Jika kasusnya adalah barang belanjaan di pasar, Anda bisa menuliskan daftar belanja di notes handphone yang tampak di layar depan. Anda pastinya akan sering mengecek handphone kan? Jadi Anda bisa melihat daftar belanja saat membuka handphone, dengan demikian, Anda bisa melakukan presensi barang belanjaan sebelum pulang.

 

Nah, kini sudah tahu kan triknya supaya tidak kelupaan membawa barang belanjaan dari pasar? Sebenarnya, ada cara yang lebih sederhana loh, yaitu belanja saja #DariRumah pakai Titipku. Dengan belanja lewat Titipku, Anda tidak perlu repot mengurus barang belanjaan. Semua akan diproses oleh Jatiper Titipku. Anda tinggal terima saja barangnya dengan lengkap. Mau? Yuk download Titipku di sini dan mulai belanja praktis dan #BebasDrama bersama Titipku.

Tinggalkan Balasan