Makan Banyak Tetap Tidak Gemuk, Ini Caranya!

makan, makan banyak, kurus, tetap kurus, gemuk, tidak gemuk

makan, makan banyak, kurus, tetap kurus, gemuk, tidak gemuk

Saat kita melihat acara ASMR atau mukbang di YouTube, kadang kita heran dengan para talentnya. Mereka bisa makan banyak makanan dan badannya tetap ideal. Sementara, jika kita menirunya, hanya tunggu waktu sampai kita obesitas dan mendapat serentetan penyakit akibat lemak jahat.

Sebenarnya, para talent mukbang itu punya beberapa tips agar badan tetap terjaga meski makan banyak. Melansir dari Hellosehat.com, berikut beberapa tipsnya.

  1. Rutin Berolahraga

Porsi makan yang banyak, tetapi tidak disertai dengan aktivitas fisik yang cukup bisa menjadi salah satu penyebab berat badan naik. Jumlah kalori yang masuk ke tubuh menjadi tidak seimbang karena tidak dibakar dengan berolahraga. Akibatnya, makan banyak bisa membuat tubuh gemuk ketika energi tersebut tidak dibakar atau dipakai secara efektif.

Bila Anda suka ngemil dan makan makanan tinggi kalori tanpa berolahraga, tentu hal ini bisa memicu kenaikan berat badan. Itu sebabnya, cara agar tetap bisa makan banyak tapi tidak gemuk adalah dengan rutin berolahraga.

Usahakan untuk berolahraga intensitas sedang setidaknya selama 150 menit dalam satu minggu untuk mempertahankan berat badan Anda. Sederet jenis olahraga intensitas sedang antara lain: berjalan cepat, bersih-bersih rumah (menyapu, mengepel atau berkebun), atau bersepeda.

  1. Memperhatikan Pilihan Makanan

Tips kedua adalah kita perlu memperhatikan pilihan makanan yang dikonsumsi. Cobalah untuk membatasi makanan cepat saji (junk food) yang tentu tidak sehat bagi tubuh. Anda bisa memilih jenis makanan yang lebih bergizi, seperti sayur, buah, biji-bijian, dan kacang-kacangan. Bila diperlukan, usahakan untuk meningkatkan asupan makanan tinggi protein dan serat.

Dibandingkan karbohidrat dan lemak, protein dan serat menawarkan rasa kenyang yang lebih lama sehingga mencegah Anda untuk makan lebih banyak. Beberapa makanan sehat yang bisa dikonsumsi dalam jumlah wajar dan tidak membuat Anda gemuk meliputi: kentang rebus, telur, oatmeal, sup, jeruk, apel, dan pisang.

Nah makanan-makanan di atas bisa Anda pesan dari rumah loh pakai aplikasi Titipku. Di aplikasi ini, sudah tersedia banyak pedagang pasar yang siap memenuhi segala kebutuhan makanan sehat Anda. Nggak percaya? Download aplikasinya di sini dan mulai cek daftar pedagang dan produknya!

  1. Menjalani Kebiasaan Makan yang Sehat

Faktanya, Anda masih bisa makan banyak tapi tidak gemuk, asalkan menjalani kebiasaan makan yang sehat, yakni makan di saat perut lapar dan makan tanpa terburu-buru.

Salah satu kebiasaan makan agar bisa tetap makan banyak tapi tidak gemuk yaitu makan di saat perut kosong dan di waktu yang tepat. Usahakan untuk tidak melewatkan waktu makan karena bisa membuat tubuh menginginkan asupan makanan secara berlebihan. Makan berlebihan membuat tubuh kesulitan membakar kalori sehingga potensi gemuk menjadi besar.

Cara lain agar bisa makan banyak tapi tidak gemuk yaitu tidak terburu-buru dan tetap tenang saat makan. Makan terburu-buru justru bisa membuat Anda makan berlebihan karena otak tidak punya cukup waktu untuk menerima sinyal rasa kenyang. Sementara itu, makan dengan tenang dan perlahan bisa mengurangi jumlah makanan yang dikonsumsi. Pasalnya, otak bisa menerima sinyal kenyang dengan lebih efektif.

  1. Minum Banyak Air Putih

Makan banyak perlu diimbangi dengan asupan cairan yang cukup. Minum air bisa membantu menjaga berat badan karena beberapa alasan. Pertama, air putih dapat meningkatkan rasa kenyang dan membantu Anda menjaga asupan kalori tetap terkendali. Kedua, cara lain dari makan banyak tapi tidak gemuk ini dapat meningkatkan jumlah kalori yang akan dibakar sepanjang hari.

  1. Mendapatkan Tidur yang Cukup

Tahukah Anda bahwa tidur yang cukup merupakan kunci utama dari menjaga berat badan tetap ideal? Orang yang kurang tidur berisiko mengalami kenaikan berat badan dan obesitas. Kurang tidur dapat meningkatkan kadar hormon ghrelin, yakni hormon yang dapat menambah nafsu makan. Sementara itu, kadar hormon leptin yang memicu rasa kenyang menjadi lebih rendah. Artinya, tidak mendapatkan tidur yang cukup akan meningkatkan rasa lapar dan nafsu makan sehingga membuat Anda makan lebih banyak. Oleh sebab itu, usahakan untuk memiliki tidur yang berkualitas sebagai salah satu cara untuk tetap makan banyak.

Tinggalkan Balasan