Makanan Tahun Baru Favorit di Indonesia, Moms Suka yang Mana?

tahun baru 2023, makanan tahun baru, barbekyu tahun baru, barbecue tahun baru, daftar makanan tahun baru, makanan khas tahun baru

Pada artikel tahun lalu, MinTip sempat menuliskan makanan khas tahun baru di berbagai negara. Di perayaan tahun baru kali ini, MinTip ingin membagikan daftar makanan tahun baru favorit warga Indonesia.

Dari hasil penelusuran MinTip, rupanya makanan tahun baru Indonesia itu tak sekadar makanan yang dibakar loh. Ada beberapa makanan lain yang tampak menarik dan tidak kita sadari selalu hadir saat perayaan tahun baru.

Apa saja itu? Berikut delapan makanan tahun baru khas di Indonesia, dilansir dari Sonora.

Ayam Bakar

tahun baru 2023, makanan tahun baru, barbekyu tahun baru, barbecue tahun baru, daftar makanan tahun baru, makanan khas tahun baru

Makanan tahun baru Indonesia yang pertama adalah ayam bakar. Tahun baru identik dengan acara bakar-bakar atau barbekyuan, dan ayam menjadi salah satu bahan yang dibakar.

Ayam bisa dibakar dengan berbagai bumbu, mulai dari bumbu padang, bumbu kecap, hingga bumbu bakar madu.

Nah, bagi Moms yang ingin belajar cara membuat aneka bumbu bakar ayam, bisa cek di artikel di bawah ini ya!

Baca Juga:
Resep Ayam Bakar Tahun Baru Ini Bikin Ketagihan! Simak Resepnya
Makanan Khas Tahun Baru di Berbagai Negara
Perayaan Tahun Baru di Berbagai Negara

Jagung Bakar

Makanan tahun baru yang kedua adalah jagung bakar. Jagung bakar menjadi salah satu makanan yang wajib ada saat malam tahun baru di berbagai daerah di Indonesia. Bahkan, beberapa orang menjadikannya sebagai tradisi.

Nah, siapa di antara Moms nih yang punya tradisi memakan jagung bakar di perayaan tahun baru? Pastilah keluarga Anda giginya masih kuat-kuat. Hehehe..

Pizza

tahun baru 2023, makanan tahun baru, barbekyu tahun baru, barbecue tahun baru, daftar makanan tahun baru, makanan khas tahun baru

Kalau makanan tahun baru satu ini adalah untuk mereka yang tim mager atau mendamba kepraktisan. Tinggal pesan saja, maka pizza akan diantar ke rumah. Tak perlu nusukin daging ke tusuk sate, tak perlu badan bau asap bakar-bakar, dengan memesan pizza bisa langsung hap dan kenyang.

Martabak

Selain pizza, Moms juga bisa memesan martabak untuk perayaan tahun baru yang simpel.

Martabak juga bisa menjadi opsi hidangan yang disediakan di kala malam tahun baru. Porsinya yang banyak sangat cocok untuk disantap ramai-ramai.

Mau martabak manis atau asin, semuanya enak kok. Jangan lupa beli di tempat langganan aja ya biar nggak zonk rasanya.

Ikan Bakar

tahun baru 2023, makanan tahun baru, barbekyu tahun baru, barbecue tahun baru, daftar makanan tahun baru, makanan khas tahun baru

Selain ayam, ikan juga bisa menjadi bahan makanan yang dibakar. Bumbu yang digunakan untuk ikan bakar bisa menyesuaikan dengan bumbu ayam bakar yang dibuat. Jadi, sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui kan?

Sosis bakar

Sosis bakar, otak-otak, dan sebagainya juga bisa menjadi pelengkap hidangan di malam tahun baru. Biasanya sosis dibumbui dengan saus barbeque dan mayonaise agar lebih sedap.

Pastikan pilih sosis yang bisa dibakar ya. Jangan beli sosis yang siap santap karena tidak cocok untuk dibakar.

Mie Goreng

tahun baru 2023, makanan tahun baru, barbekyu tahun baru, barbecue tahun baru, daftar makanan tahun baru, makanan khas tahun baru

Masakan tahun baru selanjutnya adalah mie goreng. Mie biasanya jadi menu tahun baru wajib di berbagai negara, karena menceminkan tahun panjang atau panjang umur.

Tradisi yang berasal dari perayaan ulang tahun di negara seperti China ini dibawa ke Indonesia dan menjadi tradisi di dalam negeri juga. Indah banget ya keberagaman ini Moms.

Keripik

Jenis masakan tahun baru yang terakhir adalah keripik. Berbagai jenis keripik kesukaan juga bisa jadi pilihan untuk dimakan saat bercengkerama dan bercerita saat kumpul malam tahun baru. Keripik yang wajib ada biasanya terbuat dari singkong, ubi, kentang, dan jagung.

Selain ringan, mengonsumsi keripik juga bisa sambil disambi, seperti disambi main game bareng teman di malam tahun baru.

*****

Nah, di tahun baru nanti Moms mau nyiapin makanan yang mana nih? Kalau MinTip sih pastinya sosis bakar, ikan bakar, dan ayam bakar. Untuk bahannya, MinTip mau beli di Titipku nih biar lebih praktis!

Moms kira-kira mau belanja praktis pakai Titipku juga nggak? Mau ya? Ada promo menarik loh di Titipku tuh.

Yuk langsung belanja aja di Titipku! Download aplikasinya di Google Playstore atau Apple Appstore.

Satu tanggapan pada “Makanan Tahun Baru Favorit di Indonesia, Moms Suka yang Mana?”

Tinggalkan Balasan