Makanan yang Sebaiknya Disantap Usai Vaksin COVID-19

Titipku – Menurut sebuah studi, nutrisi memainkan peran utama dalam kemanjuran vaksin, termasuk vaksin covid-19. Pemantauan nutrisi mungkin merupakan cara yang praktis dan murah untuk mempengaruhi hasil vaksinasi. Dilansir dari detik.com, studi tersebut menunjukkan gizi yang baik adalah kunci untuk memperkuat tanggapan kekebalan terhadap vaksin BCG tuberculosis (TB) dan pengobatan TB itu sendiri.

Sementara itu, tak ada makanan yang lebih dianjurkan dibanding makanan dengan gizi seimbang sebagai makanan usai suntik vaksin. Pasalnya tak ada makanan yang bakal langsung memberi peningkatan kekebalan usai vaksin, mengonsumsi makanan yang sehat dapat membantu mendukung sistem kekebalan yang sehat.

Makanlah banyak sayuran, buah-buahan, biji-bijian, yogurt dan makanan fermentasi, seperti kimchi dan sauerkraut, untuk menjaga tubuhmu agar mendapat hasil vaksin yang maksimal.

Ketika didorong untuk memakan sayuran dan buah, sebaliknya, ada baiknya untuk sejenak menghindari makanan cepat saji dan juga minuman beralkohol. Sejumlah negara melarang meminum alkohol sebelum dan setelah disuntik vaksin Covid-19. Pasalnya, dikhawatirkan alkohol memiliki efek samping terhadap vaksin Covid-19.

Efek samping vaksin Covid-19 berupa demam

 

Jika kamu mengalami demam setelah vaksin Covid-19, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) merekomendasikan untuk minum banyak air dan berpakaian longgar. Jika efek yang dirasakan setelah menerima vaksin adalah kelelahan parah, istirahat dan relaksasi adalah solusi terbaik .

Efek samping berupa demam sering kali terjadi satu hari setelah vaksin Covid-19. Oleh karena itu, banyak dokter merekomendasikan agar orang-orang tidak memilih jadwal vaksin sebelum hari kerja yang sibuk, agar tidak lesu dan kelelahan di keesokan harinya. Atau, kamu juga bisa menghindari jadwal padat sehari setelah divaksin.

Efek samping vaksin Covid-19 berupa sakit kepala

Dokter unit perawatan intensif dan dokter paru-paru, Dr Vin Gupta mengatakan, obat pereda nyeri sebaiknya tidak dikonsumsi sebelum vaksinasi, namun boleh dikonsumsi setelahnya jika muncul gejala nyeri atau sakit kepala.

*****

Dalam memenuhi gizi seimbang setelah pemberian vaksin, kamu bisa berbelanja tanpa ke luar rumah menggunakan aplikasi Titipku. Nah di Titipku sendiri ada sejumlah promo yang bisa buat belanjaanmu makin hemat. 

Download aplikasi Titipku di sini.

Tinggalkan Balasan