Makanan yang Tidak Memiliki Tanggal Kadaluarsa

makanan yang tidak memiliki tanggal kadaluarsa, bahan yang tidak memiliki tanggal kadaluarsa,

Titipku.com – Makanan yang masuk dalam tubuh kita memang perlu diperhatikan kualitasnya. Salah-salah tubuh dapat keracunan karena zat berbahaya dalam makanan. Terlebih saat makanan-makanan yang kamu konsumsi sudah melewati tanggal kadaluwarsa yang berarti tidak dapat mengonsumsi. Nah tahukah kamu bahwa ada 5 jenis makanan yang tidak memiliki tanggal kadaluarsa? Cekidot.

  • Madu

 

makanan yang tidak memiliki tanggal kadaluarsa, bahan yang tidak memiliki tanggal kadaluarsa,
Instagram via @urbanairegypsy

Madu adalah salah satu makanan yang tidak memiliki tanggal kadaluarsa dan benar-benar unik. Madu ini bisa bertahan selamanya berkat komposisi kimianya yang membuat sangat sulit bagi pertumbuhan bakteri. Madu bisa disimpan tanpa batas waktu dan tidak memiliki batas waktu dan tidak memiliki batas kadaluarsa. Madu mungkin dapat mengkristal. Namun tidak mempengaruhi kualitas dan keamanannya.

Sementara itu, menggali salah satu piramida Mesir para arkeolog menemukan beberapa toples madu. Usia rata-rata temuan National Geographic tentang madu itu sekitar 2000 hingga 3000 tahun. Ini masih sangat bisa dimakan, bahkan para arkeolog mencicipinya! Beberapa tahun kemudian, Eurasianet juga menemukan madu berumur lima ribu tahun ditemukan di Georgia.

  • Beras Putih

makanan yang tidak memiliki tanggal kadaluarsa, bahan yang tidak memiliki tanggal kadaluarsa,
Instagram via @rinetainelia

Beras merah masih bisa rusak. Namun tidak dengan beras putih. Jika kamu bisa menyimpannya dengan benar maka beras putih akan tahan hingga kapan saja.

Pastikan kamu menyimpannya dalam wadah kedap udara dan jauh dari gangguan serangga. Suhu terbaik untuk menyimpan beras ada pada 4,5 derajat Celcius atau dibawahnya. Lebih baik menyimpan beras dalam wadah plastik untuk makanan atau dalam toples kaac. Sebagaimana yang ditunjukkan oleh sebuah studi di Utah State Universty Extension, dalam kondisi ini beras bisa disimpan sampai 30 tahun dan tidak kehilangan aroma atau nilai nutrisinya.

  • Garam

bumbu dapur, bahan memasak wajib di dapur, bawang putih, bawang merah, cabai, minyak, garam, gula
Ilustrasi garam

Garam juga tidak mempunyai batas kadaluarsa. Ia akan tahan selama bertahun-tahun. Garam merupakan mineral, bukan produk karena itulah tidak mungkin merusaknya. Tentu saja, mineral tersebbut bisa cepat menyerap air, berubah menjadi satu batu besar seiring berjalannnya waktu. Namun akhirnya garam tetaplah garam.

Menurut L.L Diosady, ingat bahwa garam beryodiu hanya sekitar satu tahun. Selama periode ni yodum biasanya menguap dan aram kehilangan kualitas yang bergua. Meski kamu masih menggunakannya sebagai garam biasa.

  • Gula

cara menghilangkan pedas di mulut, makanan yang tidak memiliki tanggal kadaluarsa
ilustrasi gula

Sama seperti garam, gula tidak menyebabkan pertumbuhan bakteri dan aman. Cukup simpan dengan benar dalam wadah kedap udara di tempat yang sejuk dan kering. Bahkan jika gula meyerap air dar udara maka akan berubah menjadi batu padat. Ia pun tidak kehilangan kualitasnya.

  • Kacang kering

makanan yang tidak memiliki tanggal kadaluarsa, bahan yang tidak memiliki tanggal kadaluarsa,
Instagram via @hugmamastore

Kacang kering dikatakan memiliki umur simpan yang tidak terbatas. Simpan mereka selama dua tahun berturut-turut dan mereka sama sekali tidak akan kehilangan nilai gizi. Mungkin mereka akan menjadi kering dan mengkerut. Namun sama sekali tidak kehilangan nilai gizi. Periset dari Brigham Young University telah menemukan bahwa setelah 30 tahun menyimpan.

Demikian 5 makanan yang tidak memiliki tanggal kadaluarsa! Sebenarnya ada yang lain, namun kami pilih 5 yang paling umum. Ohya untuk kamu yang ingin titip belanja ke pasar, bisa pesan melalui Titipku! Beli bahan-bahan yang tidak ada tanggal kadaluarsanya ini menjadi semakin praktis.

Selain titip belanja ke pasar, kamu juga bisa titip oleh-oleh makanan khas daerah! 🙂 Yuk download aplikasi Titipku sekarang!

Penulis: Setya

pembelajar penyuka seni, juga literasi

Tinggalkan Balasan