Mana Sambal yang Lebih Enak: Ulek, Tumbuk atau Blender?

sambel ulek, sambal tumbuk, sambal blender

Titipku.com – Pada umumnya ada tiga metode digunakan oleh masyarakat Indonesia untuk membuat sambal. Ulek dan tumbuk merupakan metode tradisional yang digunakan oleh banyak orang dalam membuat sambal. Pada perkembangannya, teknologi semakin maju dan blender menjadi alternatif praktis membuat sambal. Mana sambal yang lebih enak nih, ulek, tumbuk atau blender?

Menurut koki restoran KAUM, Rochmad Hidayat pada acara workshop membuat sambal di KAUM yang dikutip dari Kompas.com mengatakan “Sebenarnya sambal yang paling enak dibuat dengan metode tumbuk, daripada ulek atau blender.”

sambel ulek, sambal tumbuk, sambal blender titipku
Instagram via @mery_link

Rachmad mengatakan bahwa metoode tumbuk membuat sari bahan seperti sambal, bawang, tomat, dan lainnya keluar lebih baik daripadad metode ulek. Akan tetapi metode ulek terbilang lebih sulit karena seringkali air dari bahan sambal muncrat dan beresiko terkena mata.

Dibandingkan metode tumbuk, mengulek mempunyai keunggulan dari segi kemudahan. Namun bisa juga dapat dikatakan mengulek juga butuh keahlian tertentu.

“Mengulek itu satu arah, apalagi kalau untuk pemula. mengulek bisa menyebabkan keseleo.”lanjut Rachmad.

Terakhir adalah blender. Alternatif termudah dan paling praktis. Rachmad mengatakan ada teknik tertentu untuk membuat sambel dari blender yakni pisau yang digunakan adalah pisau choppee atau blender kasar. Bukan blender buah.

“Blender di setel kemudian dipaksakan. Kadar air yang keluar dari bahan keluar terlalu banyak jadi sambal lebih berair.”

Makanya tidak heran bukan, bagi penggemar makanan Nusantara, metode membuat sambal juga menjadi perhatian utama. Pasalnya metode membuat sambal pada akhirnya menghasilkan rasa yang berbeda.

Bagaimana kalau kamu? 🙂

sambel ulek, sambel tumbuk, sambel blender,
Instagram via @royifazulmaldy

Yuk Beli Bahan-Bahan Sambel Ekonomis Ini dari Pasar!

Hai hai!! Buat kamu yang hobi masak ataupun masih belajar masak tak masalah untuk coba buat sambal dengan cara di ulek, ditumbuk, atau diblender. Nah baca nih resep sambel tumpang yang mungkin bisa jadi referensi sambalmu. Bahan-bahannya bisa kamu beli langsung dari pasar melalui Titipku. 🙂

Kalau kamu di Jogja, kamu bisa pilih pasar sesuai kebutuhan kamu dari Titip ke Pasar by Titipku:

Pasar Beringharjo
Pasar Kranggan
Pasar Demangan
Pasar Sambilegi
Pasar Condongcatur
Pasar Prawirotaman, dll

Dengan kamu membeli dari pedagang pasar, secara otomatis kamu telah mendukung tulang punggung Indonesia dalam memajukan perekonomian bangsa.

Penulis: Setya

pembelajar penyuka seni, juga literasi

Satu tanggapan pada “Mana Sambal yang Lebih Enak: Ulek, Tumbuk atau Blender?”

Tinggalkan Balasan