5 Manfaat Anggur Merah Bagi Kesehatan

anggur merah, redgrapes, manfaat anggur merah untuk kesehatan

Titipku.com – Dahulu, buah anggur merah beserta olahanya sering dihidangkan untuk kaum bangsawan dan raja-raja. Jika dahulu anggur merah dikenal sebagai buah mewah, kini anggur bisa dibeli di pasar dengan harga wajar. Tapi tidak salah juga lho bahwa anggur ini didaulat menjadi buah para raja. Ada segudang manfaat anggur merah yang bisa kamu dapatkan. Belum percaya? Simak manfaat anggur merah bagi kesehatan berikut ini.

anggur merah, redgrapes, manfaat anggur merah untuk kesehatan
Instagram via @art_photo.gallery

Beda anggur merah, anggur hitam, dan anggur hijau

Anggur merah mempunyai sedikit kandungan kalori daripada nggur hijau (yang dikenal pula dengan sebutan anggur putih). Selain itu, manfaat anggur merah bagi kesehatan juga lebih besar daripada anggur hijau. Hal ini terjadi karena semakin pekat warna buah-buahan, kandungan fitonutrien dan antioksidannya semakin besar.

Kandungan nutrisi anggur merah sangat mirip dengan anggur hitam. Perbedaan ini yang rupanya paling mencolok antar akedua jenis buah anggur ini hanyalah rasa. Buah anggur hitam mempunyai rasa yang lebih kuat dan lebih manis daripada anggur merah.

Manfaat anggur merah bagi kesehatan

Selain bisa menjaga kesehatan, makan anggur merah juga baik untuk menjaga kecantikan apalagi jika rutin memakan buah anggur ini. Berikut adalah beberapa manfaat anggr merah untuk kesehatan dan kecantikan.

  • Mencegah Kanker

Anggur merah ini kaya akan kandungan resveratrol, yakni sejenis antioksidan yang berfungsi untuk mencegah pertumbuhan sel kanker dalam tubuh. Kandungan ini juga baik untuk menghalau radiasi berbahaya misalnya sinar ultraviolet A (UVA) dan B (UVB) dari sengatan matahari. Paparan radiasi ini sangat berisiko menyebabkan kanker kulit.

  • Melawan Penuaan Dini

Kandungan antioksidan dalam anggur merah mempunyai fungsi untuk menangkap radikal bebas dalam tubuh. Radikal bebas berassal dari polusi, bahan kimia dari makanan atau produk perawatan kulit, juga dari rokok. Radikal bebas akan merusak dan membunuh bebagai sel dalam tubuh. Kerusakan sel ini bisa menyebabkan penuaan dini. Gejalanya antara lain adalah kulit keriput, rambut beruban, ataupun tulang keropos.

anggur merah, redgrapes, manfaat anggur merah untuk kesehatan
Instagram via @alicia_papanikou
  • Menjaga Kesehatan Otak

Manfaat anggur merah juga bisa dirasakan oleh otak Anda. Revesratol dalam anggur merah dapat memperlancar peredarah darh menuju ke otak. Darah dibuuthkan otak sebagai sumber oksigen dan zat gizi agar bisa berfungsi dengan baik. Selain itu, sebuah penelitian di Jerman membuktikan bahwa revestratrol dapat memperkuat daya ingat manusia.

  • Meredakan gejala alergi dan peradangan

Anggur merah mempunyai sifat antiperadangan antihistamin. Makanya, buah ini baik dikonsumsi untuk kamu yang mungkin sedang radang paru, radang tenggorokan atau radang usus buntu. Sementara itu, antihistamin dibutuhkan oelh tubuh saat histamin (zat alami yag diproduksi sistem kekebalan tubuh manusia) bereaksi secara berlebihan. Reaksi histamin ini dapat memunculkan gejala alergi.

  • Menyeimbangkan kadar kolesterol

Buah ini berkhasiat untu menyeimbangkan kadar kolesterol berkat kandungan saponin. Zat ini dapat menangkap kelebihan kolesterol dalam tubuh sebelum diserap ke dalam darah. Dengan demikian, kadar kolesterol akan tetap seimbang. Kadang kolesterol seimbang dapat menjauhkan kamu dari penyakit misalnya obesitas dan penyakit jantung.

Yuk Beli Anggur Merah untuk Kesehatanmu via Titipku!

Harga spesial anggur merah dari pasar, kamu bisa dapatkan langsung segar dan kandungan nutrisinya! Pesan anggur merah untuk manfaat anggur merah untuk kesehatan bisa kamu temukan dengan mudah melalui Titipku!

Sumber: hellosehat.com

Penulis: Setya

pembelajar penyuka seni, juga literasi

Tinggalkan Balasan