Manfaat Baik Merica yang Perlu Anda Tahu

merica, pepper, merica bubuk, manfaat merica, manfaat baik merica

merica, pepper, merica bubuk, manfaat merica, manfaat baik merica

Merica, rempah pedas yang bisa buat bersin dan mata pedih ini rupanya tidak hanya sekadar dijadikan bumbu penyedap semata. Merica kaya akan kandungan gizi yang bisa bermanfaat baik untuk tubuh. Dengan menambahkan bumbu merica pada masakan yang dikonsumsi sehari-hari, bisa menjadi salah satu cara untuk mendapatkan manfaat baik merica.

Melansir dari Merdeka.com, berikut sejumlah manfaat baik merica.

 

Membantu Menurunkan Berat Badan

Manfaat baik merica bagi kesehatan yang pertama yaitu dapat membantu menurunkan berat badan. Dalam hal ini, lada putih atau merica mempunyai kandungan capsaicin yang membantu membakar lemak. Tidak heran, jika banyak obat penurun berat badan mengandung zat aktif capsaicin untuk membantu pembakaran lemak.

Meredakan Batuk

Manfaat baik merica yang kedua adalah mampu meredakan batuk. Merica merupakan dekongestan yang bersifat panas. Panas yang dihasilkan oleh merica dapat membantu membersihkan saluran hidung. Lada putih bila dikonsumsi bersama madu mentah dapat berperan sebagai antibiotik dan melawan infeksi saluran hidung dan mengatasi masalah batuk dan pilek.

Menjaga Kesehatan Jantung

Sifat panas pada rempah satu ini dapat mendorong keluarnya keringat dalam tubuh. Pengeluaran cairan dari tubuh baik sangat baik untuk kesehatan jantung.

Meningkatkan Penglihatan

Manfaat ini bisa Anda dapatkan dengan mencampurkan merica dengan adas manis, bubuk almond, atau gula. Campuran beberapa bahan ini dinilai sangat efektif untuk meningkatkan fungsi penglihatan dengan baik. Jika Anda mengalami gangguan penurunan fungsi mata, Anda bisa menerapkan tips yang satu ini.

Eksfoliasi Kulit

Lada putih yang dihaluskan bisa digunakan untuk mengeksfoliasi atau mengangkat sel-sel mati pada permukaan kulit. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan kulit yang sehat dan lembut setelah menggunakan merica sebagai eksfoliasi. Bukan hanya itu, merica juga memiliki kandungan antioksidan yang dapat meningkatkan sirkulasi darah dan membuat kulit lebih muda.

Memperkuat Tulang

Merica merupakan sumber mineral seperti tembaga, magnesium, dan mangan yang mendukung kekuatan tulang. Terutama bagi wanita, risiko melemahnya tulang seiring bertambah usia akan semakin tinggi. Dengan begitu, konsumsi merica sangat baik untuk meningkatkan kesehatan tulang di usia lanjut.

Mencegah Kanker

Merica mempunyai kandungan capsaicin, yaitu zat aktif yang memberikan rasa panas dan sedikit pedas. Ternyata kandungan ini dapat bekerja melawan sel kanker dalam tubuh. Manfaat ini pun telah dibuktikan pada beberapa penelitian, salah satunya merica dapat membantu mengobati kanker prostat dengan efektif.

Baik untuk Sistem Pencernaan

Merica membantu merangsang tubuh untuk mengeluarkan asam klorida yang penting untuk proses pencernaan. Kandungan serat pada merica bekerja merangsang gerak peristaltik dan sekresi asam lambung yang meningkatkan kesehatan pencernaan dengan memperlancar buang air besar.

Mencegah Perut Kembung dan Maag

Kandungan capsaicin yang ada dalam lada putih dapat meningkatkan kerja sistem pencernaan dengan baik. Hal ini sangat berguna untuk mencegah penyakit maag. Konsumsi merica juga dapat menghilangkan bakteri dan menstabilkan keasaman di perut dengan melindungi dari masalah pencernaan lainnya. Selain itu, merica memiliki sifat karminatif yang dapat mencegah pembentukan gas dalam usus. Ini juga sangat berguna bagi Anda yang sering mengalami masalah kembung setelah makan.

Bermanfaat bagi Penderita Anoreksia

Seperti diketahui, lada putih mempunyai kandungan yang dapat melancarkan pencernaan dan merangsang nafsu makan. Tentu hal ini sangat baik dikonsumsi bagi penderita gangguan makan anoreksia. Dengan mengonsumsi merica, penderita bisa mendapatkan nafsu makan lebih tinggi.

*****

Gimana? Rupanya merica memiliki manfaat yang sangat baik ya untuk tubuh. Nah, maka dari itu merica tak boleh absen dari dapur. Jika merica di rumah habis, langsung pasok dengan membelinya secara online lewat aplikasi Titipku. Download Titipku sekarang!

Tinggalkan Balasan