Manfaat Bawang Lanang yang Banyak Diburu

TitipkuBawang putih merupakan salah satu bumbu dapur paling berkhasiat. Salah satu jenis bawang putih yang sering digunakan untuk kesehatan adalah bawang lanang atau bawang putih tunggal. Sesuai dengan namanya, bawang putih tunggal ini hanya berdiri sendiri atau hanya mempunyai satu buah saja.

Berikut manfaat bawang putih tunggal atau yang sering disebut bawang lanang:

 

  1. Menurunkan kolesterol jahat

Senyawa allicin yang ada dalam bawang putih tunggal bisa membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Setidaknya, kadar kolesterol bisa turun hingga 12% jika bawang putih tunggal dikonsumsi secara berkala selama 4 minggu.

  1. Menghindari komplikasi kehamilan

Bagi ibu hamil, bawang putih tunggal juga direkomendasikan untuk dikonsumsi. Khasiat bawang putih lanang untuk ibu hamil adalah guna menghindari risiko komplikasi kehamilan. Lewat kandungan di dalamnya, bawang putih tunggal bisa memaksimalkan kinerja enzim yang biasanya menurun saat ibu tengah mengandung. 

Baca Juga: Tips Membuat Minyak Bawang

Tak hanya itu. Manfaat bawang putih tunggal juga mengurangi risiko ibu hamil mengalami preeklamsia. Untuk tahu dosis yang pas, sebaiknya tanyakan kepada dokter kandungan masing-masing.

  1. Menjaga tubuh tetap bugar

Penyakit mudah menginfeksi seseorang ketika daya tahan tubuhnya menurun. Mengonsumsi bawang putih tunggal secara rutin dapat membantu menjaga tubuh tetap bugar.  Hal ini berkhasiat karena bawang putih tunggal mengandung senyawa yang bisa menjaga tubuh dari serangan infeksi virus hingga bakteri.

  1. Menjaga daya ingat

Daya ingat atau memori adalah bagian krusial dari fungsi kognitif seseorang. Kabar baiknya, kandungan senyawa dalam bawang putih tunggal bisa menjaga kondisi kerusakan sel neuron pada otak. Tak hanya itu, manfaat bawang putih tunggal juga menjadi stimulus pertumbuhan sel neuron.

  1. Mencegah kanker

Manfaat lain dari bawang putih lanang untuk kesehatan adalah mencegah kanker, utamanya kanker yang berhubungan dengan usus. Ini terjadi berkat kandungan organosulfur yang membantu tubuh dalam proses detoksifikasi.

 

Nah itu dia beberapa manfaat dari bawang lanang. Bagi kamu yang tertarik untuk membeli bawang ini bisa loh menggunakan aplikasi Titipku. di Titipku, ada beberapa pedagang yang menjual produk bawang putih tunggal ini. Salah satunya adalah di Kios Rempah Bu Yulianti Pasar Beringharjo Yogyakarta.

Pesan sekarang sebelum kehabisan. Mumpung ada promo ongkir juga loh di Bulan Februari ini. Download aplikasi Titipku di Playstore ya.

Tinggalkan Balasan