Manfaat Buah Apel: Nomor Dua Oke Banget!

apel, apple, buah apel, apple fruit, buah, manfaat apel, kandungan gizi buah apel, manfaat buah apel

Apel, siapa yang tahu buah ini? Apel adalah buah yang populer di seluruh dunia. Di Indonesia sendiri, ada beberapa apel yang kita kenal seperti apel fuji dan apel Malang yang khas dengan warna hijau segarnya. Selain dimakan langsung, buah ini juga enak jika dibuat jus atau dibuat pie apel. Tak hanya enak, manfaat buah apel juga sangat baik untuk tubuh.

Berbagai penelitian setuju bahwa buah apel memiliki banyak manfaat menakjubkan untuk tubuh. Benarkah buah ini dapat mencegah berbagai penyakit?

 

KANDUNGAN GIZI BUAH APEL

apel, apple, buah apel, apple fruit, buah, manfaat apel, kandungan gizi buah apel, manfaat buah apel

Berikut adalah fakta gizi dari kandungan di dalam buah apel yang dihitung per 100 gram.

  • Kalori: 58
  • Air: 84,1 gr
  • Protein: 0,3 gr
  • Karbohidrat: 14,9 gr
  • Vitamin C: 5 mg
  • Serat: 2,6 gr
  • Kalsium: 6 mg
  • Fosfor: 10 mg
  • Natrium: 2 mg
  • Vitamin A: 90 mcg
  • Kalium: 130,0 mg
  • Tembaga: 124,20 mg
  • Vitamin B2: 0,03 mg
  • Zinc: 0,3 mg
  • Vitamin B1: 0,04 mg

 

MANFAAT BUAH APEL BAGI KESEHATAN

Titipku, Titip Belanja, Titip Belanja Apa Saja, Titip Belanja di Supermarket, Titip belanja produk UKM, Titip belanja produk UMKM, titip belanja di swalayan, titip belanja di pasar, titip belanja di pasar tradisional, titip belanja di pasar modern, swalayan, supermarket, pasar modern, pasar tradisional, pasar, UKM, UMKM, produk UMKM, produk UKM, Promo Titipku, Diskon Titipku, Potongan ongkir Titipku, Potongan harga Titipku, Belanja di Supermarket, belanja produk UKM, belanja produk UMKM, belanja di swalayan, belanja di pasar, belanja di pasar tradisional, belanja di pasar modern

Lalu, apa manfaat kandungan gizi buah apel bagi tubuh? Yuk simak manfaat buah apel bagi tubuh yang dikutip dari Hellosehat berikut ini.

  • Menjaga Kesehatan Jantung

Di dalam buah apel, terdapat beberapa kandungan yang dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Salah satunya adalah adanya senyawa polifenol yang berfungsi sebagai antioksidan. Tidak hanya itu saja, senyawa polifenol berupa flavonoid epicatechin juga dapat membantu menurunkan tekanan darah serta risiko stroke. Perlu diketahui pula bahwa manfaat polifenol dalam buah apel berada di bagian kulitnya. Maka dari itu, sebaiknya Anda tidak perlu mengupas bagian kulit apel saat hendak memakannya.

  • Membantu Menurunkan Berat Badan

Serat dalam apel ada yang bersifat tidak larut dan larut. Serat larut yang disebut pektin dalam buah apel bermanfaat untuk membantu mengendalikan kadar gula dalam darah. Kandungan serat dan air pada buah apel tidak hanya menjaga kesehatan pencernaan, tetapi juga membantu Anda agar lebih cepat kenyang sehingga dapat membantu menurunkan berat badan. Maka dari itu, hal ini pula yang menjadikan buah apel juga bermanfaat untuk membantu menjaga keseimbangan serta menurunkan berat badan.

  • Kaya Akan Kandungan Antioksidan

Apel juga mengandung beta karoten (vitamin A) yang bermanfaat sebagai sumber antioksidan. Perlu diketahui pula bahwa beta karoten adalah pigmen tumbuhan yang memberikan warna cerah seperti merah, orange, dan juga kuning. Manfaat beta karoten pada buah apel adalah membantu mengurangi dan mencegah terjadinya stres oksidatif di dalam tubuh. Maka dari itu, senyawa antioksidan ini juga dapat membantu melindungi mata dari hilangnya penglihatan, melindungi kulit dari efek buruk sinar matahari, hingga gangguan kognitif seperti penyakit Alzheimer.

  • Menurunkan Risiko Diabetes

Buah apel dipercaya dapat menurunkan risiko Anda mengalami diabetes tipe 2. Hal ini dikarenakan adanya kandungan polifenol pada buah apel sehingga membantu mencegah kerusakan jaringan serta sel beta di pankreas. Sel beta ini dapat menghasilkan insulin dan seringkali mengalami kerusakan pada penderita diabetes tipe 2. Lalu, kandungan serat dalam buah apel juga bermanfaat untuk memberi makan pada bakteri baik di dalam usus sehingga dapat membantu melindungi Anda dari diabetes tipe 2.

  • Mencegah Terjadinya Kanker

Warna merah yang mendominasi sebagian besar jenis buah apel berasal dari kandungan antosianin yang mempunyai manfaat antiradang dan antikanker. Kandungan fitonutrien dalam apel dapat membantu melindungi tubuh hewan dari kanker paru dan kanker usus. Salah satu flavonol yang ditemukan di apel juga dapat mencegah dan mengurangi risiko terjadinya kanker pankreas

  • Melawan Penyakit Asma

Antioksidan berperan penting dalam menjaga kesehatan tubuh, terutama karena fungsinya untuk menangkal efek buruk radikal bebas seperti kerusakan sel. Kandungan antioksidan di dalam buah apel juga bermanfaat untuk melindungi paru-paru dari kerusakan oksidatif sehingga menurunkan risiko asma. Dapat dikatakan bahwa antioksidan serta antiinflamasi di dalam buah apel dapat membantu tubuh mengatur respons imun dan melindungi reaksi alergi seperti serangan asma.

  • Menjaga Kesehatan Tulang

Sebagian jenis mineral yang ada di dalam buah apel adalah kalium serta zat besi. Kedua kandungan ini bermanfaat untuk menjaga kepadatan serta kekuatan tulang. Tidak hanya itu saja, senyawa antioksidan dan anti-inflamasi dalam buah apel juga bermanfaat untuk menjaga dan meningkatkan massa tulang seiring bertambahnya usia.

*****

Jika Anda butuh buah apel setelah membaca informasi di atas, Anda bisa membelinya di Titipku. Aplikasi belanja online dari pasar terdekat ini memungkinkan Anda membeli berbagai jenis apel dari pedagang buah di pasar. Tinggal pesan, bayar, lalu tunggu kurir Titipku yang bernama Jatiper datang ke rumah mengantarkan pesanan buah apel Anda. Mau? Cusss download Titipku sekarang!

Tinggalkan Balasan