Manfaat Buah Leci, Buah Manis dan Asam yang Punya Sensasi Unik!

Titipku – Tampaknya buah leci sekarang menjadi tren tersendiri. Mendadak banyak pengusaha dan UMKM di seluruh Indonesia menjajakan buah leci. Buah leci tergolong buah yang unik karena memiliki sensasi rasa yang aneh. Buah leci memiliki rasa manis yang segar, namun juga ada perpaduan asam.

Nutrisi Leci

Seperti buah lainnya, leci juga memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh karena kandungan nutrisinya. Sekitar 100 gram buah leci mengandung nutrisi, seperti:

  • Kalori: 66 kalori
  • Protein: 0,8 gram
  • Karbohidrat: 16,5 gram
  • Gula: 15,2 gram
  • Serat: 1,3 gram
  • Lemak: 0,4 gram

Manfaat Leci

Dari kandungan tersebut, buah leci memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh lho. Apa saja? Yuk simak rangkuman dari Hellosehat.com:

Meningkatkan sistem imun

Buah leci mengandung banyak vitamin C dan berbagai jenis vitamin B, seperti niacin, riboflavin, dan tiamin. Selain itu, buah manis ini juga dilengkapi dengan asam folat, kalium, dan tembaga.

Kandungan vitamin C dari buah leci dapat memberikan manfaat untuk sistem imun dalam melawan virus dan bakteri penyebab infeksi. Sementara itu, vitamin B yang terkandung di dalamnya dapat menjaga fungsi saraf, meningkatkan metabolisme, dan menjaga kesehatan jantung serta otak.

Menjaga tekanan darah dan jantung

Nah, salah satu cara untuk mencegah penyakit pertensi dan meningkatkan risiko penyakit jantung tersebut adalah dengan makan buah leci. Kandungan kalium pada buah leci (324 mg per 100 gram) dapat mengurangi kadar natrium yang tinggi sehingga baik untuk jantung.

Baca juga: 5 Manfaat Buah Nangka yang Jarang diketahui Orang

Menjaga sistem pencernaan

Sayur dan buah memiliki banyak serat, termasuk buah leci. Serat dari buah leci dapat menyerap air sehingga membuat tinja lebih lunak. Dengan begitu, kamu akan terhindar dari sembelit karena feses lebih mudah dikeluarkan dari tubuh.

Menjaga kadar gula darah

Serat pada buah leci juga memiliki manfaat untuk memperlambat proses penyerapan glukosa di usus. Melambatnya proses penyerapan ini membuat kadar gula dalam darah tidak akan melonjak tinggi secara tiba-tiba.

Oleh karena alasan itulah, buah ini baik untuk penderita diabetes. Lakukan konsultasi pada dokter supaya kamu tahu seberapa banyak asupan buah leci yang aman untuk diabetesi.

Baca juga: 4 Manfaat Nanas untuk Pencernaan

#dirumahaja

Ingin membeli leci? Buka aja aplikasi Titipku! Tetap ikuti anjuran pemerintah untuk #dirumahaja, dan beli buah leci via online dengan aplikasi Titipku. Yups, kamu bisa menjelajah berbagai produk UMKM Indonesia termasuk penjual buah leci di dalamnya dengan harga asli dari UMKM lho!

Kamu bisa membeli buah leci secara online dengan klik link dibawah ini ya!

  1. Gi Shop https://titipku.page.link/51wZ
  2. Kelontong Telor Kimfong https://titipku.page.link/E71V

Download aplikasi Titipku di sini yaa.

 

Tinggalkan Balasan