Manfaat Buah Stroberi yang Ini Nomor 1 Simpel Banget!

Titipku.com – Stroberi atau strawberry merupakan salah satu tanaman buah yang paling populer di seluruh dunia. Salah satu spesies tanaman stroberi yang banyak tersebar adalah fragaria chiloensis L karena tersebar di Amerika, Eropa, dan Asia.

Sedang spesies lain adalah F.vesa L yang lebih menyebar luas daripada spesies lain. Jenis stroberi ini juga pertama kali masuk ke Indonesia. Buah dengan biji di luar ini memiliki segudang manfaat baik untuk tubuh. Nah apa saja manfaat buah stroberi tersebut? Simak selengkapnya yang dilansir dari doktersehat.com.

manfaat stroberi, manfaat buah stroberi

  • Memutihkan gigi

Kandungan asam malat yang ada pada buah stroberi ini bertindak sebagai zat yang mengikis dan menghilangkan beberapa noda pada permukaan gigi. Dengan mengunyah strooberi setiap harinya, hal ini bisa membantu untuk menyehatkan mulut seperti memutihkan gigi, menghilangkan bau mulut, dan membuat napas menjadi lebih segar.

  • Mencegah kanker

Kandungan vitamin A, C, E dan asam ellagik berfungsi untuk melumpuhkan sel kanker dalam tubuh. Stroberi juga dipercaya bisa mencegah terjadinya leukimia. Antioksidan yang tinggi juga akan melindungi tubuh dari serangan kanker. Senyawa asam ellagik dan kuersetin yang ada dalam stroberi juga bisa menghambat kanker prostat, kanker payudara, kanker kulit, dan kanker hati.

  • Mengobati jerawat

Kandungan asam salisiat dalam stroberi mempunyai manfaat untuk mengobati jerawat secara alami.

  • Menghaluskan kulit

Buah stroberi mampu mengangkat sel-sel kulit mati. Caranya gunakan stroberi sebagai lulur mandi. Agar mendapatkan manfaat lebih, campurkan stroberi yang telah dihaluskan dengan susu dan minyak zaitun. Selain menjadi lebih halus, kulit juga akan tampak lebih cerah.

  • Dapat mencegah terjadinya radang dan alergi

Stroberi merupakan buah-buahan yang mengandung gula rendah. Oleh karena itu cocok untuk diet, pengidap diabetes, melawan encok, dan radang sendi.

  • Menjaga kesehatan mata

Usia dan nutrisi dapat mempengaruhi kondisi kesehatan mata sesorang. Akan tetapi adanya zat antioksidan tinggi pada stroberi berguna memerangi radikal bebas dan sekaligus mencegah penuaan dini.

  • Menjaga kesehatan otak

Makanan dan lingkungan membantu penyebaran radikal bebas yang mengancam kesehatan tubuh. Radikal bebas tidak sekedar bisa menyebabkan penuaan dini, namun juga mengancam kondisi fungsi otak. Dengan adanya vitamin C dan fitonutrien maka hal tersebut dapat dicegah.

  • Tekanan darah tinggi

Kandungan potasium dan zat besinya, buah ini sangat efektif menekan tekanan darah tinggi dan membuat normal kembali.

  • Penyakit jantung

Karena tinggi serat, folat, vitamin C dan antioksidan. Stroberi cukup efektif mengurangi kadar kolesteol di dalam tubuh dan mencegah penyakit jantung.

Nah demikian tadi manfaat buah stroberi yang perlu kamu tahu! Semoga bermanfaat. Jangan lupa kalau mau order kebutuhan harianmu, bisa titip beli melalui Titipku!

Penulis: Setya

pembelajar penyuka seni, juga literasi

Tinggalkan Balasan