Manfaat dan Kandungan Nutrisi Ikan Tuna yang Perlu Kamu Ketahui

Titipku- Siapa sih yang nggak tau ikan tuna. Terlebih bagi kamu pecinta masakan Jepang. Pasti kamu sudah familiar banget sama yang namanya ikan tuna.

Selain di Jepang, ternyata beberapa masakan Indonesia juga banyak menggunakan ikan tuna sebagai olahan. Seperti rica-rica, filet, balado, bahkan juga diolah menggunakan sambal.

www.freepik.com

Ikan yang terkenal dengan harganya yang mahal ini ternyata memiliki banyak manfaat bagi tubuh loh, Apa aja sih manfaat dari ikan tuna ini

Dilansir Hellosehat.com berikut 4 manfaat ikan tuna bagi tubuh :

1. Sumber protein yang lengkap

Pertama ikan tuna bermanfaat sebagai sumber protein. Eits, bukan sumber protein biasa. Ikan laut satu ini memiliki kandungan protein yang lengkap.

Protein yang lengkap dari ikan ini ini akan menjaga jaringan tubuh untuk berfungsi dengan baik. Mulai dari pembentukan hormon, enzim, kolagen, antibodi, hingga menjaga jaringan otot di dalam tubuh bisa didapatkan dari konsumsi protein dalam ikan tuna.

2. Menyehatkan jantung

Manfaat ikan tuna lainnya adalah mengandung lemak yang sehat. Ini karena kandungan lemak jenuh yang ada di dalam ikan ini terbilang rendah, sehingga bermanfaat baik untuk menjaga kesehatan jantung.

Yang lebih menarik nih, ikan ini memiliki kandungan asam lemak esensial omega-3 jenis EPA dan DHA yang tinggi. Jenis asam lemak esensial tersebut mampu mencegah berbagai peradangan di dalam tubuh, yang dapat merusak pembuluh darah dan menyebabkan penyakit jantung serta stroke.

Asam lemak omega-3 bentuk EPA dan DHA ini juga dapat menurunkan kadar trigliserida, tekanan darah, kemungkinan terjadinya pembekuan darah, hingga risiko terserang stroke, dan gagal jantung.

3. Kaya akan vitamin B6

Ikan ini juga mengandung vitamin B6 tinggi. Terlebih ikan tuna jenis yellowfin dan albacore. Vitamin B6 yang didapatkan dari ikan berdaging merah ini menyumbang berbagai fungsi penting untuk tubuh. Salah satunya seperti membantu meningkatkan produksi hemoglobin.

Hemoglobin adalah protein yang berfungsi menangkap dan membawa oksigen dalam darah ke seluruh jaringan tubuh yang memerlukan oksigen. Tanpa adanya oksigen yang cukup di setiap jaringan, maka fungsi jaringan tersebut akan terus menurun dan membuat tubuh terasa lemas atau mudah lelah.

4. Sumber mineral yang baik

Tuna adalah sumber protein yang kaya mineral, khususnya magnesium, selenium, dan fosfor. Mineral magnesium yang terkandung dalam ikan juga dibutuhkan oleh lebih dari 300 reaksi kimia yang terjadi di dalam tubuh.

Pasalnya, mineral tersebut bertugas untuk membantu menjaga kesehatan saraf, otot, menjaga detak jantung tetap stabil, membantu menguatkan jaringan tulang, dan juga membantu mengatur pelepasan gula darah.

Di sisi lain, selenium yang diperlukan tubuh dalam jumlah sedikit juga memiliki fungsi yang sangat besar. Selenium berfungsi untuk membantu tubuh menghasilkan zat antioksidan, yang berperan nantinya berperan dalam mencegah sekaligus menangkal serangan radikal bebas.

Selanjutnya, fosfor adalah mineral penting yang memiliki fungsi utama untuk pertumbuhan dan perbaikan sel dan jaringan tubuh. Sebanyak 85 persen fosfor ditemukan ada dalam tulang dan gigi. Bersama dengan kalsium, fosfor akan membentuk struktur dan kekuatan tulang.

Ketiga zat mineral penting ini bisa dengan mudah Anda dapatkan sekaligus dalam sekali makan tuna.

Nah sudah tau kan manfaat besar ikan tuna bagi kesehatan tubuh? Memang harganya sedikit mahal, namun ikan tuna memberikan manfaat penting loh.

Kata ibu Susi Pudjiastuti harus doyan makan ikan. Nah jenis-jenis ikan ini bisa kamu temui di pasar-pasar tradisional di seluruh Indonesia, terlebih jika kamu tinggal di pesisir pantai.

Nah kalau yang nggak mau repot pergi ke pasar kamu bisa nyobain beli ikan di pasar tradisional melalui Aplikasi Titipku. Caranya gimana tuh? Kamu bisa mencobanya langsung saat membuka aplikasi Titipku

Makanya yuk download dan belanja di pasar melalui Titipku. Klik di sini.

 

Penulis: Setya

pembelajar penyuka seni, juga literasi

Satu tanggapan pada “Manfaat dan Kandungan Nutrisi Ikan Tuna yang Perlu Kamu Ketahui”

Tinggalkan Balasan