Air Kelapa Tua Ternyata Punya Banyak Manfaat

Titiplku – Kelapa tua biasa dijumpai di penjual kelapa di pasar. Daging buahnya kerap diparut untuk diambil santannya, sementara airnya banyak dibuang begitu saja. Hal ini berbeda dengan air kelapa muda yang masih bisa diolah jadi minuman segar. Padahal, air kelapa tua punya manfaat yang baik untuk tubuh karena kondisi nutrisinya yang kaya. 

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, manfaat air kelapa tua bisa didapatkan dari kandungan nutrisi dan mineralnya yang melimpah. Secara umum, kelapa tua ini mengandung:

Kalori: 45.6
Lemak: 0,4 gram
Sodium: 252 mg
Karbohidrat: 8,8 gram
Serat: 2,6 gram
Gula: 6,3 gram
Protein: 1,8 gram
Vitamin C: 5,8 gram
Vitamin B6: 0,1 mg
Potasium: 600 mg
Mangan: 0,3 mg
Magnesium: 60 mg
Riboflavin: 0,1 mg
Thiamin: 0,1 mg

Nah, berikut manfaat yang bisa didapatkan dari kandungan nutrisi yang ada di air kelapa tua:

 

  1. Menurunkan tekanan darah tinggi

Sebuah penelitian kecil dilakukan pada orang dengan tekanan darah tinggi. Hasilnya, tekanan darah tinggi dapat diturunkan sebesar 71% dengan air kelapa tua. 

  1. Sebagai sumber antioksidan yang baik bagi tubuh

Kandungan antioksidan yang terdapat dalam air kelapa tua dipercaya dapat membantu menetralkan stres oksidatif dan radikal bebas yang muncul.  Radikal bebas adalah molekul tidak stabil yang diproduksi dalam sel tubuh. Radikal bebas muncul akibat stres atau cedera. Ketika terlalu banyak zat radikal bebas dalam tubuh, bisa menyebabkan sel-sel tubuh menjadi rusak dan meningkatkan risiko penyakit. 

  1. Membantu menurunkan gula darah

Air kelapa memiliki kandungan magnesium, potasium, mangan, dan vitamin C yang dapat meningkatkan sensitivitas insulin, sehingga membantu menurunkan kadar gula darah yang tinggi. Meski demikian, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut mengenai manfaat air kelapa satu ini.

  1. Meningkatkan kesehatan jantung

Suatu penelitian yang dilakukan pada hewan mengemukakan bahwa air kelapa tua bisa menurunkan kadar kolesterol dalam darah dan trigliserida, serta menurunkan perlemakan hati. Namun, manfaat ini masih perlu dibuktikan pada manusia.

 

Wah, ternyata air kelapa tua punya banyak manfaat juga ya. Kamu bisa membeli kelapa tua di pasar langgananmu secara online loh pakai aplikasi Titipku. Mau belanja di Pasar Ngoto Bantul, Pasar Tomang Barat di Jakarta Barat, atau Pasar Mandiri di Jakarta Utara, semua ada. Pakai promo ongkirnya juga ya supaya lebih hemat.

Mudah, aman, dan murah dengan Titipku. Download aplikasinya sekarang!

Tinggalkan Balasan