Manfaat Daun Seledri Tak Hanya Sebagai Penyedap Masakan

manfaat daun seledri bagi kesehatan

Titipku.com – Kawan di daun bawang ini memang sering dijadikan bumbu masakan. Sejarahnya tanaman ini diperkenalkan oleh Belanda dan memiliki nama latin Apium Graveolens. Seledri adalah tanaman kecil dengan tinggi yang tak lebih dari 1 meter. Dengan ciri-ciri bang cukup pendek, buah kecil dengan warna coklat. Sementara daunnya bertangkai pendek dan tersusun gemuk.

Di Eropa, pemanfaatan seledri hampir digunakan di seluruh bagiannya, mulai dari umbi, buah, tangkai dan daunnya. Namun di Indonesia sendiri, yang sering digunakan adalah daunnya. Nah tahu nggak sih bahwa selain untuk masakan, seledri ini bisa dikonsumsi sebagai obat yang sangat baik bagi kesehatan. Apa saja manfaat daun seledri untuk kesehatan tersebut? Cek nih, barangkali ada yang memiliki riwayat penyakit berikut.

Manfaat Daun Seledri untuk Kesehatan

Menurunkan Darah Tinggi

Nutrisi tinffi dan zat flavonoidnya pada daun seledri ini dipercaya bisa menurunkan tekanan darah yang sedang meningkat. Gunanya untuk menstabilkan tekanan darah dan mencegahnya naik kembali. Caranya haluskan seledri dengan ditambahkan air, peras dan saring seledri. Minum perasan daun seledri tersebut teratur, masing-masing 2 sdm.

Menurunkan Kolesterol

Daun seledri yang kaya akan nutrisi ini juga bisa memecah kolesterol. Oleh karena itu, kolesterol tidak menyumbat aliran darh serta mencegah penumpukkan kolesterol dalam jumlah yang banyak.

Mengobati Rematik

Manfaat daun seledri untuk kesehatan berikutnya adalah kandungan anti radang, anti bakteri, vitamin dan mineral lengkap. Nah ini sangat membantu penderta rematik. Selain itu, kandungannya mampu mengurangi zat purin dalam persendian yang memicu kadar asam urat dalam tubuh.

manfaat daun seledri bagi kesehatan
Instagram via @agungsagis

Mengatasi Anemia

Kandungan zat besi yang tinggi juga bisa mencegah dan menyembuhkan anemia. Manfaat daun seledri ini juga berlaku untuk wanita saat menstruasi dan wanita yang sedang hamil.

Memperbaiki Fungsi Ginjal

Kandungan nutrisi yang kaya pada daun seledri mampu memperbaiki kinerja ginjal. Selain itu, daun ini juga membantu ginjal agar lebih mudah dalam mengendalikan, menyaring, dan mengeluarkan racun yang disebabkan oleh makanan tak sehat. Serta radikal bebas berbahaya.

Mencegah Kanker

Manfaat daun seledri berikutnya yakni bisa atasi kanker. Kandungan senyawa kumarin fitokimia dan asam fenolat dalam daun seledri diklain mampu mencegah dan menghancurkan aktivtias dari sel abnormal yang memicu kanker.

Mengatasi Mata Kering

Seledri mengandung vitamin A yang juga bisa menyehatkan jaringan retina serta kornea mata. Ini bisa mempertahankan ketajaman penglihatan mata dan cegah serangan radikal bebas.

Mengatasi Asma

Selain cegah asma, manffat daun seledri juga mampu sembuhkan asma. Kandungan nutrisi yang tinggi bisa sembuhkan asma agar tidak kambuh saat di lingkungan berdebu dan berpolusi.

Mengatasi Obesitas

Seluruh nutrisi pada daun seledri diklaim mampu menekan rasa lapar. Dengan hal tersebut bisa mengontrol nafsu makan berlebih dan membantu sesorang melakukan program diet untuk turunkan berat badan.

Ohya, untuk kamu yang punya masalah ekcantikan, jagan khawatir lho. Karena seledri juga bermanfaat untuk kecantikan seperti anti aging, mengurangi minyak berlebih, menyuburkan rambut, dan lain-lain. cara pengobatannya mudah, bagi kamu yang tak suka konsumsi langsung, bisa dengan mencampurkan ke masakan.

Baca Juga nih:

Tubuh Jadi Langsing Gegara Sawi Putih, Simak Manfaat Sawi Putih

Yuk Beli Bahan Masakan dari Pasar!

Hey kamu, sudah tahu kan manfaat seledri bagi kesehatan dan kecantikan? Sekalian titip beli seledri dan bahan masakan lainnya langsung dari pasar melalui Titipku! Dengan kamu membeli dari pedagang pasar, secara otomatis kamu telah mendukung tulang punggung Indonesia dalam memajukan perekonomian bangsa.

Penulis: Setya

pembelajar penyuka seni, juga literasi

Tinggalkan Balasan