Manfaat Garam untuk Menghilangkan Jerawat

Jerawat sangatlah mengganggu penampilan dan kenyamanan di sekitar wajah. Terlebih, bagi anak muda yang masih single, jerawat kadang menjadi hambatan dan bisa membuat seseorang minder untuk bertemu atau sekadar berkenalan dengan lawan jenis.

Banyak obat yang dijual untuk mengobati jerawat, tetapi ternyata ada sejumlah bahan alami yang memiliki efek menyembuhkan yang sama, salah satunya adalah garam. Garam disebut-sebut bisa menghilangkan jerawat. Garam mampu berperan sebagai toner yang berfungsi menyeimbangkan produksi minyak pada wajah dan bisa menangkal masuknya bakteri pemicu jerawat.

Perlu dicatat bahwa tidak semua garam bisa memiliki fungsi penyembuhan jerawat. Hanya garam laut yang bisa menyembuhkan, karena garam jenis ini mengandung konsentrasi mineral dan nutrisi yang sama dengan air laut. Selain itu, garam laut juga banyak mengandung magnesium, kalsium, sodium, dan potassium yang baik untuk tubuh.

Dalam pengaplikasian garam untuk penyembuhan jerawat juga ada caranya. Melansir dari Solopos.com, ada empat cara:

 

  • Campurkan dengan Air mawar

Ambil setengah sendok garam dan campurkan dengan satu sendok makan air mawar. Aduk hingga campur merata. Lalu, oleskan campuran tersebut secara merata ke area yang berjerawat. Setelah itu, bilas wajah dengan air dingin hingga bersih.

Baca Juga: Apa Jadinya Kalau Tubuh Kekurangan Garam

  • Campurkan dengan Gula

Campurkan setengah sendok makan garam dan setengah sendok makan gula pasir. Tambahkan sedikit air dan campur hingga rata. Gosok-gosokkan campuran itu ke kulit secara merata selama 10 – 15 menit. Terakhir, bilas dengan kapas basah hingga bersih.

  • Campurkan dengan Madu

Campuran garam dan madu yak hanya menghilangkan jerawat, tetapi juga komedo dan flek hitam pada wajah. Caranya, yaitu dengan mencampurkan satu sendok makan madu dengan setengah sendok makan garam. Lalu, gosokkan pada bagian kulit wajah secara merata. Diamkan selama 10 – 15 menit dan bersihkan dengan air dingin atau air es.

  • Campurkan dengan Lemon

Cara terakhir untuk menghilangkan jerawat menggunakan campuran lemon dan garam. Caranya, yaitu campurkan setengah sendok makan garam dengan satu sendok air perasan lemon. Kemudian, oleskan secara merata dan gosok secara perlahan pada bagian kulit yang bermasalah. Setelah itu, bersihkan dengan air hangat dan kemudian bersihkan lagi dengan air dingin untuk menutup pori-pori kulit yang terbuka.

*****

Beberapa bahan yang disarankan di atas bisa mudah ditemukan dan harganya relatif murah. Jika kamu lagi tidak ingin keluar karena takut polusi udara memperparah jerawat, kamu bisa belanja lemon, madu, gula, garam, dan bahan lain #DariRumah pakai Titipku. Di aplikasi ini, semua tersedia.

Asiknya berbelanja di Titipku adalah Titipku memiliki sejumlah promo yang bisa menghemat pengeluaranmu. Salah satunya, ada Diskon 30% (Maksimal diskon Rp50.000). Promo ini terbatas kuotanya, jadi segera digunakan sebelum habis ya. Caranya: masukkan Kode Promo ASIK30 di kolom promo saat hendak checkout.

Yuk download aplikasi Titipku!

Tinggalkan Balasan