Manfaat Minuman Tradisional Indonesia untuk Kesehatan

jamu, minuman tradisional, minuman, tradisional, aneka jamu

jamu, minuman tradisional, minuman, tradisional, aneka jamu

Indonesia terkenal akan melimpahnya makanan dan minuman khas yang lezat. Hal ini tak bisa dilepaskan dari fakta bahwa banyak rempah-rempah bisa tumbuh di tanah air tercinta kita. Rempah-rempah inilah yang bisa digunakan untuk bumbu makanan atau bahan dasar minuman tradisional seperti jamu.

Nah, bicara soal minuman tradisional Indonesia, tak akan lengkap rasanya jika kita tidak membahas manfaatnya bagi kesehatan tubuh. Melansir dari Alodokter.com, berikut sejumlah minuman tradisional Indonesia beserta manfaatnya untuk kesehatan tubuh.

  1. Bandrek

Bandrek merupakan minuman tradisional khas Jawa Barat yang terbuat dari jahe dan gula merah. Untuk membuat rasanya menjadi lebih nikmat, minuman ini biasanya juga ditambahkan campuran serai, susu, dan kelapa muda. Efek jahe pada bandrek membuat tubuh menjadi hangat. Selain hangat dan dapat meningkatkan imunitas tubuh, jahe pada bandrek juga bermanfaat untuk meredakan paradangan dan membantu meringankan gejala flu, batuk, pusing, demam, mual, dan nyeri sendi.

  1. Bajigur

Bajigur adalah minuman tradisional asal Jawa Barat. Bajigur memiliki rasa gurih manis karena berbahan dasar gula aren dan santan. Meski memiliki rasa yang manis, mengonsumsi bajigur tidak membuat kadar gula darah cepat naik, lho. Hal ini karena gula aren memiliki indeks glikemik yang rendah. Tak hanya itu, beragam nutrisi dan zat yang terkandung dalam gula aren, jahe, dan kayu manis pada bajigur juga membuat minuman ini baik untuk menjaga kesehatan tulang dan sistem pencernaan, serta mengendalikan tekanan darah dan kadar gula darah.

  1. Beras Kencur

Minuman yang tergolong jamu ini mudah ditemukan di banyak daerah di Indonesia. Secara turun-temurun, jamu beras kencur telah digunakan untuk membantu mengatasi demam, sakit kepala, nyeri sendi, sakit perut, pilek, dan nyeri dada. Tak hanya itu, tingginya kandungan antioksidan dalam kencur juga bermanfaat untuk menangkal kerusakan sel akibat paparan radikal bebas.

  1. Sari Temulawak

Temulawak merupakan salah satu tanaman herba khas Indonesia yang sering digunakan sebagai jamu. Tumbuhan herbal ini mengandung beragam nutrisi dan zat yang memiliki sifat antiradang, antibakteri, dan antioksidan, sehingga sangat baik dikonsumsi untuk kesehatan tubuh. Beberapa riset menunjukkan bahwa jamu sari temulawak memiliki banyak manfaat, mulai dari mengobati sakit kepala, sakit perut, perut kembung, sembelit, radang sendi, dan sariawan, hingga meningkatkan imunitas tubuh serta nafsu makan.

  1. Wedang Uwuh

Wedang uwuh mengandung ragam nutrisi di dalamnya. Wedang uwuh terbuat dari campuran berbagai rempah, mulai dari potongan jahe, kayu secang, kulit kayu manis, biji pala, hingga minyak sereh. Bahan-bahan itu mampu meredakan gejala flu, seperti pilek, batuk, demam, meriang, dan sakit kepala. Tidak hanya itu, ada juga manfaat konsumsi wedang uwuh lainnya yang tak kalah penting, seperti melegakan sakit tenggorokan, meringankan rasa mual, serta meredakan nyeri otot dan sendi.

*****

Jika Anda ingin membeli minuman-minuman tradisional di atas, maka pasar tradisional adalah jawabannya. Banyak pasar tradisional yang menjual minuman tradisional baik yang siap minum atau yang masih perlu diolah. Nah, minuman-minuman tersebut kini juga bisa dibeli #DariRumah pakai aplikasi Titipku. Di aplikasi Titipku sudah ada puluhan pasar tradisional yang menjajakan jamu dan minuman lainnya. Tinggal pilih, bayar, lalu tunggu belanjaan diantar oleh Jatiper.

Jika Anda belanjaannya mencapai Rp100.000, Anda bisa dapat daging ayam gratis juga loh! ada promo gratis daging ayam 500gr untuk tiap pembelian minimal Rp100.000 di Pasar Kopro, Mandiri, Sunter, Hybrida, Rawamangun, dan Pluit. Promo hanya berlaku dari 26 hingga 28 November. Mau? Download Titipku dan klaim bonus daging ayamnya sekarang!

Tinggalkan Balasan