10 Manfaat Pare, Si Pahit yang Ternyata Banyak ‘Manisnya’!

Titipku.com – Beruntunglah kita hidup di Indonesia karena memiliki sayuran beragam. Rupa-rupa sayurannya mulai dari yang hijau sampai berwarna, dari yang manis sampai yang pahit. Seperti pare. Pahit rasanya tapi segudang manfaat manis yang bisa dipetik dalam mengonsumsi si pare ini. Pemilik nama latin Momordica Charantia ini mempunyai manfaat besar bagi kesehatan lho! tidak hanya itu, pare juga mempunyai manfaat bagi kecantikan. Bagaimana sih manfaat pare bagi kesehatan dan kecantikan?

1. Lawan Diabetes

pare cegah diabetes
www.everydayhealth.com

Penderita diabetes, inilah alternative alami selain obat-obatan yang bisa kamu ambil manfaatnya. Pare yang djus ternyata sangat baguus untuk oranng yang mempunyai diabetes tipe 2. Si pare ini bisa membantu mengendalikn adar gula darah dan menyembuhkan resistensi insulin lho.

2. Regenerasi Hati

http://s1kesmas.stikesdhb.ac.id

Si pahit ini juga disebut sebagai makanan pembersih hati. Jika hatimu penuh racun, nah kamu mungkin mempunyai masalah kesehatan. Pare membantu membersihkan hati dan meregenerasi sel.

3. Meningkatkan Imunitas

pare jaga imunitas
lineaysalud.com

Seperti yang sudah disebutkan tadi, pare ini bisa membersihkan sistem pencernaan dan kaya antioksidan. Oleh karenanya, pare ini jua bisa meningkatkan kekebalan keseluruhan untuk lawan penyakit.

4. Bersihkan Ginjal dan Kandung Kemih

Gambar terkait
www.galena.co.id

Perlu kamu tahu, pare juga memiliki manfaat untuk membersihkan ginjal dan kandung kemih.

5. Gangguan Pernapasan

pare cegah gangguan pernafasan
hmetro.com.my

Jika kamu memiliki peyakit pernapasan kronis misalnya asma atau bronchitis. Jadi, makan pare teratur itu gak rugi kok! Malah bisa membantumu mengatasi masalah tersebut.

6. Gerakan Usus

pare lancarkan pencernaan
gds.it

Salah satu manfaat kesehatan dari pare ini mencegah sembelit. Sayuran satu ini sarat dengan serat makanan ang membantu melemaskkan gerakan usus.

7. Cegah Sel Kanker

Kandungan antioksidannya mempunyai manfaat untuk cegah sel kanker berkembang biak. Syaratnya konsumsi pare secra regular dan teratur.

8. Menjaga Kesehatan Jantung

Selain menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah, pare juga telah membantu mencegah arteri tersumbat dan membantu menjaga kesehatan jantung kamu.

9. Menurunkan Berat Badan

Takut gendut? Ini dia solusinya. Pare juga bagus untuk pencernaan karena si pare ini mempunyai antioksidan yang mempercepat laju metabolism tubuh. Selain itu, pare juga sayur dengan sedikit kalori.

10. Bagus untuk Kulit

Kok bisa pare bagus untuk kulit? Bisa dong, karena pare mempunyai sidat anti-flamasi yang juga membantu mengeluarkan racun dari kulit.

Demikian 10 manfaat pare yang ternyata banyak manfaat manisnya bukan buat hidupmu? Gak usah gengsi deh makan si pahit ini. pahit rasanya doang kok, manfaatnya bisa dibuktikan sendiri!

Pesan Sayur dari Pasar via Titipku

Kamu yang suka sayuran seperti pare dan teman-temannya, kamu bisa hubungi Titipku! Membeli dari pedagang UKM berarti membantu mereka dalam menjadi tulang punggung bangsa Indonesia. Dukung terus UKM Indonesia melalui Titipku.

Penulis: Setya

pembelajar penyuka seni, juga literasi

Satu tanggapan pada “10 Manfaat Pare, Si Pahit yang Ternyata Banyak ‘Manisnya’!”

Tinggalkan Balasan