Manfaat Sekam Untuk Media Tanam, Berguna Banget!

Indonesia dikenal sebagai negara agraris, yaitu negara yang sebagian besar penduduknya bekerja di sektor pertanian. Meskipun lahan pertanian sudah banyak berkurang, Indonesia tetap mampu menghasilkan beras sendiri untuk dikonsumsi masyarakat. Sebagai masyarakat yang langsung mengonsumsi beras, tentunya negara kita memproduksi limbah sekam yang cukup banyak. Tapi, pernahkah kamu terpikir manfaat sekam?

Sekam merupakan kulit biji padi yang sudah ditumbuk. Semakin banyak beras yang ditumbuk, semakin banyak juga sekam yang dihasilkan. Masyarakat di desa sudah banyak yang memanfaatkan sekam alih-alih dibuang begitu saja. Nah, kalau di dekat rumahmu ada tempat penggilingan padi, kamu bisa lho meminta sekam untuk dimanfaatkan sebagai media tanam, apalagi jika kamu punya hobi berkebun. Apa saja sih manfaat sekam untuk tanaman?

 

Mengikat Unsur Hara

Mungkin kamu sudah mengetahui media tanam selain tanah, seperti serabut kulit kelapa ataupun arang. Nah, kamu juga bisa menggunakan sekam bakar sebagai media tanam karena memiliki fungsi serupa. Sekam bakar memiliki banyak pori-pori yang besar namun tetap ringan. Pori-pori yang besar ini berguna untuk mengikat dan menyerap unsur hara. Sehingga, ketika tanaman disiram, unsur hara tidak larut begitu saja. 

Meski begitu, kamu tidak dapat hanya menggunakan sekam bakar saja. Kamu tetap harus mencampur sekam bakar dengan tanah dan pupuk agar nutrisi yang diperoleh tanamanmu semakin banyak. 

Baca Juga: Manfaat Serabut Kelapa untuk Tanaman, Mantap Banget!

Menjaga Kesuburan Tanah

Tanah yang baik adalah tanah yang mengandung unsur hara, air, dan mineral lainnya yang dibutuhkan tanaman untuk dapat tumbuh. Sayangnya, banyak tanah sudah terkontaminasi oleh mineral lain sehingga sedikit atau tidak lagi mengandung mineral serupa. Pernahkah kamu menanam tanaman namun pada akhirnya tetap mati meskipun sudah kamu beri pupuk dan kamu siram setiap hari? Mungkin jawabannya ada pada tanah yang kamu gunakan. 

Untuk itu, kamu bisa menggunakan sekam bakar untuk memperbaiki dan menjaga kesuburan tanah. Selain mampu mengikat unsur hara, sekam bakar juga mengandung pH (tingkat keasaman) yang sangat tinggi, kurang lebih 8,5 sampai 9,0. Artinya, jika tanah yang kamu gunakan ternyata sangat asam dan dapat membunuh tanamanmu, sekam bakar mampu menetralkannya. 

Baca Juga: 5 Jenis Tanaman Ampuh untuk Usir Nyamuk

Menyerap Racun

Selain dari faktor tanah, racun atau penyakit pada tanaman juga berpotensi membuat tanaman tidak tumbuh dengan subur, layu, bahkan mati. Mikroorganisme seperti jamur, virus, dan bakteri bertanggung jawab atas hal tersebut. Salah satu manfaat sekam bakar adalah mampu mengisolasi dan menyerap mikroorganisme patogen yang dapat merusak tanaman. 

 

*****

Punya hobi berkebun memang sangat bermanfaat. Kamu dapat menggunakan limbah rumah tangga seperti sabut kelapa dan sekam sebagai media tanam agar tanamanmu tumbuh subur. Namun, tetap harus diberi pupuk agar nutrisi dan mineral yang didapat tanaman lebih maksimal.

Nah, sambil bercocok tanam, boleh banget loh lihat aneka pupuk, tanaman, dan perkakas cocok tanam di Titipku. Titipku adalah aplikasi belanja online yang menjual kebutuhan harian dan kebutuhan seputar hobimu, termasuk cocok tanam. Lewat Titipku, kamu bisa belanja #DariRumah aja jadi lebih aman. Selain itu, ada promo yang bisa buat belanjaan makin hemat.

Cusss download aplikasinya sekarang! 

Tinggalkan Balasan