Market Dalam Bisnis Jaman Now

Titipku – Pasar merupakan aspek dari resiko yang harus dipertimbangkan dalam melihat perubahan lanskap bisnis. Percuma jika Anda hanya kreatif dan produktif tetapi tidak mengetahui trend dari market tersebut. MarkPlus telah menyelidiki 3 market yang menarik dan potensial untuk masa saat ini dan masa depan yaitu, youth, women, netizen. Tiga aspek ini sangat dinamis dan mendorong market lain untuk bergerak.

Youth

Sedari dulu, kalangan muda selalu memegang peranan penting bagi bangsa. Bahkan pada saat penjajahan melalui pergerakan Sumpah Pemuda dan akhirnya berhasil memperjuangkan kemerdakaan Indonesia sekaligus mempertahankannya.

Tahun 1998 juga terjadi sejarah yang mana golongan pemuda dapat mendorong perubahan besar dalam kehidupan bernegara masyarakat Indonesia. Maka, hingga kini golongan muda tersebut juga mempiliki peranan ‘youth’ dalam mendorong tren.

Youth memiliki nilai yang dipegang secara umum yakni naif dan idealis. Makanya, tidak heran jika anak muda rela bela apapun yang diyakini sepenuh hati. Selain itu, youth di Indonesia juga mempunyai anxieties sebagai orang yang dianggap gagal dan desires sebagai orang mapan dan memiliki ‘kekuatan’. Temuan ini juga cukup menarik kalangan muda karena dianggap lingkungan orang sukses.

Women

Peranan wanita dalam kehidupan keluarga memiliki peranan penting dalam kehidupan. 87,1% wanita perkotaan di Indonesia bertindak sebagai CFO dari sebuah keluarga. Bahkan sebanyak 74% wanita menikah menyatakan bahwa mereka bertanggung jawab untuk kelola keuangan pasangannya. Tidak heran bahwa wanita memiliki peranan keputusan pembelian suatu produk dengan nilai investasi jangka panjang semakin besar.

Namun keputusan pembelian tidak dilakukan benar-benar dari pertimbangan sendiri. Sebelum ambil keputusanm wanita Indonesia cenderung meminta pertimbangan dari lingkungan seperti anggota keluarga sampai teman-temannya.

Di bandingkan dengan masa lalu, wanita Indonesia berupaya lebih hemat dalam menjaga lifestyle dan mengalokasikan pendaan lebih besar pada investasi. Menariknya adalah semakin banyak wanita Indonesia yang sudah memikirkan masa depan keluarganya.

Pada umumnya wanita Indonesia memiliki anxiesties dan desires yang cukup menarik. Ingin penghasilan tinggi juga diiringi teman yang banyak. Mereka sangat takut menjadi pribadi yang kesepian di tengah keramaian. Oleh karena itu, tidak heran jika wanita Indonesia sangat eksis di media sosial.

Netizen

Di antara semua elemen masyarakat, netizen adalah golongan maha tahu berbagai informasi. Maka, tidak heran jika tingkat penggunaan internet Indonesia selalu mengalami pertumbuhan beberapa waktu terakhir. Sebelum mengambil keputusan, mereka sangat mengandalkan informasi dari internet.

Karena kondisi ini, mereka crnderung membuka diri dari segala kemungkinan yang tersedia. Apabila menemukan suatu fakta baru, maka netizen tidak segan melakukan pengecekan ulang. Jika logis dan tepat mereka tidak segan dapat menerima gagasan baru. Mereka juga snagat bergantung pada internet dalam melakukan sesuatunya. Bahkan internet dipandang sebagai one step solution yang mana menjadi solusi dari hampir semua pertanyaan yang mereka hadapi.

Sumber: Buku Peta Jalan UKM 4.0

Penulis: Setya

pembelajar penyuka seni, juga literasi

Tinggalkan Balasan