Mau Makan Makanan Sehat? Dikukus Aja!

makanan, sayuran, dikukus, kukus, mengukus, pengukusan, makanan yang dikukus

makanan, sayuran, dikukus, kukus, mengukus, pengukusan, makanan yang dikukus

Dalam memasak, ada beberapa teknik yang bisa digunakan. Anda bisa merebus makanan, menggoreng makanan, membakar makanan, hingga mengukus makanan. Untuk kasus sayur-sayuran, biasanya diolah dengan cara direbus atau dikukus. Dua teknik ini dinilai lebih bisa menjaga tingkat kesegaran dan kandungan nutrisi dalam sayuran sehingga bisa lebih berdampak baik pada kesehatan tubuh.

Berfokus pada makanan yang dikukus, yuk simak keunggulan dari teknik mengukus makanan yang dilansir dari Merdeka:

 

Tidak Membutuhkan Minyak

Makanan yang dikukus sebenarnya sama sekali tidak membutuhkan minyak. Mengukus makanan bisa menghilangkan minyak secara sepenuhnya dari makanan Anda. Tanpa penggunaan minyak, risiko dari penyakit jantung, stroke, dan kanker bakal menurun.

Makanan Dipastikan Tidak Gosong

Menggunakan alat masak seperti steamer bisa menghemat energi dan biaya karena bisa langsung mati setelah makanan matang. Hal ini juga bisa membuat makanan tidak gosong atau matang secara berlebih. Jika Anda tidak memiliki steamer, Anda hanya perlu mengukus dalam waktu singkat agar sayur tidak terlalu matang/lembek.

Tidak Mengubah Rasa

Ketika makanan dikukus, tidak terdapat kontaminasi rasa seperti yang terjadi ketika digoreng. Bahkan ketika Anda mengukus sayuran yang berbeda dalam satu waktu, rasa yang dimiliki bakal tetap berbeda satu sama lain.

Nutrisi Tetap Terjaga

Selama proses pengukusan, nutrisi pada sayuran tidak rusak atau menguap. Nutrisi penting seperti vitamin bakal tetap terjaga di dalam makanan dan bisa dinikmati secara sepenuhnya. Jadi, sayuran yang Anda makan akan tetap penuh akan gizi.

Menurunkan Risiko Kanker

Memasak makanan dalam temperatur rendah, tidak menghilangkan kandungan Glukosinolat pada makanan. Glukosinolat merupakan komponen kimia yang ditemui pada sayuran seperti kubis, bunga kol, dan brokoli. Kandungan ini memiliki sifat antikanker dan bisa hancur ketika sayur dimasak dalam temperatur tinggi.

*****

Mau mengukus makanan? Anda bisa beli bahan-bahannya di Titipku. Titipku lagi berlimpah promo nih. Ada promo diskon, cashback, dan ongkir yang bisa Anda gunakan masing-masing sebanyak 4 kali selama masa periode promo. Tertarik? Download aplikasi Titipku dan selamat berbelanja hemat #DariRumah!

Tinggalkan Balasan