Mau Nasi Merah Kamu Pulen, Ini Tipsnya

Masih banyak masyarakat yang tidak familiar dengan beras merah dan nasi merah. Sama dengan nasi putih, nasi merah juga termasuk sumber karbohidrat yang baik. Nasi merah punya serat yang tinggi (yang menyebabkan tekstur tidak pulen) dan rendah kalori sehingga dapat meningkatkan rasa kenyang. Karena itu, nasi merah sering dijadikan sebagai menu utama dalam program diet. 

Banyak penelitian mengungkapkan bahwa nasi merah mempunyai segudang manfaat yang baik bagi tubuh, antara lain: mampu melindungi tubuh dari stress radioaktif, membantu menurunkan kolesterol dan risiko penyakit jantung, dan mengurangi risiko diabetes tipe 2.

Nasi merah

Tekstur nasi merah memang cenderung lebih kering dan keras dari pada nasi putih. Bagi kamu yang belum terbiasa, mungkin akan merasa kurang nikmat saat mengonsumsinya. Nah, cobalah tips berikut ini agar mendapatkan nasi merah yang pulen dan lembut.

Rendam dengan Air Panas

Sama seperti beras putih, kamu perlu mencucinya sampai bersih. Langkah selanjutnya yaitu merendamnya dengan air panas. Dengan cara ini, kamu akan mendapatkan tekstur nasi yang lebih lunak dan mengembang saat dimasak. Rendamlah sekitar 20—30 menit, kemudian masaklah dengan rice cooker. Kamu juga bisa melakukan cara ini meskipun memasak nasi merah menggunakan panci.

Takaran Air yang Pas

Saat memasak beras menggunakan rice cooker, kamu mungkin terbiasa dengan cara menakar air menggunakan ruas jari. Biasanya jika memasak beras putih, takaran airnya setinggi satu ruas jari di atas beras. Nah, kamu memerlukan air setinggi satu setengah ruas jari di atas beras merah untuk memasaknya menggunakan rice cooker.

 

Itulah tips sederhana agar mendapatkan nasi merah yang pulen dan lembut. Semoga berhasil saat dicoba di rumah, ya!

Mengonsumsi nasi merah saja tanpa diimbangi dengan sayur dan buah juga tidak akan mendapatkan efek yang signifikan pada tubuh. Nah, kalau kamu sedang menerapkan program diet sehat, cobalah cobalah memadukan nasi merah dengan sayuran. Kalau bingung ingin membeli sayuran dan nasi merah, kamu bisa membuka Aplikasi Titipku. Ada banyak penjual yang menjajakan sayuran segar serta kebutuhan dapur lainnya. Ada fitur Titip Belanja Apa Saja dari Titipku juga dan beragam promo menarik, lho! Yuk, pakai Titipku sekarang juga!

Tinggalkan Balasan