Mau Mengolah Lidah Sapi? Baca Informasi Ini Dulu!

Hidangan berbahan dasar lidah sapi sangatlah menggugah selera. Meski ada yang merasa jijik dengan teksturnya, namun tak jarang yang suka. Saking lezatnya, bahkan hidangan ini dibanderol dengan harga yang cukup tinggi di berbagai rumah makan.

Di Indonesia sendiri, ada beberapa hidangan khas yang menggunakan lidah sapi sebagai bahan utamanya. Beberapa kuliner yang menggunakan lidah antara lain: semur lidah, bistik lidah, sate Padang, lidah goreng sambal hijau, sambal goreng lidah, lidah sapi goreng mentega, dan lidah sapi pedas.

Meski rasanya lezat, mengolah lidah sapi tidak semudah itu loh. Perlu ada persiapan yang dilakukan agar lendir di lidah menghilang dan tidak meninggalkan bau yang tidak sedap. Dilansir dari Merdeka.com, yuk simak langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk menghilangkan lendir dan bau pada lidah:

Cara Menghilangkan Lendir pada lidah

Cuci bersih lidah sapi dengan air mengalir. Jika masih berlendir, lumuri dengan garam atau cuka secukupnya, lalu biarkan beberapa saat. Kemudian gosok dan bilas bersih hingga lendirnya hilang. Langkah ini sangat penting dilakukan agar tidak ada lendir di lidah yang menempel saat diolah. Kamu tentunya tidak mau kan memakan lidah yang masih berlendir? Pastilah jijik.

Baca Juga: Anti Gagal! Ini Tips untuk Membuat Daging Sapi Empuk

Cara Menghilangkan Bau lidah

  • Rebus air untuk memasak lidah sapi yang mentah. Bisa direbus dalam keadaan utuh. Rebus selama 10-15 menit atau hingga warnanya berubah. Angkat ketika sudah cukup direbus. Tambahkan daun salam, serai, dan jahe untuk menghilangkan baunya.
  • Sebelum diangkat, sobek kecil bagian kulit lidah, jika sudah mudah dikupas, angkat dari air rebusan. Segera kupas kulit luarnya yang keras dan sekaligus bagian yang mengandung bau tak sedap.
  • Jangan terlalu lama merebus lidah untuk pertama kali karena jika terlalu lama, kulit bisa melekat pada daging lidah dan justru sulit dikupas. Kupas dalam keadaan masih hangat karena akan lebih susah jika dikupas saat sudah dingin.

Cara Mengempukkan Daging Lidah

Setelah proses perebusan pertama, rebus lagi lidah dengan air mendidih baru sebelum diolah untuk mengempukkan tekstur daging. Cukup 15 hingga 20 menit saja. Setelah itu, tiriskan lidah dan potong-potong sesuai kebutuhan.

Baca Juga: Iga Sapi yang Enak Disantap dan Tips Cara Memasaknya

*****

Membersihkan lidah sapi memang cukup rumit, namun hal ini perlu dilakukan agar tidak ada lendir dan bau tak sedap pada lidah. Selain itu, langkah ini juga diperlukan untuk menciptakan tekstur lidah yang empuk dan cita rasa yang sangat lezat.

Kamu bisa membeli lidah sapi pakai Titipku loh! Di sini, banyak pedagang daging sapi yang menjual bagian lidah. Kamu juga bisa menggunakan promo yang tersedia di Titipku sehingga belanjaanmu bisa makin hemat.

Download aplikasi Titipku sekarang dan mulai berbelanja #DariRumah saja!

Tinggalkan Balasan