Memulai dan Bangun Usaha, Jadilah Berbeda!

www.titipku.com – Banyak dari kita yang berencana ingin memulai usaha namun bingung bagaimana usaha yang menarik. Sekarang tidak dipungkiri bahwa kebanyakan masyarakat Indonesia tergerak untuk menjadi pengusaha. Kerja keras untuk usaha yang dilakukan pun bukan sehari dua hari, namun bisa jadi sudah berjalan tahunan. Dan yang sudah berjalan tahunan bisa saja mempunyai penghasilan, namun tidak ada peningkatan. Permasalahan apa yang terjadi sebenarnya? Kemungkinan usaha yang Anda jalani belum memiliki keunikan yang dianggap pelanggan.

Nah, pernahkah Anda berpikir dan mengamati untuk suatu usaha yang sama, di setiap tempat ada, namun usaha mereka lebih ramai? Apa kuncinya? Sebenarnya pemikiran awal sebelum Anda memulai usaha adalah berinovasi dan menjadi berbeda.

Tidak Sekedar Inovasi Produk

Berbeda dalam membangun usaha yang dimaksud tidak sekedar pada inovasi produknya. Namun berbeda bisa jadi dari pelayanannya, dari “cara” pengemasannya terhadap produk yang ingin dijual. Misalnya saja untuk inovasi produk, sesame nasi goreng yang dijajakan di suatu daerah yang sama pasti memiliki sesuatu yang spesial. Nasi goreng di lapak A ramai karena isiannya yang berbeda. Nasi goreng di lapak B ramai karena porsinya besar. Namun bisa jadi nasi goreng di lapak C ramai dikarenakan pelayanannya yang luar biasa dan unik. Unik menjadi garis bawah pada kata “berbeda” di tips ini. Cobalah menarik hati pelanggan tidak hanya pada produk yang Anda jual. Namun pelayanannya. Membuat karakter tim di usaha Anda. Misalnya dengan mengenakan kostum unik dari yang lainnya, membuat atraksi yang tidak ditemukan dari lainnya.

Baca Juga: 3 Cara Ampuh Jika Ingin Untung Besar

Sebagai contoh es goreng yang dijual oleh bapak-bapak di pojok Alun-Alun Kidul Jogja dan kadang bisa ditemukan di Sunmor UGM. Bapak tersebut membuat cara yang unik untuk menjual es gorengnya. Es goreng yang merupakan es lilin dicelupkan ke cokelat cair tersebut sebenarnya adalah tidak ada yang spesial dari rassa. Namun dikarenakan si bapak penjual es goreng tersebut menggunakan teknik promosi dengan pengeras suara secara live. Bapak tersebutlah yang menggegerkan setiap pembeli dan akhirnya penasaran. Ditambah lagi dengan humorisnya membuat pelanggan nyaman untuk bercanda dengan penjual es goreng tersebut. Alhasil, bapak tersebut berhasil membuat antrian yang cukup panjang dengan kerumunan mengelilingi gerobaknya untuk menunggu giliran.

Jadi factor pembeda tidak hanya produk, namun juga cara “mengemas” produk. Biisa dari fasilitas dan perlengkapan, bisa dari cara produksi. Semuanya bergantung pada kreativitas masing-masing. Ayo kembangkan usahamu secara unik dan berbeda dari yang lain!

Source: Rinaldo, Edwin. 2016. 9 Jurus Jitu Pemasaran UKM Wow. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

 

Penulis: Setya

pembelajar penyuka seni, juga literasi

Tinggalkan Balasan