Mencari Peluang Pekerjaan Saat Pandemi

Pandemi COVID-19 berdampak pada banyak sisi, termasuk ekonomi. Banyak para pegawai dari perusahaan-perusahaan besar terpaksa dirumahkan karena ketidakstabilan pendapatan perusahaan tersebut. Akhirnya, tidak sedikit juga orang-orang yang kehilangan pekerjaannya, padahal kebutuhan rumah selama pandemi tetap harus terpenuhi. Belum lagi para fresh graduate yang baru memasuki dunia kerja. Ini membuat persaingan dalam mendapatkan pekerjaan menjadi semakin ketat.

Berikut ini ada tips-tips mencari peluang karier selama pandemi.

Fokus pada Kata Kunci Pencarian

Hampir semua bidang pekerjaan sekarang sudah melakukan sistem rekrutmen secara daring. Ada baiknya kamu harus selalu up to date dalam memantau perusahaan yang diincar. Kamu juga bisa membuat pencarian yang lebih spesifik sesuai bidang kemampuanmu. Biasanya, perusahaan yang sedang membutuhkan staf akan menambahkan tagar #nowhiring. Kamu bisa memaksimalkan pencarianmu dengan membubuhkan tagar tersebut. Jangan lupa untuk menyesuaikan dengan lokasi tempat tinggalmu, ya.

Melek Teknologi

Himbauan untuk #DiRumahAja membuat hampir semua kegiatan harus dilakukan melalui internet, termasuk rekrutmen pekerjaan. Kamu tidak hanya akan mengirimkan curriculum vitae-mu melalui surat elektronik, tetapi juga mengikuti proses seleksi lainnya, seperti tes tulis (secara daring), dan wawancara. Oleh sebab itu, ada baiknya kamu mulai belajar berbagai aplikasi seperti Zoom, Google Meet, Cisco Webex, dan lain sebagainya. Pekerjaanmu tidak akan jauh-jauh dari layar komputer, sehingga kamu harus mulai membiasakan diri menggunakannya. 

Asah Kemampuan Lain

Kalau kamu tidak menemukan perusahaan atau pekerjaan yang sesuai dengan bidangmu, cobalah mengasah kemampuanmu yang lain. Kamu bisa, lho, memulai bisnis rumahan bersama keluarga, seperti misalnya memproduksi kue kering, membuka pesanan menu diet sehat, atau menghias seserahan untuk acara pernikahan. Jangan salah, bisnis ini akan sangat menarik jika dijalani dengan serius. Kalau kamu ingin mengikuti kebutuhan pasar, kamu mungkin harus mencoba belajar menjahit. Masker-masker kain sekarang menjadi salah satu kebutuhan primer di masyarakat. Ini tentunya menjadi salah satu bisnis yang menjanjikan, bukan?

 

Nah, bagaimana menurutmu? Semua akan memperoleh hasil yang maksimal kalau dimulai dengan keinginan yang kuat. Sembari berselancar di telepon pintarmu, kamu bisa coba akses Aplikasi Titipku. Di aplikasi Titipku, ada banyak barang-barang kebutuhanmu, mulai dari makanan, minuman, kerajinan, sampai kebutuhan dapur yang bisa kamu dapatkan #DariRumah dengan mudah. Jika belanja lewat Titipku, ada banyak promo menarik juga loh. Menarik, kan? Mari download Titipku sekarang juga!

Tinggalkan Balasan